5 Cara Praktis Menjaga Ponsel dari Goresan dan Tetesan Air

Redaksi Daerah - Selasa, 25 Juni 2024 15:56 WIB
5 Cara Tepat Melindungi Ponsel dari Goresan dan Tetesan Air (Freepik)

JAKARTA - Sebagian besar smartphone sekarang memiliki kaca di bagian depan dan belakang. Hal itulah yang membuat Anda harus ekstra hati-hati saat memegangnya untuk terhindar dari tergores atau bahkan memecahkan layar.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu melakukan beberapa upaya berikut ini, seperti yang dirangkum dari laman Makeuseof.

Cara Mencegah Ponsel dari Tergores dan Basah

Cara Mencegah Ponsel dari Tergores dan Basah

1. Gunakan Soft Case

Casing ponsel yang lembut dapat menyerap guncangan sehingga memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap benturan. Soft case sangat membantu untuk mencegah ponsel jadi rusak saat terjatuh.

Soft case juga akan mengurangi kemungkinan perangkat jadi tergelincir dan terjatuh karena memberikan pegangan yang lebih baik daripada hard case.

2. Gunakan Pelindung Tempered Glass untuk Layar Ponsel

Casing ponsel yang lembut dapat membantu melindungi bagian belakang perangkat dari goresan. Untuk layar depan, Anda bisa menggunakan tempered glass. Hal ini karena tempered glass mampu bertindak sebagai perisai dan melindungi layar dari goresan, serta memberikan ketahanan yang lebih baik jika tergores atau terbentur.

3. Gunakan Pelindung Lensa Kamera

Pada umumnya orang-orang tidak menggunakan pelindung lensa untuk melindungi kamera. Namun, ada baiknya jika Anda menutupi semua permukaan ponsel yang rentan tergores setiap saat.

Biasanya, casing ponsel mampu menutupi tonjolan kamera, tapi bisa jadi casing tersebut tidak memberikan perlindungan terhadap masing-masing lensa kamera.

4. Membersihkan Ponsel Secara Rutin

Menggunakan pelindung fisik hanya akan membantu Anda sampai batas tertentu. Seiring berjalannya waktu, partikel debu dan kotoran lainnya tetap dapat masuk di antara ponsel dan casing.

Saat terkumpul, partikel kecil ini dapat menimbulkan goresan-goresan kecil. Oleh karena itu, penting untuk mencegahnya dengan rutin membersihkan ponsel dan casing menggunakan kain mikrofiber yang lembut dan air bersih.

5. Gunakan Phone Grip

Phone grip berfungsi untuk memberikan pegangan ekstra di belakang ponsel sehingga Anda dapat memegangnya dengan lebih baik. Phone grip juga memastikan pegangan yang aman daripada memegang ponsel di permukaan yang datar dan terkadang licin.

Phone grip akan mengurangi kemungkinan ponsel tergelincir sehingga meminimalisir kemungkinan terjatuh secara tidak sengaja.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi ponsel dari benturan dan basah karena air.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 25 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS