5 Langkah Mudah untuk Berbelanja Lebih Hemat dan Menjaga Gaji

Redaksi Daerah - Kamis, 13 Juni 2024 19:08 WIB
5 Cara Agar Belanja Lebih Sedikit dan Berhenti Menghabiskan Gaji (Trenasia)

JAKARTA - Perkara mengelola gaji kerap membuat pusing banyak orang. Pasalnya, banyak orang mengeluh pendapatan yang mereka terima tidak sesuai dengan kebutuhan yang mereka miliki.

Selain itu, kebiasaan checkout wishlist di e-commerce terkadang membuat Anda menggunakan sebagian besar uang gaji untuk membeli barang-barang keinginan dan bukan kebutuhan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, bisa jadi tabungan Anda jadi cepat habis.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara agar Anda bisa belanja lebih sedikit dan berhenti menghabiskan gaji berikut ini.

Cara Mengurangi Pengeluaran dan Menjaga Gaji Tetap Aman

Buat Akun Khusus untuk Dana Belanja

Setiap kali Anda merasa tergoda untuk berbelanja atau membeli sesuatu, alihkan sejumlah uang seharga barang tersebut ke dalam rekening dana belanja Anda. Cara ini mungkin tidak umum, tetapi dapat memberikan waktu bagi Anda untuk mempertimbangkan apakah benar-benar perlu membeli barang tersebut. Jika Anda memutuskan untuk tidak membelinya, tabungan Anda tetap utuh.

Alihkan Fokus Anda

Saat ingin pergi ke mal atau membuka situs e-commerce, coba alihkan fokus Anda ke aktivitas lain. Berjalan-jalan sebentar dan mencari udara segar dapat membantu menjernihkan pikiran dari keinginan berbelanja. Meskipun terlihat sepele, cara ini efektif untuk mengalihkan perhatian dari aktivitas yang menghabiskan uang.

Pahami Penyebab Belanja Berlebihan

Penting untuk mengetahui alasan di balik kebiasaan belanja berlebihan. Apakah itu disebabkan oleh stres, kesedihan, atau kebutuhan nyata? Pahami lebih dalam penyebabnya dan cari tahu apa yang terjadi dalam hidup Anda yang memicu emosi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mencari solusi untuk menyelesaikan masalahnya.

Hapus Tautan Belanja Online

Jika Anda memiliki akses cepat ke toko online favorit, pertimbangkan untuk menghapusnya. Sembunyikan aplikasi e-commerce favorit atau nonaktifkan notifikasi dari toko online kesukaan Anda agar tidak tergoda untuk berbelanja.

Buat Daftar Belanja

Sebelum berbelanja, buatlah daftar barang yang benar-benar Anda butuhkan. Setelah daftar selesai, disiplinlah untuk hanya membeli barang-barang yang ada di daftar tersebut.

Demikian beberapa cara untuk mengurangi pengeluaran dan menjaga agar gaji Anda tetap aman. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 13 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS