5 Cara Menabung untuk Liburan Hemat Tanpa Bikin Dompet Kosong

Redaksi Daerah - Senin, 10 Juni 2024 15:52 WIB
5 Cara Mudah Nabung untuk Liburan Tanpa Bikin Dompet Kosong (Freepik.com/drobotdean)

JAKARTA - Tidak terasa sebentar lagi kita akan mendapatkan hari libur di bulan Juni, tepatnya pada tanggal 17 Juni 2024 nanti karena diprediksi menjadi hari Raya Iduladha yang diperingati oleh umat muslim. Mengingat tanggal 18 Juni 2024 adalah cuti bersama, tentu sebagian orang mulai memiliki rencana libur panjang yang dimulai dari hari Sabtu sampai tanggal 18 Juni 2024 tersebut.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri ada beberapa orang yang kesulitan untuk melakukan libur karena tidak memiliki tabungan liburan yang cukup. Namun, jangan salah. Pasalnya, liburan bisa dilakukan dengan perhitungan yang cermat agar isi dompet Anda tidak habis. Anda hanya cukup menerapkan cara menabung yang tepat agar tujuan Anda tercapai. Berikut penjelasannya.

Cara Menabung untuk Liburan

Cara Menabung untuk Liburan

1. Rencanakan Liburan dari Jauh-jauh Hari

Jika Anda tidak ingin isi rekening Anda cepat habis, maka mulailah untuk merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Dengan memiliki rencana liburan yang matang, Anda bisa dengan lebih efisien dalam mengatur budget pengeluaran saat liburan dan mencari promo atau potongan harga tiket atau penginapan yang menarik.

2. Buat Target Tabungan

Setelah merencanakan liburan, langkah penting yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat target tabungan.

Target tabungan tersebut berisi berapa uang yang harus Anda kumpulkan dalam satu bulan atau satu tahun. Dengan memiliki target tabungan yang jelas, Anda akan lebih mudah termotivasi untuk menabung dengan konsisten.

3. Pisahkan Tabungan Liburan dengan Pengeluaran Sehari-hari

Jangan campurkan tabungan liburan dengan uang yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Anda juga bisa menggunakan metode seperti membuka akun rekening baru untuk tabungan liburan atau menggunakan aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda memantau tabungan dengan lebih baik. Hal penting yang harus Anda ingat adalah dengan menyisihkan uang, bukan menyisakan.

4. Hematlah Pengeluaran Sehari-hari

Anda bisa mulai menerapkan gaya hidup hemat dengan rutin membawa bekal dari rumah daripada membeli makan siang di luar atau dengan mengurangi budget minum kopi di kafe. Jika Anda semakin hemat, maka uang yang Anda tabung bisa semakin banyak.

5. Manfaatkan Penawaran Promo dan Diskon

Jangan ragu jika ada promo dan diskon yang ditawarkan oleh penjual tiket perjalanan atau hotel tempat Anda menginap. Anda juga bisa dengan cermat mencari paket-paket yang lebih menguntungkan, seperti free breakfast atau free snack. Dengan berbelanja secara pintar, Anda jadi lebih hemat sehingga uang untuk liburan jadi semakin banyak.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk liburan dengan hemat. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 10 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS