10 Kota Terdepan di Dunia dalam Penerapan Family Office, Ternyata Singapura Termasuk!

Redaksi Daerah - Selasa, 09 Juli 2024 17:34 WIB
10 Kota di Dunia Sudah Menerapkan Family Office, Ada Tetangga RI undefined

JAKARTA – Rencana Indonesia untuk membentuk Wealth Management Center atau Family Office telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Family office adalah salah satu strategi untuk menarik kekayaan dari negara lain atau individu-individu super kaya guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan menyatakan, konsep Family Office adalah dana dari orang kaya di dunia diizinkan untuk disimpan di Indonesia. Namun, sebagai syaratnya, pemilik dana diwajibkan untuk melakukan investasi dalam beberapa proyek di Indonesia. Rencananya, pemerintah akan mendirikan Family Office di Bali dan IKN.

Sebenarnya, Family Office bukanlah hal baru dalam pengelolaan aset. Banyak negara sudah lama menerapkan skema kantor keluarga ini. Dikutip dari FINTRX, karena jumlah individu dengan kekayaan bersih tinggi terus meningkat secara global, permintaan akan kantor keluarga telah tumbuh secara signifikan.

Negara yang Menerapkan Family Office

Dikutip dari FINTRX, berikut deretan negara yang telah menerapkan Family Office, di antaranya sebagai berikut.

Beijing

Shanghai China (Unsplash)

Beijing sebagai ibu kota China dan salah satu pusat ekonomi global utama, terjadi peningkatan signifikan dalam pendirian family office. Pertumbuhan ekonomi yang cepat menjadi peluang besar terciptanya kalangan orang kaya baru. Sementara, old money semakin menumpuk kekayaannya. Maka dari, permintaan kantor keluarga meningkat untuk membantu orang tajir mengelola hartanya.

Kantor keluarga ini menyediakan berbagai layanan mulai dari pengelolaan kekayaan dana. Mulai dari pengelolaan kekayaan hingga perencanaan suksesi bagi individu dan keluarga dengan kekayaan bersih tinggi di negara tersebut. Beijing yang juga merupakan pusat politik, pendidikan, dan budaya, menawarkan lingkungan yang stabil. Sementara ekonominya yang dinamis menawarkan berbagai peluang investasi.

Kedekatan kota dengan pusat-pusat ekonomi utama lainnya di Asia juga memungkinkan tumbuh suburnya family office di Beijing. Sebab, orang kaya menilai untuk memanfaatkan peluang investasi regional yang lebih luas. Selain itu, upaya China dalam membuka sektor keuangan bagi investasi asing kemungkinan akan meningkatkan daya tarik Beijing sebagai lokasi kantor keluarga.

Family office terbesar di China antara lain Deyu Family Office, HMC Family Office, dan Wu Capital (Wu Yajun Family Office).

Dubai

Dubai

Dubai adalah salah satu kota yang paling dinamis di Timur Tengah, yang telah menjadi magnet bagi kantor-kantor keluarga, terutama berkat kebijakan pajaknya yang menguntungkan, peluang pasar yang sedang berkembang, dan lingkungan bisnis yang mendukung.

Hal itu didukung kebijakan pemerintah yang meniadakan pemungutan pajak terhadap penghasilan sampai kekayaan. Itu jelas sangat menguntungkan orang kaya karena hartanya tidak perlu berkurang karena harus membayar pajak. Selain itu, posisi strategis Dubai sebagai jembatan antara Timur dan Barat memberikan akses yang unik ke pasar-pasar yang berkembang di Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan.

Dubai juga dikenal karena ekosistem bisnisnya yang berkembang pesat, dengan prosedur pendirian bisnis yang mudah, infrastruktur yang kuat, dan berbagai layanan profesional. Komitmen Dubai terhadap inovasi dan kerangka regulasi yang kuat menambah daya tariknya sebagai lokasi yang terpercaya dan progresif untuk mengelola kekayaan yang besar.

Secara keseluruhan, faktor-faktor ini secara kolektif berkontribusi pada meningkatnya keunggulan Dubai sebagai pusat kantor keluarga global.

Salah satu Family Office yang sudah ada sejak tahun 1986 di Dubai adalah Starling Group (Jawa Family Office). Selain itu, kantor keluarga yang jadi pemain inti di Dubai meliputi Dubai Holding (Mohammed bin Rashid Al Maktoum Family Office) dan JMH Group (James Hay Family Office). Family Office Dubai Holding memiliki aset kelolaan mencapai US$5 miliar.

Jenewa

Jenewa menonjol dalam kehati-hatian finansial, stabilitas politik dan ekonomi yang kuat, serta undang-undang pajak yang menguntungkan, menjadikannya basis yang sangat menarik bagi keluarga dan individu dengan kekayaan bersih tinggi di dunia.

