5 Tips Jitu agar Lamaran Kerja Anda Segera Diterima

Redaksi Daerah - Selasa, 28 Mei 2024 15:28 WIB
5 Tips Jitu Melamar Pekerjaan Agar Cepat Dapat Kerja (Surabaya.go.id)

JAKARTA - Melamar pekerjaan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan agar Anda bisa meraih pekerjaan impian Anda. Namun, ternyata tidak semua orang memiliki keterampilan melamar kerja dengan baik.

Jika Anda sedang kesulitan untuk melamar kerja, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini agar segera meraih pekerjaan impian Anda.

Strategi Jitu Melamar Pekerjaan

Strategi Jitu Melamar Pekerjaan

1. Sesuaikan Resume Anda dengan Pekerjaan yang Anda Lamar

Sebelum Anda melamar suatu pekerjaan, Anda perlu memastikan resume dan surat lamaran Anda spesifik untuk pekerjaan tersebut. Jangan merasa perlu untuk memasukkan semua pengalaman yang telah Anda miliki.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menyertakan keterampilan yang mendukung Anda dalam posisi yang sedang Anda lamar. Resume yang bersih dan disesuaikan akan memberikan kesan pertama yang baik.

2. Periksa Resume dan Surat Lamaran Sebelum Mengirimnya

Setelah itu, pastikan resume dan surat lamaran Anda bebas dari kesalahan. Lakukan verifikasi semua nama perusahaan Anda sebelumnya, dan jangan menambahkan referensi sampai diminta serta pastikan informasi kontak Anda terlihat dan akurat.

3. Teliti Perusahaan yang Anda Lamar

Saat Anda melamar pekerjaan, penting untuk meneliti perusahaan tempat Anda melamar terlebih dahulu. Upaya ini akan membantu Anda mengetahui apakah Anda benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut atau tidak dan akan membantu Anda menjalani proses wawancara jika Anda mendapat kabar dari perekrut.

4. Bacalah Lowongan Pekerjaan dengan Cermat

Sangat penting bagi Anda untuk membaca lowongan pekerjaan perusahaan secara keseluruhan untuk memahami jenis karyawan yang mereka cari. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apa yang diminta dari Anda dan menghemat banyak waktu Anda berdua.

5. Tanyalah ke Jaringan Anda

Banyak pekerjaan hingga saat ini ditemukan dari mulut ke mulut dan jaringan atau networking. Itu artinya penting untuk terus menjalin hubungan dengan orang lain di bidang Anda untuk membuka lebih banyak peluang bagi Anda saat ini atau di masa depan.

Itu tadi beberapa cara atau strategi yang bisa Anda lakukan agar segera meraih pekerjaan baru. Namun, jika Anda belum mendapat kabar dari perusahaan, teruslah melamar ke berbagai pekerjaan atau perusahaan yang membuka lowongan. Hal ini akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan jika peluang tersebut tidak berhasil.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melamar pekerjaan agar cepat dapat kerja. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 28 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS