5 Cara Merencanakan Liburan Keluarga dengan Anggaran Terbatas

Redaksi Daerah - Rabu, 22 Mei 2024 10:36 WIB
5 Cara Merencanakan Liburan dengan Keluarga Meski Budget Terbatas (Freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Tidak terasa sebentar lagi kita merasakan libur panjang sampai akhir pekan nanti. Tentu, Anda bersiap-siap untuk merencanakan liburan yang berkesan, bersama dengan orang terdekat atau keluarga.

Momen liburan ini tentu juga menjadi waktu yang tepat untuk bepergian karena anak-anak tidak bersekolah. Namun, meski harga-harga di saat liburan jadi lebih mahal, liburan menyenangkan tidak harus mahal.

Anda dapat merencanakan liburan keluarga yang menyenangkan dan murah meriah meski hanya dengan budget terbatas. Berikut cara melakukannya.

Cara Merencanakan dan Menganggarkan Liburan dengan Budget Terbatas

Cara Merencanakan dan Menganggarkan Liburan dengan Budget Terbatas

1. Riset Destinasi Wisata dan Biayanya

Tentukan 5-10 destinasi wisata yang paling ingin Anda kunjungi. Setelah itu, mulailah meneliti berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengunjungi setiap tempat tersebut.

Lakukanlah riset secara online dan lakukan panggilan telepon atau chat ke direct message media sosial pihak terkait jika Anda membutuhkan beberapa penjelasan yang tidak disediakan di website mereka. Kemudian, jumlahkan semua pengeluaran Anda dan cari tahu berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk seluruh perjalanan ke setiap tempat tersebut.

Pengeluaran itu harus mencakup biaya perjalanan, sewa tempat menginap, makanan, kendaraan, bahan bakar, souvenir, dan hiburan. Anda kemudian perlu memutuskan berapa banyak yang secara realistis Anda mampu dan berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan untuk liburan tersebut.

2. Mulai Menabung

Anda sangat disarankan untuk tidak pergi berlibur sampai Anda sudah menabung uang untuk hal tersebut. Setelah Anda menentukan tempat liburan mana yang ingin Anda kunjungi, teliti berapa biayanya, cari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk ditabung setiap bulannya.

Menabung tidak hanya membuat Anda jadi lebih hemat tapi juga menahan Anda untuk tidak melakukan pembelanjaan secara impulsif. Terkadang memang butuh waktu untuk menabung cukup banyak uang, tapi ada baiknya untuk tidak berutang dan harus stres karena harus melunasi liburan Anda di atas semua pengeluaran wajib Anda.

3. Bepergian di Luar Musim Liburan

Destinasi wisata biasanya akan mematok harga lebih mahal pada peak season atau waktu-waktu tertentu termasuk musim liburan. Hal itu termasuk harga tiket pesawat serta hotel yang cenderung naik.

Oleh karena itu, cobalah untuk merencanakan perjalanan liburan bukan di sekitar hari libur. Setelah Anda memutuskan tujuan liburan Anda, lakukan riset online untuk mengetahui bulan apa yang merupakan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan ke destinasi wisata tersebut, serta waktu yang tidak banyak pengunjungnya.

4. Perhatikan Biaya Perjalanan

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengendarai mobil sendiri atau naik kereta atau bus ke destinasi wisata yang ingin Anda tuju. Hal itu karena opsi tersebut memudahkan Anda untuk menghemat banyak uang.

Jika Anda harus menggunakan pesawat, maka Anda juga bisa membeli tiket jauh-jauh hari atau mencari tiket dengan membandingkannya dengan harga di antara tiap platform penjual tiket. Dengan cara tersebut, Anda akan terbantu untuk memperoleh tiket dengan harga yang mampu Anda beli.

5. Staycation

Jika liburan ke suatu destinasi wisata tidak sesuai dengan anggaran Anda tahun ini, Anda bisa melakukan staycation. Staycation akan memudahkan Anda untuk tinggal di penginapan atau hotel tersebut dan mengeksplorasi beberapa fasilitas wisata yang disediakan, mulai dari kolam renang, berkemah, dan sebagainya. Staycation itu tetap menyenangkan dan tidak harus mahal.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merencanakan liburan dengan keluarga meski budget pas-pasan. Selamat berlibur!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 22 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS