5 Ciri-ciri yang Menandakan iPhone Anda Telah Diretas

Redaksi Daerah - Selasa, 30 April 2024 11:54 WIB
iPhone Anda Diretas? 5 Tanda Ini Tidak Boleh Diabaikan (iBox)

JAKARTA - Jika Anda salah satu dari sekian banyak pengguna yang menerima notifikasi atau pemberitahuan ancaman terbaru dari Apple di iPhone Anda, ada kemungkinan spyware sedang mencoba menyusupi perangkat Anda.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tandanya agar Anda lebih waspada dan segera mengetahui ketika Anda merasa iPhone sedang diretas.

Ciri-ciri iPhone yang Diretas

1. Mengalami Masalah Baterai

Salah satu indikasi utama dari iPhone yang diretas atau dihack atau terinfeksi oleh spyware adalah baterainya jadi cepat habis. Saat perangkat lunak atau software melacak dan memonitor panggilan telepon dan pesan teks di ponsel Anda, Anda mungkin mulai menyadari bahwa baterai terkuras lebih cepat serta ponsel terasa lebih panas. Anda juga bisa mengetahuinya dengan rutin memeriksa aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan baterai di menu Settings atau Pengaturan di iPhone.

2. Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Anda dapat memeriksa data apa saja yang digunakan oleh aplikasi di iPhone Anda untuk mendeteksi penggunaan data yang tidak normal. Jika Anda tiba-tiba kehabisan data seluler, hal tersebut bisa menjadi suatu indikasi bahwa layanan rahasia yang menyusup di ponsel Anda telah menggunakan data internet ponsel. Anda harus segera mengidentifikasi dan menyingkirkannya.

3. Muncul Aplikasi Tidak Dikenal

Jika baru-baru ini Anda menemukan aplikasi apapun di iPhone yang tidak Anda instal, hal itu mungkin bisa jadi suatu petunjuk bahwa iPhone Anda telah terinfeksi spyware. Selain bloatware, beberapa aplikasi ada yang disamarkan dengan nama sederhana atau bahkan disembunyikan dari daftar aplikasi. Periksa terus secara berkala aplikasi apapun yang tidak Anda kenali dan hapus instalannya dengan segera.

4. Kinerja iPhone Jadi Melambat

Jika kinerja iPhone Anda baru-baru ini semakin menurun, Anda tidak dapat memuat halaman web dengan benar atau Anda harus terus-menerus melakukan restart pada ponsel untuk membuat fungsinya bekerja lebih cepat, bisa jadi perangkat tersebut telah disusupi oleh software berbahaya yang sedang berjalan di latar belakang.

5. Aplikasi iPhone Berhenti Berfungsi

Jika aplikasi terkenal yang biasa Anda gunakan di iPhone seperti WhatsApp atau Instagram mulai macet, berhenti merespon, atau Anda keluar begitu saja tanpa penjelasan, iPhone mungkin kehabisan memori internal karena perangkat lunak atau software berbahaya telah menghabiskan sumber daya di ponsel Anda.

Itu tadi beberapa pertanda iPhone Anda telah diretas atau disusupi software berbahaya. Hati-hati dan jangan lupa diperiksa secara berkala.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 30 Apr 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS