5 Strategi Menggunakan AI untuk Meraih Pekerjaan Impian

Redaksi Daerah - Kamis, 27 Juni 2024 20:53 WIB
5 Trik Gunakan AI untuk Bantu Anda Raih Pekerjaan Baru (Freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Seiring meningkatnya kemajuan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), membuat penerapannya sekarang semakin marak di kehidupan sehari-hari. AI sendiri sering dikaitkan dengan hilangnya pekerjaan dan potensinya untuk menggantikan manusia.

Meski begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan fungsinya dengan bijak. AI bahkan bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan peluang Anda agar bisa memperoleh pekerjaan baru.

Menggunakan tools AI dapat membuat Anda menonjol dari orang lain. Perangkat tersebut tidak hanya dapat membantu Anda dalam berbahasa jika hal itu bukan keahlian Anda, tapi juga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Berikut cara menggunakannya, seperti yang dirangkum dari HT Tech.

Cara Memanfaatkan AI untuk Mendapat Pekerjaan Baru

Cara Memanfaatkan AI untuk Mendapat Pekerjaan Baru

1. Gunakan ChatGPT untuk Membuat Surat Lamaran

Sebelumnya jangan salah paham. Hal ini bukan berarti menyarankan Anda meminta ChatGPT untuk menulis seluruh surat lamaran Anda.

Anda hanya perlu mempersiapkan sendiri narasinya, dapatkan detail yang ingin berikan ke surat lamaran, lalu minta ChatGPT untuk menyempurnakannya, memeriksa jika ada kesalahan tata bahasa, atau mungkin menambahkan pilihan kata yang lebih bermakna.

2. Persiapkan Wawancara Menggunakan

Setiap wawancara baru dapat menjadi tantangan dan menegangkan, tidak peduli berapa banyak wawancara yang telah Anda jalani. Namun sejak ada GPT-40, alat suara di ChatGPT menjadi lebih lancar dan terdengar lebih alami.

Anda dapat mengunduh aplikasi ChatGPT di ponsel Anda, masuk ke bagian suara, dan simulasikan skenario wawancara dengan ChatGPT yang bertindak sebagai pewawancara dari perusahaan tempat Anda melamar. Anda bisa menentukan peran dan mintalah untuk mengajukan pertanyaan yang relevan.

3. Gunakan Meta AI untuk Menguji Anda tentang Topik Tertentu

Meta AI bisa Anda manfaatkan untuk menguji diri Anda sendiri tentang topik tertentu. Misalnya, jika Anda tahu wawancara dari perusahaan teknologi akan berfokus pada Python, maka Anda bisa meminta Meta untuk menyiapkan pertanyaan pilihan ganda untuk menguji agar Anda benar-benar siap menghadapi wawancara.

4. Gunakan AI dari Google untuk Merangkum Email

Gmail sekarang menawarkan kemudahan untuk meringkas email sehingga memungkinkan Anda mendapatkan informasi dari email dengan lebih cepat. Fitur ini juga membuat Anda lebih menghemat waktu saat mengelola beberapa email sekaligus.

Meski begitu, tetap ingatlah untuk tetap membaca email penting secara lengkap agar Anda tidak melewatkan detail yang krusial.

5. Gunakan Aplikasi Microsoft Copilot untuk Membangun Brand Anda

Self branding baik pada resume maupun media sosial Anda akan membedakan Anda dari kandidat yang lain. Tools AI seperti Copilot dapat menghasilkan gambar berdasarkan teks yang diminta, baik itu suatu karikatur kartun untuk media sosial atau elemen untuk CB Anda. Kemungkinan untuk membuat gambar menggunakan AI generatif tidak terbatas, tapi tetap ingat untuk membuat prompt yang baik agar Anda memperoleh hasil yang terbaik.

Itu tadi beberapa cara menggunakan AI untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan baru. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 27 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS