4 Warna Cat Dapur yang Harus Anda Hindari Menurut Desainer Interior

Redaksi Daerah - Jumat, 31 Mei 2024 19:38 WIB
4 Jenis Warna Cat Terburuk untuk Dapur Anda Menurut Desainer Interior (Pexels)

JAKARTA - Melakukan pekerjaan renovasi dapur tentu dapat menjadi pekerjaan yang besar dan mahal serta memakan banyak waktu. Salah satu keputusan terpenting yang akan Anda lakukan dalam proses ini adalah memilih warna cat yang tepat.

Baik untuk mewarnai dinding atau lemari dapur, penting untuk memilih jenis warna yang tepat agar Anda tidak salah, berubah pikiran, atau yang lebih parah yaitu Anda terpaksa mengecat ulang.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda perlu mengetahui beberapa warna yang sangat dihindari oleh desainer interior untuk mengecat dapur, seperti berikut ini.

Warna yang Harus Dihindari untuk Mengecat Dapur

1. Nuansa Neon

Saat ini mungkin banyak tren desain interior yang muncul kembali dari tahun 80-an dan 90-an. Namun, seperti yang dilansir dari Real Simple, desainer interior Amy Switzer menyebutkan bahwa cat warna neon tidak boleh digunakan untuk di dapur.

Menurutnya warna neon sulit untuk dipadukan dengan bagian dapur lainnya, dan warna-warna yang sedang tren tersebut mungkin tidak akan bertahan lama.

2. Warna yang Sangat Gelap

Warna cat yang gelap tentu dapat digunakan di waktu dan tempat tertentu, tapi bukan di dapur. Warna cat yang sangat gelap justru akan membuat dapur jadi terasa kurang menarik, padahal dapur seharusnya terasa menyenangkan.

Selain itu, cat berwarna gelap justru akan menunjukkan goresan dan ketidaksempurnaan pada material jadi lebih jelas dibandingkan dengan cat yang lebih terang. Jadi, jika Anda merasa kesulitan untuk menjaga kebersihan dapur saat ini, tentu akan lebih sulit lagi ketika cat dinding dapur Anda berwarna gelap.

3. Warna Cerah dan Sangat Tersaturasi

Salah satu tantangan desain terbesar yang banyak dialami oleh banyak orang adalah mencoba menciptakan rumah yang memudahkan penghuninya untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Namun, warna yang tersaturasi atau jenuh justru akan membuat hal ini jadi lebih sulit.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan warna cat yang terlalu cerah atau jenuh karena dapat membebani ruangan dan mengganggu pembentukan estetika di seluruh bagian rumah.

Jika Anda menyukai warna-warna cerah di dapur, gunakan aksesori sebagai gantinya. Anda bisa mencoba menggunakan pemanggang roti berwarna cerah atau peralatan kecil lainnya seperti piring berwarna cerah.

4. Warna Cat Kekinian

Kebanyakan dari kita cenderung merenovasi dapur untuk jangka panjang. Jika Anda nekat memilih warna cat yang trendi atau kekinian, hal itu mungkin justru akan membuat dapur Anda terlihat kuno lebih cepat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan cat yang sedang tren dan pilihlah warna cat yang tak lekang oleh waktu sehingga bisa tetap membuat Anda nyaman dalam jangka waktu yang lama.

Itu tadi beberapa rekomendasi warna cat yang sebaiknya tidak Anda gunakan di dapur rumah Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 31 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS