5 Tips Hemat Memberikan Hadiah kepada Orang Terdekat

Redaksi Daerah - Selasa, 21 Mei 2024 13:51 WIB
5 Cara Hemat Memberi Kado kepada Orang Terdekat (Freepik)

JAKARTA - Anda tentu kerap menghadapi momen saat harus memberikan kado atau bingkisan kepada orang terdekat, baik itu sahabat, teman dekat, atau saudara, dan keluarga. Meski begitu, di saat-saat tersebut belum tentu Anda memiliki uang ekstra.

Mungkin, Anda merasa tidak nyaman ketika memutuskan tidak memberi kado. Namun, memberi kado mungkin akan terasa sangat memberatkan apalagi ketika uang Anda tinggal sedikit.

Bagi Anda yang sedang mengalaminya, jangan khawatir. Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap memberi bingkisan terbaik kepada orang terdekat tanpa harus menyakiti tabungan Anda.

Berikut penjelasannya.

Cara Memberi Kado Tanpa Bikin Boros

1. Tetapkan Batasan dan Anggaran

Sebelum Anda mulai berbelanja kado, mulailah dengan memutuskan berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan. Penting untuk menetapkan batasan pengeluaran Anda dan menetapkan anggaran sesuai kemampuan.

Selain itu, pastikan untuk menetapkan anggaran yang realistis. Lihat apa yang Anda habiskan tahun lalu, pikirkan pengeluaran Anda, dan tentukan berapa banyak uang yang Anda butuhkan berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

2. Buat Daftar Hadiah dan Jangan Merasa Harus Memberikan Hadiah kepada Semua Orang

Buatlah daftar orang-orang yang ingin Anda berikan hadiah. Jangan merasa bahwa Anda harus memberikan hadiah kepada semua orang.

Saat membuat daftar, prioritaskan dan tuliskan terlebih dahulu nama-nama orang yang paling penting dalam daftar Anda. Setelah itu, tuliskan kepada siapa Anda ingin memberikan hadiah jika Anda memiliki sisa uang yang cukup dalam anggaran Anda.

3. Cari Diskon

Anda bisa mencari hadiah yang penjualnya menawarkan diskon atau potongan harga. Perhatikan kapan barang mulai dijual, tapi jangan tergoda untuk membeli sesuatu hanya karena barang tersebut sedang dijual dan harganya tampak sesuai dengan barang yang Anda beli.

4. Berikan Hadiah yang Kreatif dan Bijaksana

Pikirkan cara yang lebih murah dan kreatif untuk memberikan hadiah kepada orang-orang. Anda bisa memberikan hadiah buatan sendiri, roti, atau dessert yang Anda masak sendiri.

5. Fokus dengan Waktu, Bukan Uang

Ingatlah bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memberikan hadiah. Beberapa hadiah terbaik mungkin justru tidak berwujud, seperti memberikan kupon spa atau perawatan treatment langganan teman Anda, memberikan roti hasil buatan Anda, dan sebagainya.

Kado tersebut memang tidak mahal, tapi hadiahnya tak ternilai harganya. Penerima hadiah tentu akan merasa tersentuh dengan usaha Anda dalam membuat hadiah tersebut.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya saat memberikan kado ke orang terdekat. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 21 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah
Tags HematcarakadohadiahBagikan

RELATED NEWS