Kombinasi yang kuat dari bakat finansial, infrastruktur yang kuat, dan layanan profesional kelas dunia semakin memperkuat daya tariknya. Kota ini juga dikenal dengan kualitas hidup yang tinggi, yang menarik bagi pemegang kekayaan global.

Terletak strategis di Eropa, Jenewa terkenal karena kehati-hatian finansialnya, kerangka regulasi yang kuat, dan stabilitas ekonomi, faktor-faktor utama yang dicari oleh individu dengan kekayaan bersih tinggi dalam pengelolaan kekayaan mereka.

Profesional keuangan yang terampil dan layanan kelas dunia di Jenewa semakin memperkuat posisinya sebagai pusat pengelolaan kekayaan pribadi. Selain itu, lingkungan multikultural dan kualitas hidup yang tinggi menambah daya tarik finansial kota ini, menjadikannya pusat perhatian bagi pemegang kekayaan internasional.

Dengan demikian, keunggulan Jenewa dalam arena keuangan global mempertegas reputasinya sebagai tujuan utama untuk pengelolaan kekayaan. Family office terbesar di Jewena antara lain REYL, Edmond de Rothschild Group, dan 1875 Finance Family Office.

Hong Kong

Hongkong (unsplash)

Hong Kong adalah gerbang utama menuju pasar Asia, yang menjadikannya pusat yang sangat menarik bagi family office. Letak strategisnya memberikan akses langsung ke ekonomi yang sedang berkembang di Kawasan Asia-Pasifik, terutama Tiongkok Daratan.

Keunggulan geografis ini memungkinkan kantor keluarga yang berbasis di Hong Kong untuk segera mengambil peluang investasi dalam berbagai aset seperti ekuitas, obligasi, real estat, dan ekuitas swasta di pasar yang dinamis ini.

Regulasi yang kuat di Hong Kong, tingkat transparansi keuangan yang tinggi, serta kehadiran berbagai profesional keuangan yang terampil memperkuat posisinya sebagai tujuan utama bagi kantor keluarga. Semua faktor ini menjadikan Hong Kong sebagai pintu gerbang utama bagi kantor keluarga yang ingin navigasi dan berkembang di lanskap ekonomi Asia yang dinamis.

Industri teknologi yang sedang berkembang pesat di Hong Kong semakin menarik investor global, menyediakan lahan yang subur bagi kantor keluarga yang ingin meraih potensi pertumbuhan tinggi. Kota ini sedang membangun ekosistem teknologi yang dinamis dengan berbagai perusahaan rintisan inovatif di sektor seperti fintech, kecerdasan buatan (AI), teknologi kesehatan, dan e-commerce.

Inisiatif pemerintah seperti Hong Kong Science and Technology Parks Corporation dan Cyberport aktif mendorong kewirausahaan teknologi serta menarik investor dan bakat dari luar negeri.

Dengan kedekatan strategis Hong Kong dengan pusat-pusat teknologi di daratan China, terbuka peluang unik untuk kolaborasi dan investasi lintas batas. Lanskap teknologi yang dinamis ini menawarkan kesempatan menarik bagi kantor keluarga untuk mengeksplorasi dan memanfaatkannya melalui investasi langsung, modal ventura, atau kemitraan dengan inovator teknologi lokal.

Salah satu kantor keluarga yang ada di Hong Kong adalah Pacific Century Group (Kantor Keluarga Richard Li) yang sudah ada sejak tahun 1993 dengan dana kelolaan lebih dari US$5 miliar. Dua kantor keluarga terbesar lainnya adalah Hillhouse Family Office dan Blue Pool Capital Family Office (kantor keluarga milik Jack Ma).

London

Canary Wharf di London (Reuters/Hannah McKay)

London menduduki posisi bergengsi sebagai pusat global untuk family office berkat nilai historikal, sistem hukum yang kuat, dan sektor keuangan yang dinamis yang menarik bagi orang kaya dari seluruh dunia. Ekonomi yang beragam dan akses yang luas ke peluang investasi, termasuk pasar real estat dan ekuitas swasta, London terus memperkuat daya tariknya.

Layanan profesional kelas dunia yang mencakup konsultasi hukum, akuntansi, dan keuangan juga menjadikannya pusat yang menarik bagi manajemen kekayaan swasta.

Letak geografis London dan infrastruktur keuangan yang matang menjadikannya basis strategis bagi family office yang ingin mengeksplorasi berbagai peluang investasi di seluruh Uni Eropa dan sekitarnya. Sebagai pusat keuangan global terkemuka, London menyelaraskan denyut nadinya dengan aktivitas pasar Eropa, yang mencakup saham, obligasi pemerintah, komoditas, dan aset pasar berkembang.

London juga merupakan pusat aset alternatif yang berkembang pesat, menawarkan peluang investasi yang beragam dari seni hingga teknologi. Dalam seni, misalnya, London terkenal dengan lelang bergengsi dan pameran seni yang menarik, memungkinkan kantor keluarga untuk berinvestasi dalam karya-karya budaya yang berharga. Di sisi lain, dunia teknologi yang tumbuh pesat menawarkan kesempatan investasi dalam perusahaan rintisan inovatif melalui modal ventura.

Rangkaian unik dari berbagai peluang investasi ini menjadikan London sebagai lanskap yang menarik, dinamis, dan menguntungkan bagi kantor keluarga.

Salah satu famili office tertua di London sekali jadi pemain inti di bidang dana kelolaan adalah The Capital Partnership yang sudah ada sejak 1988. Selain itu, dua kantor keluarga besar lainnya adalah Cascade Global. Lalu ada Blue Coast Capital (Kantor Keluarga Lewis). Ketiga kantor keluarga itu memiliki jumlah dana kelolaan mencapai US$5 miliar.

Miami

Miami merupakan kota dinamis yang dikenal dengan suasana kosmopolitan dan iklim tropisnya, menawarkan beragam peluang bagi family office.

Pasar real estat yang berkembang pesat di Miami memberikan prospek investasi, mulai dari properti mewah di tepi laut dan gedung pencakar langit hingga proyek komersial dan pembangunan kembali. Real estat di Miami telah lama menjadi daya tarik bagi investor domestik maupun internasional yang mencari apresiasi modal dan pengembalian sewa yang besar.

Kedekatan geografis Miami dan ikatan budaya dengan Amerika Latin, menjadikannya gerbang strategis ke pasar di wilayah tersebut. Family office yang berbasis di Miami dapat memanfaatkan hubungan ikatan ini untuk mengakses berbagai peluang investasi di seluruh Amerika Latin, yang mencakup berbagai sektor mulai dari komoditas dan manufaktur hingga perusahaan rintisan teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor teknologi kota ini juga telah berkembang pesat, menciptakan peluang baru bagi investasi family office. Selain itu, sektor jasa keuangan yang berkembang dengan baik mendukung operasional kantor-kantor ini, memperkuat posisi Miami sebagai pusat utama untuk kantor keluarga.

Dengan demikian, lanskap real estat Miami dan akses ke pasar Amerika Latin menjadikannya pusat penting bagi kantor keluarga yang mencari perpaduan investasi pasar tradisional dan pasar berkembang. Salah satu famili office tertua di London adalah Holdun Family Office LLC, Sierra Capital, LLC, dan Forrestal Capital.

New York

New York City (Istimewa)

New York sering disebut sebagai pusat keuangan dunia, yang menjadikannya pusat utama bagi family office. Keunggulan kota ini dalam sektor keuangan, konsentrasi besar individu dengan kekayaan bersih tinggi, dan lokasinya yang strategis membuatnya sangat menarik bagi kantor keluarga.

Kehadiran berlimpah profesional dan layanan keuangan, akses ke lanskap investasi yang dinamis, dan infrastruktur kota yang canggih turut menambah daya tariknya. Regulasi lingkungan bisnis yang di New York dianggap menguntungkan bagi lembaga keuangan.

Karena itu, tidak mengherankan kota ini memiliki salah satu konsentrasi kantor keluarga tertinggi di dunia, yang berfungsi sebagai pusat pengelolaan kekayaan bagi keluarga-keluarga terkaya di dunia. New York menawarkan peluang investasi yang beragam, terutama di sektor real estat dan ekuitas swasta.

Pasar real estat kota ini termasuk rumah bagi beberapa properti paling ikonik dan bernilai tinggi di dunia, seperti hunian mewah, ruang komersial utama, dan properti bersejarah yang unik. Pasar real estatnya yang dinamis terus menarik investor global yang mencari apresiasi modal jangka panjang dan hasil sewa yang kuat. Di samping itu, sektor ekuitas swasta juga berkembang pesat di New York.

Sebagai pusat inovasi dan pertumbuhan bisnis, kota ini menarik perusahaan rintisan, bisnis yang matang, dan industri dengan prospek investasi yang menarik bagi para investor ekuitas swasta. Sektor keuangan kota yang berkembang pesat dan ekonomi yang beragam berkontribusi pada lanskap yang subur untuk investasi real estat dan ekuitas swasta.

Tiga family office terbesar di kota ini yaitu, Next Capital, EisnerAmper Family Office, dan Patriarch Partners (Kantor Keluarga Tilton). Jumlah dana kelolaannya berkisar US$720 juta sampai US$5 miliar. EisnerAmper Family Office sudah berdiri sejak tahun 1963.

Singapura

Singapura (Freepik.com/freestockcenter)

Singapura sebagai pusat keuangan Asia Tenggara, menawarkan keunggulan strategis dengan posisinya di jalur perdagangan global utama. Negara ini telah menjadi tujuan menonjol bagi family office berkat struktur hukum yang ketat dan mapan serta regulasi yang mendukung.

Hal ini menarik individu kaya dari seluruh dunia untuk mengelola kekayaan mereka di Singapura. Tenaga kerja terampil Singapura dan reputasinya yang tinggi dalam hal transparansi juga meningkatkan kepercayaan untuk menyimpan kekayaan di negara ini.

Pemerintah Singapura tidak hanya mendukung pertumbuhan family office dengan kebijakan insentif pajak, tetapi juga mendorongnya dengan skema hibah yang inovatif. Tak sampai di situ, pemerintah mengeluarkan kebijakan guna mendorong pertumbuhan family office di negaranya dengan memberikan insentif pajak dengan skema hibah.

Contohnya Skema Pembebasan Pajak Dana Berjenjang yang memungkinkan rentang pendapatan tertentu yang diperoleh dari investasi tertentu dibebaskan dari pajak untuk entitas investasi yang memenuhi syarat. Singapura juga tidak mengenakan pajak keuntungan modal, dan memiliki jaringan perjanjian pajak berganda yang luas untuk mencegah pajak berganda atas pendapatan yang diperoleh di negara lain.

Insentif ini, antara lain, berkontribusi untuk menjadikan Singapura lokasi yang sangat hemat pajak untuk kantor keluarga dan menjadikannya pilihan yang menarik bagi orang kaya yang ingin mengelola aset mereka secara efektif.

Singapura sudah memiliki kantor keluarga sejak tahun 1948, yakni Tolaram Group Family Office (Vaswani Family Office). Selain itu, pemain kunci family office di Singapura adalah Clermont Group family office dan One Hill Capital.

Sydney

Gedung Opera Sydney dan cakrawala pusat kota terlihat di Sydney, Australia. (Reuters/Loren Elliott)

Sydney sebagai pusat keuangan utama di Australia, telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam keberadaan kantor keluarga. Perekonomian kota yang stabil, sistem regulasi yang transparan, dan sektor yang berkembang pesat seperti real estat dan teknologi menjadikannya basis yang menarik untuk pengelolaan kekayaan.

Selain itu, hubungan Australia yang kuat dengan kawasan Asia-Pasifik memberikan akses yang baik ke pasar yang sedang berkembang dan berbagai peluang investasi. Sydney terkenal dengan standar hidup yang tinggi, stabilitas politik, dan kerangka hukum yang kuat, faktor-faktor ini menarik bagi individu dan keluarga dengan kekayaan bersih yang tinggi.

Kumpulan profesional keuangan yang terampil dan infrastruktur yang kuat di kota ini semakin meningkatkan reputasinya sebagai lokasi yang strategis untuk kantor keluarga. Faktor-faktor ini bersama-sama telah berkontribusi pada meningkatnya keunggulan Sydney sebagai pusat kantor keluarga.

Marshall Investments sebagai salah satu kantor keluarga terbesar di Sydney sudah ada sejak tahun 1995 dengan kisaran dana kelolaan mencapai US$2-5 miliar. Selain itu, pemain kunci Family Office di Australia antara lain Pegasus Capital dan Fortress Family Office.

Tokyo

Tokyo Tower (japanrailpassnow)

Tokyo sebagai pusat keuangan utama Jepang dan salah satu pusat ekonomi global yang sangat penting, menjadi tempat bagi banyak family office. Infrastruktur keuangan yang kuat di kota ini, ditambah ekonomi yang stabil dan akses yang luas ke salah satu pasar ekuitas terbesar di dunia, menjadikannya lokasi yang sangat menarik untuk mengelola kekayaan yang besar.

Reputasi Tokyo untuk stabilitas, standar hidup yang tinggi, serta kerangka hukum dan regulasi yang kuat, menarik individu kaya dari berbagai belahan dunia. Lokasinya yang strategis memberikan kantor-kantor keluarga di Tokyo akses mudah ke berbagai peluang investasi di Asia-Pasifik yang lebih luas.

Selain itu, upaya Jepang untuk membuat Tokyo lebih menarik bagi bisnis asing, termasuk menurunkan tarif pajak perusahaan dan memudahkan persyaratan visa, semakin berkontribusi pada keunggulannya yang semakin meningkat sebagai hotspot kantor keluarga global.

Salah satu family office di Tokyo yaitu HFC Advisory Group (Kantor Keluarga Stefan Nilsson), Terrasias Capital Family Office (Ikuko Yamanaka Family Office), Yamauchi No. 10 (Kantor Keluarga Fusajiro Yamauchi).

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 08 Jul 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 09 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS