5 Aplikasi Ini Bisa Bikin Ponsel Android Anda Lemot, Hati-Hati!

Redaksi Daerah - Rabu, 12 Juni 2024 16:09 WIB
5 Aplikasi yang Bikin Ponsel Android Anda Jadi Lambat (Freepik)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri ponsel menawarkan banyak fungsi. Akan tetapi, ruang penyimpanan ponsel Android yang terbatas menjadi hambatan bagi pengguna aplikasi yang antusias.

Perlu diketahui, bahwa saat Anda memasang aplikasi di ponsel Android, aplikasi tersebut menggunakan ruang penyimpanan melalui tiga hal, file instalasi, data pengguna, dan cache. Kombinasi ketiga hal tersebut jika tidak diatur dengan cermat, dapat berkontribusi membuat ponsel Android Anda jadi lambat.

Meski data cache untuk ponsel memiliki manfaat, data tersebut dapat terakumulasi seiring waktu dan menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga. Oleh karena itu, penting untuk rutin menghapus cache.

Beberapa aplikasi memang terkenal memakan penyimpanan berlebihan, tapi aplikasi lain juga akan mengejutkan Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi Settings di perangkat Anda.
  • Kemudian, navigasi ke Apps.
  • Temukan bagian Storage, lalu ketuk bagian ‘See all apps’ atau opsi serupa untuk melihat daftar aplikasi lengkap.
  • Kemudian, Anda dapat melihat total penyimpanan yang digunakan oleh setiap aplikasi, dikategorikan sebagai “App,” “Data,”dan “Cache.”

Aplikasi yang Menguras Penyimpanan Sehingga Ponsel Jadi Lambat

1. Android System Intelligence

Aplikasi ini mengelola proses latar belakang dan mengoptimalkan kinerja ponsel. Anda dapat dengan aman menghapus cache dan data pengguna di aplikasi ini untuk meningkatkan penyimpanan sementara. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, aplikasi tetap dapat mengisi kembali storage tersebut.

2. Layanan Google Play

Layanan ini sebetulnya memfasilitasi berbagai fungsi latar belakang dan tidak dapat dihapus instalasinya. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan rutin membersihkan cache agar storage lebih ringan meski ruang storage tersebut akan terisi kembali secara bertahap.

3. Aplikasi Media Sosial

Aplikasi ini sering kali menyimpan video dan data pengguna yang diunduh dalam jumlah besar. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan mencopot pemasangan aplikasi tersebut jika storage Anda sudah sangat rendah dan kembali memasangnya nanti jika storage ponsel sudah aman.

4. Google App

Aplikasi ini menawarkan fungsi penting seperti Assistant dan layanan darurat. Namun, aplikasi ini juga bisa menguras storage ponsel Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menghapus cache. Namun, langkah data deletion atau penghapusan data Anda disarankan hanya sebagai upaya terakhir setelah membuat cadangan informasi yang relevan.

5. Layanan Text-to-Speech (TTS)

Aplikasi tersebut memungkinkan perangkat mengucapkan teks dengan suara keras. Menghapus cache secara rutin dapat mengosongkan storage jika Anda tidak sering menggunakan fitur yang mendukung suara.

Itu tadi beberapa aplikasi yang dapat menguras storage ponsel Android Anda sehingga perangkat Anda jadi lebih lambat.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 12 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS