7 Cara Efektif Meningkatkan Kebahagiaan di Tempat Kerja

Redaksi Daerah - Selasa, 02 Juli 2024 21:04 WIB
7 Cara Agar Anda Makin Bahagia di Tempat Kerja (Pexels / Fox)

JAKARTA - Penting untuk merasa bahagia di tempat kerja. Hal ini karena perasaan bahagia mampu meningkatkan kesehatan mental, produktivitas, dan reputasi Anda.

Jika Anda bekerja secara penuh waktu, kantor tentu menjadi salah satu tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda selama seminggu. Oleh karena itu, perlu untuk mengembangkan pola pikir positif di kantor. Berikut caranya, seperti yang dirangkum dari Indeed.

Cara Menjaga Kebahagiaan di Tempat Kerja

Cara Menjaga Kebahagiaan di Tempat Kerja

1. Pahami Bahwa Pekerjaan Anda Memiliki Makna

Apapun jabatan Anda atau perusahaan tempat Anda bekerja, tanggung jawab yang Anda lakukan memiliki dampak penting. Perusahaan Anda mungkin mengandalkan Anda untuk memenuhi tujuannya dan pekerjaan yang Anda lakukan bermanfaat bagi orang banyak.

Itu artinya apa yang Anda lakukan tetap memiliki makna dan diakui karena membantu orang lain. Hal ini akan membantu Anda lebih bahagia tentang pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

2. Katakan Terima Kasih

Basa-basi yang umum dilakukan seperti mengucapkan terima kasih dapat membuat perbedaan besar dalam interaksi Anda sehari-hari di tempat kerja. Ketika Anda berterima kasih kepada rekan kerja Anda, hal itu menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai waktu dan pengetahuan mereka. Aksi yang terkesan sederhana ini bahkan mampu membuat hubungan Anda dengan rekan kerja jadi lebih kuat.

3. Minta Feedback

Jika Anda lebih bahagia ketika diberi feedback, cobalah untuk memintanya. Feedback dapat memberi Anda suatu penguatan yang positif dan memberi Anda informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keterampilan Anda dan memperhitungkan setiap kesenjangan dalam pengalaman Anda. Hal ini juga akan meningkatkan hubungan Anda dengan manajer karena mereka akan merasa Anda sangat bertanggung jawab terhadap kinerja perusahaan.

4. Minta Lebih Banyak Tanggung Jawab

Beberapa karyawan mungkin akan lebih senang ketika memiliki otonomi. Pertimbangkan untuk meminta lebih banyak tanggung jawab kepada atasan Anda. Selain itu, Anda dapat memberi mereka update tentang bagian-bagian tertentu dari proyek yang sedang Anda lakukan.

5. Pertahankan Work Life Balance yang Sehat

Anda bisa menetapkan batas antara tanggung jawab pribadi dan profesional Anda dapat meningkatkan kebahagiaan Anda. Hal ini juga meningkatkan kepuasan kerja Anda.

6. Gunakan Waktu Istirahat Anda

Jika Anda memiliki tambahan cuti, cobalah untuk mulai menggunakannya. Anda dapat memanfaatkannya untuk liburan jauh dari kantor.

Bahkan, jika Anda hanya menjelajahi kota tempat Anda tinggal, hal itu bisa menjadi momen istirahat yang menyenangkan dan Anda bisa kembali merasa segar dan bahagi.

7. Membina Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Bagian dari bekerja dengan kelompok yang baik adalah memahami bagaimana berkomunikasi dengan kepribadian yang unik. Meski Anda mungkin tidak dapat menyesuaikan sikap orang lain, Anda tetap dapat menyesuaikan bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka untuk membantu Anda menjaga kebahagiaan.

Jika Anda mengalami perselisihan dengan rekan kerja, pertimbangkan untuk menghitung sampai 10 sebelum menanggapi atau berbicara dengan mereka.

Itu tadi beberapa cara menjaga kebahagiaan di tempat kerja Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 02 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS