14 Cara Sukses Merencanakan Perjalanan Liburan Internasional bagi Pemula

Redaksi Daerah - Senin, 10 Juni 2024 13:33 WIB
14 Cara Merencanakan Perjalanan Liburan Ke Luar Negeri untuk Pemula (Freepik/jcomp)

JAKARTA – Liburan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bagaimana tidak, dengan liburan Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk bersantai, menjelajahi tempat-tempat baru, dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Liburan ke luar negeri tentu saja adalah impian bagi setiap orang. Nah, buat kalian yang ingin berlibur ke luar negeri dan masih bingung hal apa saja yang harus dilakukan, yuk simak artikel berikut!

Tips Merencanakan Liburan Ke Luar Negeri untuk Pemula

Tips Merencanakan Liburan Ke Luar Negeri untuk Pemula

Berikut tips berlibur ke luar negeri untuk pertama kalinya:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Hal yang penting untuk diingat saat merencanakan liburan ke luar negeri adalah menghindari berangkat selama musim liburan, yaitu di bulan Mei-Juli dan November-Januari. Seperti halnya tempat wisata di Indonesia, negara-negara tujuan juga akan dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Jika Anda memaksakan pergi pada waktu ini, bukannya menikmati liburan dengan bahagia dan membuat kenangan indah, Anda justru akan habis tenaga untuk berdesak-desakan dengan ratusan orang. Selain itu, tiket pesawat dan akomodasi cenderung lebih mahal selama musim liburan tersebut.

2. Memastikan Jadwal

Jika Anda memiliki fleksibilitas dalam jam kerja yang memungkinkan liburan kapan saja dan di mana saja, sebaiknya memilih untuk berlibur di hari kerja atau di musim sepi.

Pada periode ini, umumnya tempat-tempat wisata cenderung lebih sepi. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengunjungi lebih banyak tempat dan menikmati lebih banyak wahana tanpa terlalu banyak antrian.

3. Menyiapkan Dokumen Penting

Sebelum memulai perjalanan ke luar negeri, pastikan untuk menyiapkan semua dokumen penting yang diperlukan. Hal ini termasuk paspor, visa, tiket pesawat, asuransi perjalanan, dan kartu identitas lainnya. Pastikan semua dokumen ini dalam kondisi baik dan disimpan di tempat yang aman dan mudah diakses.

4. Urus Paspor dan Visa

Pastikan Anda mengurus paspor dan visa dengan cukup waktu sebelum keberangkatan. Hal ini penting agar tidak terburu-buru. Pastikan untuk memahami semua persyaratan visa negara tujuan dan hindari menunda-nunda pengurusan dokumen ini. Usahakan urus paspor dan visa setidaknya 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan untuk memastikan semua berjalan lancar.

5. Buat Daftar Itinerary

Itinerary adalah rencana perjalanan yang mencakup daftar kegiatan dan estimasi biaya yang diperlukan selama liburan. Ini membantu memudahkan perjalanan dengan berfungsi sebagai panduan di negara tujuan.

Pastikan untuk menentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, aktivitas yang ingin dilakukan, serta jadwal transportasi. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat menghindari kebingungan dan merasa lebih terorganisir selama perjalanan.

Sebelum berangkat liburan ke luar negeri, pastikan sudah menyusun itinerary. Itinerary adalah rencana perjalanan atau daftar kegiatan serta estimasi biaya yang dibutuhkan selama liburan. Ini akan memudahkan perjalanan karena fungsinya sebagai navigasi di negara tujuan.

Itinerary juga berguna saat mengajukan visa, karena beberapa negara sering meminta itinerary sebagai bukti rencana dan rute perjalanan di negara tersebut.

6. Pesan Tiket dan Penginapan

Selain mengurus paspor dan visa, memesan tiket pesawat dan penginapan jauh sebelum tanggal keberangkatan juga sangat penting dalam tips liburan ke luar negeri pertama kali. Pastikan untuk membeli tiket pulang sekaligus, karena ini akan mempermudah proses wawancara dengan pihak kedutaan saat mengurus visa.

Selain tiket pesawat, sebaiknya persiapkan hotel atau penginapan jauh-jauh hari karena akan lebih sulit mencarinya setelah tiba di luar negeri. Cobalah memesan secara online dan pilih penginapan yang dekat dengan berbagai fasilitas publik untuk memudahkan mobilitas selama di sana.

Memesan tiket pesawat dan penginapan dengan waktu yang cukup memungkinkan dapat membantu Anda mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, memesan sejak awal juga memberikan lebih banyak pilihan dalam hal jadwal penerbangan dan lokasi penginapan.

7. Tukar Mata Uang sesuai Negara Tujuan

Sebelum berangkat, disarankan untuk menukar sejumlah uang rupiah ke mata uang negara tujuan. Namun, hindari menukarkan uang di bandara karena biasanya nilai tukar di sana lebih rendah.

Selain itu, pastikan untuk membawa kartu kredit atau kartu debit internasional sebagai alternatif untuk transaksi.

8. Pelajari Bahasa dan Informasi Negara Tujuan

Meskipun banyak orang di berbagai negara dapat berbicara bahasa Inggris, ada baiknya juga belajar beberapa kata dan frasa dalam bahasa lokal.

Selain itu, pahami norma-norma sosial dan budaya negara tersebut untuk menghormati adat istiadat setempat.

9. Bawa Barang Secukupnya

Bawa pakaian yang sesuai dengan cuaca dan aktivitas yang akan dilakukan. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, alat mandi, dan perlengkapan lain yang diperlukan. Disarankan untuk mulai mengemas barang-barang tersebut jauh-jauh hari sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru.

10. Adaptor Colokan

Beberapa negara memiliki stop kontak yang berbeda dengan Indonesia, sehingga colokan dari Indonesia mungkin tidak dapat digunakan di sana. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa adaptor tambahan agar bisa mengisi daya gadget dan perangkat elektronik lainnya.

Adaptor ini sebenarnya bisa dibeli di toko elektronik di negara tujuan, tetapi hal ini bisa sedikit merepotkan. Selain itu, harganya biasanya lebih mahal.

11. Unduh Aplikasi Pendukung

Unduh aplikasi pendukung perjalanan yang bisa sangat membantu selama liburan di luar negeri. Misalnya, unduh aplikasi peta seperti Google Maps untuk membantu navigasi di lokasi yang tidak dikenal.

Selain itu, aplikasi penerjemah, sangat bermanfaat jika Anda perlu berkomunikasi dengan penduduk setempat yang tidak fasih berbahasa Inggris.

12. Sisihkan Budget untuk Liburan

Tips liburan ke luar negeri pertama kali lainnya yang sangat penting adalah menyisihkan anggaran khusus untuk liburan.

Sebelum berangkat, tetapkan anggaran yang akan dialokasikan untuk liburan, mencakup tiket pesawat, akomodasi, makanan, transportasi, dan aktivitas.

Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk menutup semua biaya selama perjalanan.

13. Beli Paket Internet Roaming

Tips terakhir untuk liburan ke luar negeri pertama kali adalah membeli paket internet roaming. Internet sangat penting untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman selama liburan. Jika kamu ingin menggunakan internet di luar negeri, sebaiknya beli paket roaming dari penyedia layanan sebelum berangkat. Ini akan membantu kamu tetap terhubung tanpa harus menghadapi biaya yang tinggi.

14. Membeli Asuransi Perjalanan

Membeli asuransi perjalanan sebenarnya tidak wajib bagi turis yang ingin bepergian ke luar negeri. Namun, asuransi ini dapat memberikan rasa tenang selama liburan. Asuransi perjalanan melindungi Anda dari risiko yang mungkin terjadi di luar negeri.

Menurut situs resmi OJK, asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan selama perjalanan. Kepemilikan asuransi ini bertujuan untuk mengurangi dampak finansial dari risiko kerugian yang mungkin terjadi saat bepergian.

Dengan demikian, asuransi dapat membantu menjaga agar anggaran liburan tidak membengkak akibat kejadian tak terduga. Sebaiknya, sertakan asuransi perjalanan dalam anggaran liburan Anda ke luar negeri.

Itulah tips merencanakan liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya. Semoga dapat membantu dan selamat menikmati liburan yang menyenangkan!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 08 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 10 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS