20 Pekerjaan Sampingan Terbaik yang Bikin Anda Makin Cuan!

Redaksi Daerah - Rabu, 19 Juni 2024 11:01 WIB
20 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Menjanjikan Agar Makin Cuan! (The Bondi Pscyhologist)

JAKARTA – Seperti yang telah Anda ketahui, kini banyak orang yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bekerja dari pagi sampai sore. Namun, banyak karyawan yang sebetulnya tidak menikmati rutinitas harian seperti itu, terutama dengan pendapatan yang terbatas setiap bulannya.

Dari gaji yang tidak mencukupi, pernahkah kalian merasa ingin memiliki tambahan pendapatan di luar gaji? Jika ya, kalian bisa mencoba bisnis sampingan. Saat ini banyak sekali bisnis sampingan dengan modal kecil yang dapat kalian lakukan sepulang kerja atau usai kuliah.

Dilansir dari Sahabat Pegadaian, side hustle adalah pekerjaan untuk menambah penghasilan bagi yang merasa gaji dari pekerjaan utama belum bisa menutupi kebutuhan.

Jika tertarik dengan ide bisnis berikut, kalian dapat mencobanya. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, bukan soal cuan saja yang kalian dapatkan, melainkan membangkitkan gairah dan semangat baru dalam menjalani hidup, hingga meningkatkan rasa percaya diri.

Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

Berikut beberapa ide usaha sampingan yang bisa kalian coba dengan modal kecil, antara lain yaitu:

1. Freelancer

Pekerjaan freelance adalah salah satu sumber pendapatan tambahan yang diminati oleh banyak orang karena fleksibilitasnya. Biasanya, pekerjaan freelance memungkinkan untuk bekerja dari mana saja, sehingga sangat cocok sebagai usaha sampingan bagi karyawan yang sibuk hingga mahasiswa.

Kalian dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan freelance yang sesuai dengan keahlian melalui berbagai situs pekerjaan online, entah itu melalui Twitter, Instagram, LinkedIn hingga portal job lainnya.

Beberapa peluang usaha sampingan yang bisa dicoba antara lain desain grafis, penerjemah dokumen, host live TikTok, content writer, copywriter, pengisi suara (voice over), social media officer, dan masih banyak lagi.

2. Menjadi Dropshipper

Ide usaha sampingan karyawan hingga mahasiswa tanpa modal ini semakin populer seiring dengan meningkatnya minat belanja online di kalangan masyarakat.

Sebagai dropshipper, kalian tidak perlu repot menyiapkan produk dan pengirimannya karena semuanya sudah diurus oleh penyedia dropship. Tapi, sebelum bergabung, sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana sistem penjualannya bekerja.

3. Franchise

Franchise dapat menjadi pilihan bisnis sampingan yang menjanjikan jika kalian kesulitan dalam menentukan produk yang akan dijual. Waralaba atau franchise adalah sebuah usaha yang menggunakan merek dagang bisnis lain dengan membayar biaya dan royalti kepada pemilik waralaba. Mengenai biaya dan royalti, kalian tidak perlu khawatir karena dalam bisnis franchise hanya perlu membayar biaya awal.

4. Jasa Pembuat Website

Dengan berkembangnya dunia digital, semakin banyak orang yang membutuhkan jasa pembuatan website untuk perusahaan.

Jika kalian memiliki keahlian website developing, usaha sampingan ini sangat cocok untuk dijalankan.

Beberapa hal yang perlu dikuasai sebelum menawarkan jasa pembuatan website antara lain back-end dan front-end, serta desain website.

5. Content Creator

Jika kalian suka tampil di depan kamera, usaha sampingan dengan modal kecil sebagai content creator bisa menjadi pilihan yang tepat. Menjadi content creator tidak akan mengganggu pekerjaan utama karena waktunya yang fleksibel. Kalian bisa memulai di berbagai platform populer seperti YouTube, Instagram, Twitter, atau TikTok.

6. FB/IG Ads Advertiser

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan adalah menjadi FB/IG Ads Advertiser. Saat ini, pemasaran digital sangat penting bagi berbagai jenis bisnis, terutama dalam hal pemasangan iklan di Facebook atau Instagram. Namun, tidak semua orang memiliki keterampilan untuk melakukan ini.

Ini adalah peluang bagi kalian yang memiliki keahlian dalam memasang iklan di Facebook dan Instagram untuk memulai bisnis sampingan dengan modal kecil sebagai FB/IG Ads Advertiser. Kalian dapat menggunakan keterampilan dan pengetahuan terkait FB dan IG Ads untuk membantu orang lain memasang iklan dan menghasilkan keuntungan.

7. Translator Sebuah Acara atau Tulisan

Jika kalian suka mempelajari dan menguasai berbagai bahasa, ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, lho. Kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menerjemahkan dokumen, artikel, atau video yang dibutuhkan klien.

Selain memiliki peluang usaha sampingan yang tinggi bagi karyawan maupun mahasiswa, menjadi translator juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa yang kalian pelajari.

8. Affiliater

Salah satu bisnis sampingan yang menjanjikan adalah menjadi affiliater. Affiliater adalah seseorang yang bertugas untuk mengarahkan banyak pengunjung ke website merchant melalui kode referal.

Jika pengunjung tersebut berhasil melakukan transaksi pembelian melalui link referensian kalian, maka kalian akan menerima komisi. Jenis usaha ini merupakan bisnis sampingan dengan modal kecil karena sebagian besar media promosi sudah disediakan oleh merchant.

9. Membuat Blog Sendiri

Jika kalian hobi menulis dan memiliki kemampuan dalam bidang tersebut, kalian bisa memanfaatkannya dengan membuat blog sendiri sebagai bisnis sampingan.

Seperti halnya, kalian bisa memposting tulisan kalian di Write.as, Blog, Medium, WordPress, Wattpad, Fizzo Novel, Joy Lada, Cabaca, KaryaKarsa dan masih banyak platform lainnya.

Selain berpotensi menghasilkan uang, kalian dapat melatih kemampuan menulis dan mempublikasikan tulisan di blog. Selain itu, usaha sampingan ini juga bisa menambah portofolio kalian.

10. Reseller Makanan Kekinian

Menjadi reseller makanan kekinian juga bisa menjadi ide usaha sampingan dengan modal kecil. Perbedaannya dengan dropshipper adalah, kalian akan mendapatkan produk dari pemiliknya untuk dijual kembali. Kalian akan memasarkan dan mengirimkan barang tersebut secara mandiri. Untuk memulainya, cari tahu makanan yang sedang tren dan diminati banyak orang.

11. Atlet E-Sport

Bisnis sampingan yang menjanjikan adalah menjadi atlet dalam kompetisi olahraga berbasis game online (e-sport). Meskipun terlihat remeh, seorang atlet e-sport dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah dalam satu pertandingan. Apalagi jika pertandingan e-sport-nya disponsori pemerintah dan perusahaan besar.

12. Membuat Channel YouTube

Perubahan tren di mana banyak penonton beralih dari TV digital ke YouTube bisa dimanfaatkan sebagai usaha sampingan tanpa modal. Umumnya, video yang diminati oleh banyak orang dapat menghasilkan pendapatan dari YouTube.

Jika kalian tidak percaya diri untuk tampil di depan kamera, kamu bisa membuat channel tanpa menampilkan wajah, seperti video tutorial memasak, panduan perbaikan, atau konten edukasi lainnya. sementara, jika kalian percaya diri tampil di depan kamera kalian bisa membuat vlog kegiatan sehari-hari hingga liburan, podcast, cover lagu dan lain sebaginya.

13. Menjual Bucket

Menjual bucket juga bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan bagi kalian dengan modal keterampilan. Penjualan bucket seperti snack, bunga, foto akan tetap diminati banyak orang, terutama pada momen-momen spesial seperti wisuda, sidang, ulang tahun atau lamaran.

14. Jasa Make Up

Jika kalian menguasai bidang make up dan mempunya keterampilan tersebut, jasa make up merupakan bisnis sampingan yang menjanjikan. Peluang usaha ini tinggi, mengingat banyak orang ingin memberikan penampilan terbaik mereka. Semakin bagus hasil riasan kalian, semakin banyak pula klien berminat menggunakan jasa kalian.

15. Jasa Design dan Editor

Jika kalian memiliki kemampuan dalam mendesain dan mengedit video, bisnis sampingan ini sangat cocok untuk dicoba.

Yang perlu kalian kuasai adalah berbagai aplikasi desain dan editing video seperti Adobe Photoshop, InDesign, Illustrator, Premiere, dan sejenisnya.

Untuk memulainya, bisa mengambil proyek online dari perusahaan yang membutuhkan jasa desain atau editor video. Hasil karya kalian dapat dijadikan sebagai portofolio untuk mendapatkan lebih banyak projek di masa depan.

16. Mengajar Online

Jika kalian menguasai berbagai macam pelajaran sekolah, kalian dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengajar secara online. Ini adalah usaha sampingan karyawan maupun mahasiswa yang dapat dimulai tanpa memerlukan modal besar, hanya dengan menyediakan koneksi internet yang memadai.

17. Sewa Barang Elektronik

Jika kalian memiliki barang elektronik seperti kamera, lensa, komputer, atau printer yang jarang digunakan, manfaatkan dengan menyewakannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya, kalian bisa memasang iklan di grup-grup sosial media.

18. Usaha Katering

Kalian dapat memulai bisnis sampingan dengan membuka usaha katering jika memiliki keahlian dan minat dalam memasak. Banyak orang atau perusahaan membutuhkan makanan tetapi tidak memiliki waktu atau keahlian untuk memasak. Kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menawarkan jasa katering.

19. Laundry

Jadwal yang padat membuat kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian sendiri. Kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan. Selain potensi pasar yang besar, modal untuk memulai jasa laundry juga sangat terjangkau. Kalian hanya perlu menyediakan mesin cuci di rumah dan mempromosikan jasa laundry ke lingkungan sekitar.

20. Menjual Bumbu Instan Siap Pakai

Di era modern yang serba cepat ini, segala sesuatu sering kali harus disajikan dengan cepat, termasuk dalam urusan makanan. Sayangnya, banyak orang beralih ke makanan instan cepat saji yang tidak sehat.

Jika kalian peka terhadap situasi, ini bisa menjadi kesempatan untuk memulai bisnis sampingan sebagai karyawan swasta dengan modal kecil, yaitu dengan menyediakan bumbu instan buatan sendiri.

Dengan menjual bumbu instan atau makanan instan yang kalian buat sendiri, kalian dapat membantu orang-orang yang tidak punya waktu untuk memasak atau menyiapkan makanan sehari-hari. Ini juga membantu mereka menyajikan masakan lebih praktis dengan bumbu dan bahan siap saji.

Itu dia beberapa ide pekerjaan sampingan yang menghasilkan banyak cuan guna menambah penghasilan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 16 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 19 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah
Bagikan

RELATED NEWS