7 Tips Mudah Merawat Baterai Ponsel Fast Charging

Redaksi Daerah - Rabu, 29 Mei 2024 14:01 WIB
7 Cara Menjaga Battery Health Ponsel yang Memiliki Fitur Fast Charging (Freepi)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, kemudahan mengakses smartphone kapan saja sekarang seolah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan baterai ponsel terisi dengan optimal dan bisa tahan lama.

Melihat kebutuhan para konsumen, membuat para produsen smartphone tampaknya selalu berinovasi, salah satunya dengan menghadirkan fitur fast charging pada ponsel. Namun, fitur fast charging memang memudahkan pengguna untuk mengisi daya secara cepat, hal itu juga berdampak pada battery health.

Panas adalah penyebab utama dalam mempercepat degradasi baterai. Meski fast charging jika sesekali dilakukan tidak merugikan, mengandalkan fast charging secara terus menerus justru memperpendek umur baterai.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut, seperti yang dirangkum dari Gizchina.

Cara Memanfaatkan Fast Charging Agar Tidak Merusak Battery Health Ponsel

Cara Memanfaatkan Fast Charging Agar Tidak Merusak Battery Health Ponsel

1. Menerapkan Strategi Saat Melakukan Fast Charging

Fast charging dapat Anda manfaatkan untuk situasi ketika Anda memerlukan peningkatan daya secara cepat, seperti sebelum rapat atau jalan-jalan. Untuk pengisian daya sampai semalaman atau saat waktu tidak menjadi kendala, pilih pengisi daya yang lebih lambat untuk meminimalkan timbulnya panas berlebihan.

2. Atasi Masalah Suhu

Hindari mengisi daya ponsel Anda di lingkungan yang terlalu panas, karena dapat memperburuk efek negatif akibat fast charging.

3. Pertimbangkan Efisiensi Pengisian Daya Nirkabel

Meskipun nyaman, pengisian daya nirkabel ternyata dapat menghasilkan lebih banyak panas dan mengonsumsi lebih banyak energi dibandingkan dengan pengisian daya berkabel.

4. Pertahankan Tingkat Baterai Optimal Ponsel Anda

Hindari membiarkan baterai ponsel Anda turun di bawah 20% atau melebihi 80% secara terus menerus. Usahakan baterai ponsel Anda tetap berada dalam kisaran 20-80%untuk memperpanjang masa pakai baterai.

5. Kalibrasi Baterai Anda Secara Berkala

Sebagian besar produsen ponsel menyarankan kalibrasi baterai secara berkala untuk memastikan pembacaan yang akurat.

6. Perbarui Perangkat Lunak Anda

Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan pengoptimalan untuk manajemen penggunaan baterai. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memperbarui perangkat lunak ponsel agar dapat meningkatkan masa pakai baterai.

7. Berinvestasi pada Perangkat Pengisi Daya Berkualitas

Menggunakan pengisi daya bersertifikat dari merek terkemuka atau terpercaya akan membantu memastikan praktik pengisian daya yang aman dan efisien.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga battery health ponsel dari efek negatif akibat fitur fast charging.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 29 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS