5 Cara Mengatur Keuangan untuk Menghindari Hidup dari Gaji ke Gaji

Redaksi Daerah - Selasa, 21 Mei 2024 14:35 WIB
5 Cara Mengelola Keuangan Agar Tidak Hidup dari Gaji ke Gaji (Pexels.com/Ahsanjaya)

JAKARTA - Tidak semua orang bisa mengatur keuangan dengan bijak. Namun, ada kalanya kita hanya mendapatkan gaji yang terbatas yang membuat kita harus hidup dari gaji ke gaji.

Jika Anda mendapati bahwa Anda tidak dapat menghidupi diri sendiri selama beberapa hari tanpa gaji tetap dan Anda harus selalu bergantung pada setiap gaji untuk mengatur kehidupan sehari-hari, maka Anda tidak akan dapat membuat rencana ke depan untuk situasi yang tidak terduga yang mungkin terjadi, seperti ketika suatu saat harus ke dokter atau mobil mogok dan rusak.

Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan hal-hal seperti berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Hidup dari Gaji ke Gaji

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Hidup dari Gaji ke Gaji

1. Kendalikan Keuangan Anda

Anda harus terlebih dahulu mengetahui untuk apa Anda membelanjakan uang sebelum melakukan perubahan agar Anda tidak lagi hidup dari gaji ke gaji. Pertama, mulailah dengan memantau pengeluaran Anda dalam waktu singkat menggunakan buku catatan dan mencatat setiap kali Anda mengeluarkan uang, meski hanya sedikit.

Rutinitas sehari-hari dan pengeluaran inilah yang menjadi pengeluaran berlebihan. Dengan menuliskan pengeluaran Anda, hal ini akan membantu Anda melihat di mana kelemahan Anda dalam berbelanja.

2. Gunakan Uang Tunai

Sebelum gajian, sisihkan waktu dan putuskan bagaimana Anda akan membelanjakan uang tersebut. Pastikan untuk mencantumkan semua tagihan yang akan datang dan jumlah yang harus dibayar, lalu urutkan berdasarkan tanggal jatuh tempo sehingga Anda tahu mana yang perlu dibayar terlebih dahulu.

Selain itu, tentukan berapa banyak uang yang Anda perlukan dalam satu minggu untuk kebutuhan seperti bensin dan bahan makanan dan lain-lain yang mungkin Anda perlukan.

Gunakan sejumlah uang tunai yang dapat Anda gunakan sepanjang minggu untuk membayar pengeluaran tersebut, dan jangan gunakan kartu kredit, debit, atau pembayaran digital lainnya.

3. Kurangi Biaya

Setelah Anda tahu untuk apa uang yang Anda belanjakan, kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. Seringkali kita menghabiskan uang untuk membeli barang-barang tanpa berpikir panjang seperti layanan streaming video, baju baru, internet, paket data tambahan, atau perjalanan sehari-hari ke minimarket untuk jajan.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa pengeluaran tersebut adalah suatu kebutuhan, padahal sebenarnya tidak. Anda akan dapat bertahan hidup tanpa hal-hal tersebut secara berlebihan.

4. Cari Cara untuk Meningkatkan Penghasilan Anda

Jika Anda telah meninjau kembali kebiasaan belanja Anda dan telah memangkas pengeluaran Anda, dan Anda masih kesulitan bertahan hidup, maka carilah cara untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Lihatlah ke sekeliling rumah Anda dan temukan barang yang bisa Anda jual di e-commerce. Dapatkan pekerjaan paruh waktu di perusahaan lain atau lakukan pekerjaan lepas di luar pekerjaan harian Anda.

5. Penghematan Secara Otomatis

Jika Anda mengatur agar uang tersebut diambil dari gaji Anda dan dimasukkan ke dalam tabungan sebelum Anda menerimanya secara otomatis, maka Anda akan terbiasa mengatur biaya hidup dengan gaji yang tampak lebih kecil. Hal itu akan membuat Anda tidak tergoda untuk membelanjakannya di kemudian hari.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak hidup dari gaji ke gaji.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 21 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS