387 Orang Korban Bencana Minsel Masih di Pengungsian

Joise Bukara - Kamis, 30 Juni 2022 20:24 WIB

MANADO - 387 warga Minahasa Selatan (Minsel) yang terdampak bencana abrasi di pesisir pantai Amurang, masih tetap berada di lokasi pengungsian.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), masih ada 53 keluarga yang terdiri atas 134 orang yang mengungsi di Balai Pertemuan Umum Lewet, 46 keluarga beranggotakan 158 orang yang mengungsi di Aula Sentrum Uwuran II, serta 28 keluarga beranggotakan 95 orang yang mengungsi di rumah kerabat.

Kepala Pelaksana BPBD Minahasa Selatan Thorie R Joseph mengatakan bahwa pemerintah membantu pemenuhan kebutuhan pokok warga yang mengungsi karena rumahnya terkena dampak abrasi daerah pesisir.

"Jangka panjang kita menyediakan logistik (bantuan). Jadi tak hanya di tempat pengungsian saja, tapi ketika mereka menempati tempat hunian sementara kami juga akan menyediakan logistiknya," ia menambahkan.

Dia juga mengatakan, sumbangan dari donatur untuk warga yang terdampak abrasi daerah pesisir juga masih mengalir.

Hingga 22 Juni 2022, abrasi yang terjadi di wilayah tersebut tercatat telah menyebabkan 61 rumah rusak serta mengakibatkan kerusakan jembatan, jalan, fasilitas penyediaan air minum, penginapan, kafe, dan tempat wisata.

Editor: Joise Bukara
Bagikan

RELATED NEWS