7 Barang yang Tidak Boleh Tertinggal oleh Jemaah Haji di Tanah Suci

Redaksi Daerah - Selasa, 28 Mei 2024 11:25 WIB
Musim Haji Dimulai, Ini 7 Barang yang Wajib Dibawa ke Tanah Suci

JAKARTA - Seperti yang telah Anda ketahui para jemaah haji mulai menjalankan rangkaian ibadah sunah dan umroh di Tanah Suci sebelum puncak haji yang akan dimulai pada 14 hingga 19 Juni 2024.

Adapun menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang wajib bagi umat muslim yang mampu. Bagi calon jemaah haji ada baiknya memahami urutan kegiatan haji untuk kelancaran ibadah. Mulai dari niat, tawaf, sa'i.

Dilanjutkan dengan memakai ihram, tarwiyah, wukuf, bermalam di Muzdalifah, jumroh aqabah, tahalul awal, tawaf ifada, sa'i, tahalul tsani, nafar awal, jumroh dan tawaf wada.

Selain memerlukan fisik kuat dan mental sebelum berangkat menunaikan ibadah haji di Mekah. Ada baiknya para jemaah membawa 7 perlengkapan wajib ini.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Jemaah Saat Ibadah Haji ke Tanah Suci

1. Paspor dan Dokumen Perjalanan

Dokumen utama yang harus dipersiapkan untuk perjalanan internasional yaitu paspor termasuk perjalanan ke tanah suci. Pastikan paspor Anda berlaku minimal 6 bulan setelah tanggal kembali yang direncanakan.

Tak hanya paspor pastikan anda juga membawa dokumen-dokumen lain seperti visa haji, tiket pesawat dan dokumen identitas lainnya.

2. Baju Ihram

Ihram adalah pakaian khusus yang dipakai oleh jamaah haji selama menjalankan ibadah haji. Pastikan Anda membawa setidaknya dua lembar pakaian ihram yang bersih dan nyaman. Pastikan juga untuk memilih pakaian yang terbuat dari bahan yang ringan dan mudah menyerap keringat untuk menghindari ketidaknyamanan selama perjalanan.

3. Tas Selempang Kecil

Para calon jemaah haji ada baiknya membawa tas selempang kecil, hal ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang-barang seperti identitas pribadi, sunblock, kacamata, payung air mineral hingga masker untuk terhindar dari debu. Jangan lupa selipkan identifikasi medis dan kontak darurat dalam tas Anda.

Tas selempang kecil ini harus diisi dengan barang-barang yang kecil dan praktis digunakan saat ibadah haji. Hal ini akan memudahkan para jemaah untuk melaksanakan ibadah tanpa harus membawa banyak barang.

4. Obat-Obatan Pribadi

Pastikan untuk membawa persediaan obat-obatan penting yang mungkin Anda butuhkan selama perjalanan dan selama tinggal di tanah suci. Ini termasuk obat-obatan untuk penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi, serta obat-obatan umum seperti obat pereda nyeri dan obat anti-diare.

5. Perlengkapan Kesehatan dan Kebersihan

Selama musim haji, jamaah akan berada dalam kerumunan besar dan berbagi fasilitas umum. Oleh karena itu, penting untuk membawa perlengkapan kesehatan dan kebersihan pribadi, termasuk tisu basah, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan perlengkapan mandi.

6. Uang Tunai dan Kartu Kredit

Pastikan Anda membawa cukup uang tunai dalam mata uang lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama di tanah suci. Selain itu, bawa juga kartu kredit atau kartu debit sebagai cadangan, tetapi pastikan untuk memeriksa dengan bank Anda tentang biaya dan batasan penggunaan kartu di luar negeri.

7. Peralatan Elektronik

Meskipun Anda mungkin ingin tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman selama perjalanan, perhatikan bahwa penggunaan peralatan elektronik seperti ponsel dan kamera bisa sangat terbatas di beberapa area di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Pastikan untuk membawa power bank dan adapter listrik agar Anda tetap dapat menggunakan peralatan elektronik Anda dengan baik.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 28 May 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 28 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS