5 Sinyal Sudah Saatnya Anda Mengundurkan Diri dari Pekerjaan

Redaksi Daerah - Selasa, 02 Juli 2024 19:31 WIB
5 Cara Mengetahui Kapan Saatnya Anda Harus Resign dari Pekerjaan (Freepik)

JAKARTA - Mungkin sulit bagi Anda untuk mengetahui kapan saatnya meninggalkan pekerjaan Anda saat ini. Lagipula tidak ada sebuah tanda neon raksasa yang akan muncul di atas kepala Anda yang memberitahukan bahwa inilah saatnya Anda pindah.

Meski begitu, ada beberapa tanda bahaya yang dapat Anda kenali dan membantu Anda mengetahui inilah saat yang tepat untuk mulai mencari pekerjaan baru.

Kondisi tersebut perlu Anda pahami karena ketidakpuasan saat bekerja dapat menimbulkan beberapa konsekuensi negatif seperti penurunan produktivitas dan tidak masuk kantor. Hal tersebut juga dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda.

Tidak ada pekerjaan yang sepadan dengan mengorbankan kesejahteraan Anda. Oleh karena itu, mungkin sudah saatnya untuk pindah jika Anda sudah tidak merasa bahagia dan tidak puas di tempat kerja tersebut.

Cara Mengenali Pertanda Anda Harus Resign dari Pekerjaan Sekarang

Cara Mengenali Pertanda Anda Harus Resign dari Pekerjaan Sekarang

1. Anda Tidak Dihormati atau Dihargai

Salah satu tanda yang paling jelas adalah jika Anda tidak merasa dihormati atau dihargai baik oleh atasan atau rekan kerja Anda. Jika Anda merasa promosi Anda terus-menerus diabaikan, ide dan masukan tidak pernah dihargai, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mulai mencari pekerjaan di tempat lain.

Rasa hormat dan penghargaan adalah faktor penting di tempat kerja manapun. Oleh karena itu, jika Anda merasa tidak mendapatkan keduanya, mungkins udah saatnya untuk berganti pekerjaan.

2. Anda Mendapatkan Micromanaging

Jika Anda merasa tidak bahagia di tempat kerja, salah satu alasannya bisa jadi karena Anda merasa diawasi secara ketat. Jika Anda terus-menerus diawasi dan dimonitor, maka akan sulit bagi Anda untuk merasa mampu melakukan beberapa pekerjaan dengan efektif. Selain itu, pengawasan ketat justru dapat menimbulkan perasaan tidak berdaya dan frustasi.

3. Anda Terus-menerus Stres dan Tidak Bahagia

Tanda lain yang menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan pekerjaan adalah jika Anda terus-menerus merasa stres dan tidak bahagia. Jika Anda merasa tidak senang dengan pekerjaan dan takut untuk pergi bekerja setiap hari, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mencari sesuatu yang baru.

Stres dan ketidakbahagiaan dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Jadi, jika Anda merasa kelelahan, penting untuk segera melakukan sesuatu yang dapat mengatasinya.

4. Anda Tidak Melihat Ruang untuk Bertumbuh

Mungkin sudah saatnya untuk pindah jika Anda merasa telah mencapai titik jenuh di pekerjaan Anda sekarang atau tidak melihat adanya ruang untuk berkembang.

Perlu Anda ketahui penting untuk merasa bahwa ada peluang bagi Anda untuk berkembang secara profesional. Namun, jika Anda tidak melihat hal tersebut di pekerjaan Anda saat ini, Anda bisa memulai proses pencarian kerja untuk membantu Anda menemukan posisi yang memberi Anda kesempatan untuk belajar dan berkembang sebagai seorang profesional.

5. Anda Tidak Dibayar Sesuai dengan Nilai Anda

Jika Anda meminta kenaikan gaji atau promosi dan ditolak atau merasa bias memperoleh gaji lebih besar di tempat lain, Anda bisa segera memulai proses pencarian kerja agar Anda meraih pekerjaan baru dengan gaji yang layak. Hal ini karena tidak seorang pun boleh tetap berada dalam posisi di mana mereka dinilai rendah atau digaji rendah.

Itu tadi beberapa ciri-ciri yang dapat Anda kenali untuk mengetahui saat yang tepat untuk segera keluar dari perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 02 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS