5 Benda di Rumah yang Lebih Baik Tidak Dicat

Redaksi Daerah - Kamis, 13 Juni 2024 13:16 WIB
5 Benda di Rumah yang Sebaiknya Tidak Anda Cat (Freepik.com/cookie_studio)

JAKARTA - Sentuhan warna di rumah memang dapat memberikan suatu nuansa tertentu. Warna cat yang menarik juga dapat memberikan aksen di dinding, ruangan, termasuk di berbagai perabot rumah.

Meski mewarnai berbagai barang di rumah memang menyenangkan, bukan berarti Anda harus mengecat semuanya. Mengecat beberapa barang rumah tangga justru dapat menimbulkan bahaya. Berikut penjelasannya.

Perabot Rumah Tangga yang Sebaiknya Tidak Dicat

Perabot Rumah Tangga yang Sebaiknya Tidak Dicat

1. Ubin

Meski Anda mungkin tergoda menggunakan cat untuk mengubah tampilan kamar mandi atau dapur, seniman dan desainer Elizabeth Sutton seperti yang dilansir dari Real Simple menjelaskan bahwa hal itu adalah ide yang buruk.

“Jangan pernah mengecat ubin. Hal itu tidak akan terlihat bagis bahkan tidak akan pernah.”

Ubin akan terlihat seperti perbaikan yang murah dan cat akan terkelupas dengan mudah dari ubin. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengganti ubin dengan lebih hemat, Anda bisa memasang and-stick backsplash sebagai alternatif.

2. Trim Alami

Meski Anda mungkin tidak menyukai hiasan kayu di ruang makan, Sutton memperingatkan agar Anda tidak mengecatnya. Hindari menutupi potongan kayu alami yang indah menggunakan cat. Cat justru akan menutupi tekstur kayu alami yang indah.

3. Lantai Kayu

Jika Anda memiliki lantai berwarna espresso gelap atau lantai kayu ceri yang agak ketinggalan zaman, mungkin Anda akan mulai tergoda memperbaruinya dengan mengecatnya dengan warna putih atau warna lain.

Namun perlu diingat bahwa hal ini bisa berakibat buruk. Menyempurnakan lantai memang pekerjaan yang luar biasa, bahkan bagi pengrajin DIY yang telah berpengalaman. Selain itu, lantai yang rusak bisa jadi lebih sulit untuk diperbaiki dan Anda justru akan membutuhkan banyak uang untuk menggantinya.

Jika Anda benar-benar tergoda untuk mengganti lantai kayu dan tidak memiliki anggaran untuk membeli yang baru, Anda bisa meminta bantuan profesional untuk mengecat ulang, agar lebih aman dan ekonomis.

4. Perangkat Keras

Perangkat keras yang dimaksud di sini adalah kenop, keran, dan engsel. Meski Anda mungkin tergoda untuk mengecat perangkat keras, hal ini akan membuat cat lebih mudah terkelupas, tergores, dan tidak akan terlihat baru. Lebih baik Anda mengganti perangkat keras Anda sepenuhnya.

Selain itu, Anda juga tidak boleh mengecat kunci atau gagang pintu apapun, karena cat dapat masuk ke dalam kunci sehingga kunci jadi tidak dapat berfungsi dengan baik dan hal ini justru bisa sangat berbahaya.

5. Peralatan

Meski beberapa tahun terakhir muncul tren mengecat peralatan termasuk peralatan listrik, ada baiknya jika Anda tidak melakukannya. Cat justru dapat mengganggu pengoperasian peralatan dan aliran listrik sehingga dapat menimbulkan bahaya kebakaran.

Mengganti peralatan karena Anda tidak bisa mengecatnya dengan benar juga akhirnya akan membuat Anda merogoh kocek lebih dalam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menunggu adanya diskon atau menabung untuk membeli peralatan listrik baru daripada harus mengambil risiko berbahaya.

Itu tadi beberapa barang-barang perabot rumah yang sebaiknya tidak Anda cat agar tidak menimbulkan bahaya.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 13 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS