14 Lokasi Wisata Terpopuler untuk Libur Lebaran

Redaksi Daerah - Jumat, 14 Juni 2024 19:45 WIB
14 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Libur Lebaran (blibli)

JAKARTA – Sebentar lagi umat Muslim akan merayakan Iduladha, sehingga menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tidak hanya itu, libur lebaran Iduladha yang jatuh pada 17 Juni 2024 ini juga bertepatan dengan long weekend sehingga bisa Anda manfaatkan untuk berlibur ke beberapa destinasi wisata.

Berkaitan dengan liburan, kalian sudah memiliki rencana liburan ke mana? Jika masih bingung, yuk simak artikel ini. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Indonesia yang dapat kalian jadikan acuan untuk libur bersama keluarga.

Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Libur Lebaran

1. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng (flickr.com/adivlado)

Perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng memang sedikit menantang karena jalanan berkelok-kelok di pegunungan yang cukup terjal. Tapi, begitu mencapai puncak, pengunjung akan disuguhi panorama yang memukau dari kawah Sikidang dan Telaga Warna.

Salah satu cara yang unik untuk menjelajahi kawasan ini adalah dengan menaiki kereta wisata kuda. Udara segar dan dingin di pegunungan juga cocok untuk menyegarkan pikiran.

2. Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Pangandaran (pangandarankab.go.id)

Terletak di desa Pananjung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pantai Pangandaran merupakan tempat favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara karena menawarkan pemandangan laut yang indah sekaligus dapat dijadikan tempat untuk bermain air.

Keunikan Pantai Pangandaran terletak pada landainya, airnya yang jernih, dan jarak pasang surut yang relatif lama, memungkinkan pengunjung untuk menikmati berenang lebih lama. Selain itu, pantai ini memiliki area dengan pasir putih yang luas, memungkinkan pengunjung untuk melihat batu karang dan ikan hias dengan jelas.

3. Malioboro

Malioboro (terasmalioboro.jogjaprov.go.id)

Siapa sih yang tak tahu Malioboro? Tempat ini begitu ikon di Yogyakarta. Terletak di antara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Tugu Pal Putih, Malioboro adalah tempat belanja yang sangat populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Selain sebagai pusat perdagangan yang ramai, Malioboro juga memiliki latar belakang sejarah yang menarik. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai oleh-oleh khas, mulai dari batik, aksesoris, wayang, hingga makanan ringan seperti bakpia dan keripik tempe. Tak heran, setiap liburan, Malioboro selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

4. Jakarta Akuarium

Jakarta Aquarium (blibli)

Jakarta Akuarium dan Safari merupakan akuarium indoor terbesar di Indonesia, di bawah naungan Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC, Malaysia. Di sekitar kawasan konservasi seluas satu hektar ini, kalian bisa melihat lebih dari 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik.

Destinasi ini cocok untuk liburan keluarga! Kalian dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan di sini dengan menyentuh, membelai, dan memberi mereka makanan. Dipandu oleh penjaga hewan berpengalaman, kalian akan mendapatkan informasi menarik tentang hewan-hewan di sini.

5. Dusun Semilir

Dusun Semilir (dusunsemilir)

Siapa yang tak tahu Dusun Semilir? Tempat wisata ini menjadi salah satu favorit bagi para pelancong yang berkunjung ke Semarang. Aksesnya mudah dijangkau dari berbagai arah, baik dari pusat Kota Semarang, Jakarta, Yogyakarta, maupun Boyolali.

Dusun Semilir Eco Park memiliki beberapa bagian yang memiliki daya tarik sendiri. Di bagian depan terdapat pusat suvenir bernama Warisan Indonesia, di mana pengunjung dapat membeli berbagai macam oleh-oleh sebagai kenang-kenangan.

Di lantai dua gedung juga menyediakan restoran bernama Gunungan Resto yang menawarkan menu makanan modern seperti di cafe atau restoran kota.

Di dalamnya, terdapat tempat makan yang lebih besar, di mana pengunjung dapat menemukan berbagai kuliner khas dan tradisional. Dusun Semilir juga menawarkan paket tiket masuk dengan diskon untuk makan di tempat ini, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan sebelum menjelajahi area lain dari Dusun Semilir.

Pokoknya tempat ini sangat rekomendasi untuk liburan. Sebab, Dusun Semilir ini memiliki banyak spot unik dan lengkap yang sayang banget jika kalian lewatkan.

6. Kebun Binatang Ragunan, DKI Jakarta

Kebun Binatang Ragunan (infopublik.id)

Kebun Binatang Ragunan adalah pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di sini, pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai macam satwa, mulai dari singa, jerapah, gajah, orang utan, hingga reptil seperti buaya dan ular. Ada juga tempat khusus untuk memberi makan wiwa dan unta.

Selain melihat satwa, Ragunan juga menawarkan wahana water park yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Terdapat juga beragam jenis pohon dan spot foto yang instagramable. Pokoknya, tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama anak-anak sambil belajar mengenai satwa dan lingkungan.

7. Puncak, Jawa Barat

Puncak (unsplash/ammar andiko)

Puncak adalah daerah wisata pegunungan yang terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah ini telah menjadi tujuan wisata yang populer baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Puncak juga menawarkan berbagai tempat rekreasi dan agrowisata yang menarik seperti Perkebunan Teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang). Tempat wisata lainnya di Puncak termasuk Taman Safari, Kebun Bunga, Taman Sakura, Curug Leuwi Lieuk, Telaga Warna, Curug Panjang Megamendung dan lainnya.

Di sini juga terdapat banyak villa dan hotel yang dimiliki oleh penduduk sekitar untuk pengunjung beristirahat.

8. Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur (borobudurpark)

Candi Borobudur dibangun oleh dinasti Sailendra antara 780-840 M, ini merupakan salah satu peninggalan Buddha terbesar di dunia, yang ditemukan oleh Pasukan Inggris di bawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles pada tahun 1814.

Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan pandangan alam semesta dalam kepercayaan Buddha, dengan struktur bangunan berbentuk kotak dan empat pintu masuk menuju titik pusat berbentuk lingkaran. Pada tahun 1991, UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia.

Di sini kalian dapat bisa menjelajahi kawasan Borobudur dengan menyewa sepeda. Ambillah sudut dengan view menarik Candi Borobudur dari Spotlight of Borobudur saat matahari terbit atau terbenam.

9. Ancol, DKI Jakarta

Kawasan Ancol (ancol.com)

Kawasan Ancol menjadi destinasi wisata yang populer sejak dulu sebagai tempat yang difavoritkan, tidak hanya bagi penduduk Jakarta tetapi juga dari luar kota. Hal ini disebabkan oleh beragam pilihan tempat wisata dan fasilitas lengkap yang tersedia di dalamnya.

Sebagai salah satu kompleks wisata terbesar di Indonesia, Ancol menawarkan banyak tempat wisata menarik dan seru yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini terdapat destinasi yang beragam, mulai dari Pantai Ancol, Dufan, Samudra Ancol, Sea World Ancol, Atlantis, Ecopark Ancol dan lainnya.

10. Pemandian Guci Tegal, Jawa Tengah

Pemandian Guci Tegal (tegalkab.go.id)

Pemandian air panas ini berlokasi di lereng Gunung Slamet, Tegal. Air hangat yang mengandung mineral diyakini memiliki manfaat kesehatan untuk meredakan penyakit kulit dan rematik.

Selain menikmati berendam, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar pemandian. Bahkan, jika keberuntungan, kalian bisa menyaksikan aktivitas Gunung Slamet dari kejauhan, termasuk percikan laharnya.

11. Ciwidey, Jawa Barat

Ciwidey (indonesia.travel)

Ciwidey adalah desa yang terletak di wilayah Bandung Selatan, tempat ini menawarkan beragam pilihan destinasi wisata. Mulai dari keindahan alam perbukitan hingga taman-taman yang menawan, serta perkebunan yang cocok untuk kunjungan keluarga.

Destinasi wisata di Ciwidey menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Bandung. Perlu kamu tahu, sesa ini menawarkan udara segar dan keindahan alam yang menarik.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini adalah berfoto dengan latar belakang perkebunan teh, mengelilingi kebun teh dengan sepeda, hingga mencoba aneka makanan dan minuman hangat khas Ciwidey seperti bandrek, muleh, dan nasi timbel.

12. Lembang

The Great Asia Afrika (tiket.com)

Terletak di bagian utara Kota Bandung, tempat ini sering dipilih sebagai tujuan liburan untuk melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kota. Wisata Lembang didukung oleh dataran tinggi yang menawarkan pemandangan alam yang hijau, keindahan perkebunan teh, serta udara dingin yang menyegarkan.

Tak heran jika Lembang menjadi destinasi favorit bagi penduduk perkotaan. Potensi wisata Lembang semakin diperkuat dengan lokasinya yang dekat dengan Bandung, memudahkan akses transportasi untuk menjelajahi dan menikmati setiap keindahan tempat wisatanya.

Beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi selama liburan lebaran di sini yaitu, Farm House Lembang, Tangkuban Perahu, Orchid Forest, The Great Asia Afrika, Dusun Bambu, Floating Market, De’Ranch, dan lainnya.

Selain dekat, spot wisata di sini juga terdiri dari banyak pilihan seperti kebun stroberi, kebun bunga, pusat oleh-oleh, hingga cafe dengan nuansa alam yang instagenic.

13. Gunung Bromo

Gunung Bromo (indonesia.travel)

Gunung berapi aktif satu-satunya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memukau dengan pemandangan dan atmosfernya yang mengagumkan. Kawah yang luas dan kabut yang menyegarkan menciptakan suasana yang menajubkan.

Di samping padang pasir yang luas dan bukit-bukit yang mudah didaki, suhu dingin dan sejuk di puncaknya menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Di sini kalian dapat berpetualang menggunakan mobil jip, menyusuri hamparan pasir hitam luas, berburu sunrise, camping di Ranu Kumbolo, berkunjung ke Pura Luhur Poten, dan menyaksikan upacara adat Suku Tengger.

14. Saloka

Saloka Theme Park (salokapark)

Saloka merupakan salah satu destinasi wisata yang berbentuk taman rekreasi tematik keluarga di Jawa Tengah dengan mengusung konsep kearifan lokal. Terletak di persimpangan antara kota Semarang, Salatiga, Surakarta, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan luas lahan mencapai 12 hektar, Saloka menawarkan 25 wahana yang didesain dengan menggunakan peralatan modern oleh tenaga ahli berlisensi internasional yang berpengalaman. Saloka memiliki beberapa zona, di antaranya yaitu Pesisir, Balalantara, Kamayayi, Ararya dan Arung Jeram.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dapat kalian jadikan referensi untuk menikmati libur lebaran. Selamat berlibur dan bersenang-senang!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 24 Mar 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 14 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS