5 Cara Mudah Mendinginkan Ponsel Saat Cuaca Panas Agar Tidak Cepat Rusak

Redaksi Daerah - Rabu, 05 Juni 2024 16:07 WIB
5 Cara Mendinginkan Ponsel Saat Cuaca Sedang Panas (Freepik)

JAKARTA - Beberapa wilayah di Indonesia kini memang sering dilanda cuaca panas yang membuat tubuh jadi gerah. Namun ternyata dengan adanya suhu udara yang semakin panas, peralatan elektronik Anda seperti smartphone, AC, dan lainnya menunjukkan peringatan panas berlebih.

Selain perangkat elektronik lainnya, smartphone juga memiliki penggunaan maksimal untuk tugas sehari-hari, panggilan, bermain game, streaming, dan banyak lagi. Dengan semua tugas-tugas tadi, smartphone dari segmen premium hingga yang terjangkau jadi sangat panas dan mungkin mengkhawatirkan bagi pengguna.

Jika Anda juga mengalami masalah serupa, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk melindungi ponsel dari panas berlebih.

Tips Mendinginkan Ponsel Saat Musim Kemarau

1. Lepas Casing Ponsel

Hal pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan adalah melepas casing ponsel saat mengisi daya perangkat ketika musim kemarau tiba. Hal ini karena ponsel cenderung akan panas saat terus diisi karena teknologi fast charging dan oleh karena itu penting untuk melepas casing ponsel agar ponsel tidak panas.

2. Gunakan Kecerahan Layar Minimum

Selama suhu udara sedang panas, coba gunakan kecerahan layar minimum untuk menjaga suhu yang sesuai. Dengan kecerahan tinggi, Anda mungkin mengalami panas ekstrem pada perangkat dan hal ini juga dapat memengaruhi kinerja ponsel.

3. Hindari Menggunakan Ponsel di Bawah Sinar Matahari Secara Langsung

Jika Anda berada di luar ruangan, hindari menggunakan smartphone di bawah sinar matahari langsung. Carilah tempat berteduh saat berada di luar ruangan untuk menggunakan smartphone dengan kecerahan terbatas dan hindari paparan sinar matahari.

4. Hindari Menggunakan Ponsel di Lingkungan yang Panas

Perlu untuk menghindari penggunaan smartphone dalam waktu lama atau bermain game di lingkungan yang panas. Memainkan game berat membutuhkan penggunaan hardware yang maksimal sehingga mengakibatkan smartphone menjadi terlalu panas. Oleh karena itu, pastikan untuk bermain game di dalam ruangan dan hindari bermain game dalam waktu lama.

5. Hindari Menyimpan Smartphone di Dalam Saku

Jangan menyimpan ponsel Anda di dalam saku baju atau celana karena dapat menghambat sirkulasi udara dan Anda mungkin akan merasa sedikit panas daripada biasanya. Pastikan untuk menyimpan smartphone Anda di tempat terbuka dan tidak menghalangi aliran udara secara alami.7 Cara Menjaga Battery Health Ponsel yang Memiliki Fitur Fast Charging

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendinginkan ponsel terutama ketika musim kemarau tiba.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 05 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS