5 Barang yang Sebaiknya Tidak Ada di Rumah Anda Menurut Desainer Interior

Redaksi Daerah - Selasa, 18 Juni 2024 21:48 WIB
5 Benda yang Tidak Dibutuhkan Rumah Anda Menurut Desainer Interior (Freepik.com/rawpixel)

JAKARTA - Saat Anda ingin merenovasi atau mendekorasi ulang rumah, mungkin ada banyak hal yang harus Anda pikirkan dan putuskan. Anda mungkin ingin membeli beberapa barang untuk memperindah isi rumah Anda.

Namun, sebaiknya Anda jangan terburu-buru untuk melakukannya. Pasalnya, ada beberapa barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan oleh rumah Anda, sehingga Anda tidak perlu membelinya.

Berikut beberapa barang yang sebaiknya tidak ada di rumah Anda.

Barang-barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli untuk Menghias Rumah

Barang-barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli untuk Menghias Rumah

1. Set Furnitur yang Cocok

Seperti yang dilansir dari Real Simple, tidak dapat disangkal membeli sofa, loveseat, dan kursi dengan aksen yang serasi memang lebih mudah dan praktis. Namun, desainer interior seperti Amy Switzer justru mengatakan bahwa set furnitur yang serasi justru tidak dianjurkan. Pasalnya, set furnitur yang serasi dapat membuat ruangan jadi terasa steril dan kurang personal.

2. Dekorasi yang Mengisi Setiap Ruangan

Rumah jika tidak ada furnitur dan dekorasi mungkin memang terasa membosankan. Akan tetapi, jika dilakukan sebaliknya justru akan membuat rumah jadi terasa berantakan.

Meski rumah sebaiknya memiliki elemen dekoratif, menambahkan terlalu banyak elemen justru akan membuat ruangan akan terasa penuh. Oleh karena itu, desainer interior Audrey Scheck seperti yang dilansir dari Real Simple menyarankan Anda untuk memiliki pola pikir ‘sedikit lebih baik’ dengan menyisakan ruang negatif atau negative space.

Negative space justru akan menciptakan tampilan yang lebih seimbang dengan membiarkan setiap bagian memiliki momennya sendiri untuk bersinar. Anda juga dapat menambahkan beberapa bagian yang menonjol dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk menciptakan daya tarik visual dan menanamkan kepribadian yang lebih personal ke dalam rumah Anda.

Selain itu, desainer interior Amy Switzer juga menyarankan untuk berinvestasi pada barang-barang timeless dan berkualitas yang Anda sukai dan beradaptasi dengan tren yang berkembang dengan barang-barang dekorasi kecil yang mudah diganti.

3. Koleksi Besar yang Dipamerkan

Mengoleksi sesuatu memang menyenangkan. Akan tetapi, koleksi tersebut tidak selalu membuat rumah terasa nyaman. Koleksi barang-barang justru dapat memenuhi ruangan dan membuat rumah jadi terasa berantakan.

4. Karya Seni yang Diproduksi Secara Massal

Jika Anda ingin mengisi dinding yang polos, mungkin Anda akan tergoda untuk membeli karya seni yang Anda lihat di e-commerce. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa hal itu justru bisa jadi boomerang.

Amy Switzer mengatakan bahwa sebaiknya Anda menjauhi karya seni generik yang diproduksi massal, karena karya seni tersebut tidak memiliki ciri khas dan tidak mencerminkan selera individu. Daripada Anda membeli karya seni yang generik, ada begitu banyak seniman di seluruh dunia yang menawarkan karya seni unik dengan harga terjangkau yang dapat dipersonalisasi sesuai selera Anda.

5. Bantal Terlalu Banyak

Anda bisa saja memiliki terlalu banyak barang bagus. Meski beberapa orang menyukai bantal dekoratif, terlalu banyak bantal justru tidak praktis. Oleh karena itu, penting untuk memiliki beberapa bantal pilian yang dapat mengimbangkan warna dan tekstur tanpa membuat ruangan jadi terkesan berlebihan.

Itu tadi beberapa barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan rumah Anda menurut para desainer interior.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 18 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS