10 Nebula Terindah di Alam Semesta yang Mengagumkan

Redaksi Daerah - Senin, 01 Juli 2024 20:44 WIB
Inilah 10 Nebula Paling Menakjubkan di Alam Semesta (NASA)

JAKARTA- Nebula adalah awan berwarna-warni dari gas dan debu yang mengembang. Nebula juga telah lama memikat para pengamat bintang dengan keindahannya.

Objek tersebut merupakan pusat kelahiran bintang dan produk dari kematian bintang, meledak dan berubah dengan cahaya dan warna saat siklus hidup bintang terungkap di dalamnya.

Awan debu dan gas raksasa yang memenuhi ruang di antara bintang-bintang ini telah lama memikat dengan keindahannya. Ada banyak nebula, dan berikut adalah 10 nebula paling menakjubkan di alam semesta.

Nebula Paling Menakjubkan di Alam Semesta

Nebula Carina/ NASA

1. Nebula Karina

Nebula Carina adalah salah satu wilayah kelahiran bintang terbesar yang dapat dilihat NASA. Ini adalah rumah bagi 12 bintang atau lebih yang berukuran 50 hingga 100 kali massa matahari, termasuk supergiant Eta Carinae yang tidak stabil, salah satu bintang paling terang yang diketahui.

Nebula Ring/ NASA

2. Ring Nebula

Dikenal karena bentuknya yang sederhana dan anggun, Ring Nebula atau Nebula Cincin berjarak 2.000 tahun cahaya di konstelasi Lyra dan membentang sepanjang 1 tahun cahaya. Warnanya memudar dengan suhu; gas biru panas di tengah memudar menjadi hijau dingin dan kuning di sekitar tepinya. Ini adalah objek studi populer bagi para astronom amatir.

Nebula Twin Jet/ NASA

3. Nebula Twin Jet

Twin Jet Nebula adalah nebula planet biner. Alih-alih memegang satu bintang di pusatnya, nebula ini memiliki dua bintang yang mengorbit dalam sistem biner. Ini memberikan nebula sayap warna-warni. Nebula juga dikenal sebagai kupu-kupu Minkowski. Diambil dari Hermann Minkowski, ilmuwan yang menemukannya.

Nebula Helix/ NASA

4. Nebula Helix

Nebula Helix yang terletak di konstelasi Aquarius, adalah favorit astronom amatir lainnya karena warnanya yang cerah. Kemiripan kuat nebula dengan bola mata menjadikan dia mendapat julukan "Mata Tuhan".

Nebula Horesehead/ NASA

5. Horsehead Nebula

Horsehead Nebula atau Nebula Kepala Kuda, yang terletak di konstelasi Orion, adalah salah satu nebula paling dikenal dan difoto di langit. Seperti awan kosmik yang agung, nebula tampak transparan di sini karena foto diambil dengan pencitraan inframerah. Dalam panjang gelombang visual, nebula berwarna gelap dan merah.

Cat's Eye Nebula/ NASA

6. Cat's Eye Nebula

Cat's Eye NebulaN atau Nebula Mata Kucing terdiri dari 11 cincin gas, menjadikannya salah satu struktur paling kompleks dari semua nebula yang diketahui. Itu adalah salah satu nebula planet pertama yang pernah ditemukan.

Nebula Omega/ NASA

7. Nebula Omega

Nebula Omega juga dikenal sebagai Nebula Angsa. Ini adalah sarang bintang yang baru lahir, dan ada di konstelasi Sagitarius, berjarak 5.500 tahun cahaya.

Nebula Rosette/ NASA

8. Nebula Rosette

Nebula Rosette adalah pembibitan bintang — wilayah pembentukan bintang terkonsentrasi. Itu terletak 5.000 tahun cahaya, di konstelasi Monoceros (unicorn).

Nebula Eagle/ NASA

9. Eagle Nebula

Eagle Nebula atau Nebula Elang ditemukan pada tahun 1745. Bentuk panjang seperti jarinya dikenal sebagai Pilar Penciptaan, tetapi mereka hanya membentuk wilayah kecil dari nebula selebar kira-kira 70 tahun cahaya.

Ghost Head Nebula/ NASA

10. Ghost Head Nebula

Ghost Head Nebula atau Nebula Kepala Hantu adalah pusat pembentukan bintang lainnya. Cahaya merah-hijaunya berasal dari cahaya yang dipancarkan oleh hidrogen dan oksigen.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 12 Jun 2023

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 01 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS