6 Hal yang Harus Anda Periksa Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Redaksi Daerah - Kamis, 04 Juli 2024 16:29 WIB
6 Pertimbangan Penting Sebelum Menerima Tawaran Kerja (Freepik/yanalya)

JAKARTA – Bekerja adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperoleh uang. Uang tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, manusia bekerja juga untuk mendapatkan rasa aman, kepuasan, dan mengembangkan potensi diri dalam pekerjaannya.

Nah, jika Anda sudah memasuki usia kerja, tentu saja kalian akan bekerja terlebihmencari pekerjaan yang sesuai kemampuan bukan? Tidak hanya itu, Anda juga pasti menginginkan lingkungan kerja yang baik, gaji yang layak, jenjang karir yang cemerlang dan lain sebaginya.

Namun, perlu Anda ketahui. Sebelum Anda menandatangai kontrak kerja di tempat baru, alangkah baiknya membaca dan memeriksanya terlebih dahulu. Untuk lebih lanjut, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempertimbangkan tawaran kerja.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Gaji yang Sesuai

Pahami dulu tugas-tugas yang akan Anda kerjakan di tempat kerja baru. Jika melihat tawaran gaji yang besar, pastikan angka tersebut sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda kerjakan, atau mungkin kurang. Sebab, gaji tinggi belum tentu sepadan dengan beban kerja di kantor.

Menanyakan gaji saat tahap penerimaan tawaran kerja adalah hal yang wajar, jadi jangan ragu untuk bertanya. Pastikan gaji bersih yang disepakati sesuai dengan kebutuhan hidup. Jika tidak, Anda bisa mencoba bernegosiasi dengan HR mengenai gaji.

Sampaikan keinginan Anda dengan hati-hati. Pilih kata-kata yang sopan saat mengajukan negosiasi dengan HR. Negosiasi gaji ini juga harus didukung dengan fakta dan data untuk meyakinkan HR bahwa Anda memang layak mendapatkan angka yang lebih tinggi dari tawaran mereka.

2. Jenjang Karir

Mengetahui jenjang karir di suatu perusahaan sangat penting. Dengan memahami jenjang karir, Anda bisa melihat bagaimana perusahaan menghargai kinerja Anda di masa depan.

Apakah dalam beberapa tahun ke depan Anda bisa meraih posisi yang lebih baik, berkembang sebagai individu dan karyawan, serta mendapatkan gaji yang lebih tinggi?

Pastikan Anda mengetahui ini sebelum menandatangani tawaran pekerjaan. Hal ini sangat penting, terutama bagi fresh graduate. Selain gaji, jenjang karier merupakan motivasi kerja yang menjanjikan di sebuah perusahaan.

Jika ada peluang karir yang baik di suatu perusahaan untuk jangka panjang, tentu Anda akan lebih termotivasi untuk produktif dan memberikan performa terbaik.

3. Cari Tahu Mengenai Fasilitas Kantor

Saat Anda bekerja di sebuah perusahaan, perusahaan harus menyediakan fasilitas seperti asuransi kesehatan, cuti, laptop/komputer, atau tunjangan lainnya sesuai dengan kebijakan kantor. Jadi, sebelum menerima pekerjaan, penting untuk menanyakan fasilitas apa saja yang akan Anda peroleh selama bekerja di sana.

4. Perhatikan kontrak kerja

Sering kali, kontrak kerja yang panjang membuat malas membacanya. Namun, Anda harus membaca kontrak tersebut dengan detail. Sebab hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan apakah status kerjamu tetap atau kontrak. Jika kontrak, pahami jenis kontrak yang ditawarkan. Juga, pelajari tentang pemutusan kerja, resign, dan semua hal yang tercantum dalam kontrak kerja.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja termasuk adanya penalti saat resign, peluang menjadi karyawan tetap setelah masa kontrak, dan lain-lain. Bacalah dengan teliti, pikir dengan benar dan jangan terburu-buru untuk menandatangani kontrak.

5. Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda di tempat kerja. Meskipun gaji besar dan pekerjaan sesuai dengan minatmu, jika lingkungan kerjanya tidak sehat, kemungkinan besar Anda tidak akan betah di sana dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, jika Anda merasa tidak cocok dengan lingkungan atau budaya kerja perusahaan yang menerima Anda, pertimbangkanlah dengan matang. Jangan sampai Anda menerima pekerjaan lalu merasa tidak betah dan resign dalam waktu singkat. Hal ini dapat berdampak negatif pada riwayat CV Anda di masa depan. Maka dari itu, cari tahulah lingkungan kerja tempat baru Anda.

6. Pahami Job Description

Saat wawancara dengan HR atau user, penting untuk menanyakan job description Anda. Dengan memahami ini sejak awal, Anda bisa menilai apakah tugas-tugas tersebut sesuai dengan keahlian dan minat yang Anda miliki.

Di samping itu, beberapa perusahaan memberikan tanggung jawab kerja yang lebih besar tanpa tambahan insentif atau gaji. Fresh graduate yang baru pertama kali bekerja harus berhati-hati dengan hal ini. Untuk menghindarinya, tanyakan secara jelas mengenai deskripsi pekerjaan dan tanggung jawabmu nanti.

Usahakan semua itu dituliskan dan ditandatangani agar jelas dan terdokumentasi dengan baik, seperti halnya kontrak kerja dan tawaran pekerjaan.

Itu dia hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menerima tawaran pekerjaan. Anda tidak perlu buru-buru namun jangan membuat HR terlalu lama menunggu. Intinya, pikirkan dengan matang dan pastikan Anda sudah memahami semua sebelum menerima atau justru sebaliknya pada tawaran kerja tersebut.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 30 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 04 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS