8 Alasan Uang Anda Habis Tanpa Anda Sadari

Redaksi Daerah - Senin, 08 Juli 2024 15:26 WIB
8 Hal yang Membuat Uang Anda Tanpa Sadar Terkuras (Freepik/drobotdean)

JAKARTA – Tidak dapat dipungkiri, mengatur keuangan bukan hal yang mudah. Meski sudah mendapatkan gaji atau pendapatan, membuat uang terus bertambah bisa menjadi tantangan yang sulit.

Kenapa bisa begitu? Setiap hari, tampa disadari kita membeli berbagai barang. Hal ini tentu saja menghabiskan uang secara percuma untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Maka dari itu, penting untuk berhati-hati agar tidak menghabiskan uang guna membeli hal-hal yang tidak perlu.

Kira-kira hal-hal kecil apa saja yang membuat uang terkuras secara percuma? Yuk, simak artikel berikut!

Hal Kecil yang Membuat Uang Terkuras

Ilustrasi uang rupiah (Foto:EmAji/Pixabay)

Berikut beberapa hal yang membuat uang Anda gampang terkuras:

1. Impulsif

Gaya hidup impulsif atau konsumtif sering kali menjadi penyebab utama terkurasnya isi dompet. Orang yang memiliki sifat ini cenderung menghabiskan uang untuk barang-barang yang diinginkan, bukan yang dibutuhkan.

2. Mementingkan Gengsi

Memiliki rasa gengsi sebenarnya tidak masalah, karena bisa memotivasi seseorang untuk berbuat lebih baik. Namun, jika terlalu berlebihan, gengsi justru bisa merugikan dan menguras isi dompet.

Hal ini terjadi ketika rasa gengsi membuat seseorang membeli berbagai barang dengan harga fantastis tanpa memperhitungkan pemasukan yang memadai.

3. Transaksi Beda Bank

Bertransaksi secara online memang memberi kemudahan praktis. Namun, sayangnya, aktivitas ini bisa sedikit membebani keuangan. Hal ini disebabkan adanya biaya admin untuk setiap transaksi antar bank. Biaya admin inilah yang berpotensi membebani keuangan, terutama ketika sering melakukan transaksi antar bank.

4. Tarik Tunai di Minimarket

Ketika tidak menemukan mesin ATM, pasti Anda memilih untuk menarik uang tunai di minimarket terdekat, bukan? Untuk melakukan penarikan uang yang dibutuhkan, Anda harus melakukan transaksi dengan jumlah nominal tertentu. Akibatnya, Anda malah menghabiskan uang untuk berbelanja produk yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

5. Denda Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang sangat praktis. Cukup gesek, dan Anda bisa membawa pulang produk impian Anda. Namun, jangan lupa untuk membayar cicilan tepat waktu. Jika terlambat, denda yang dikenakan bisa menguras saldo rekening Anda. Ketika seseorang terlambat membayar tagihan, biasanya akan dikenakan sejumlah denda.

Meskipun jumlah denda keterlambatan biasanya tidak terlalu besar, jika terus-menerus terjadi, hal ini dapat memberatkan kondisi keuangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak terlambat dalam membayar tagihan.

6. Tidak Membandingkan Harga

Membandingkan harga sebelum membeli barang adalah hal yang wajib dilakukan. Meskipun barang yang dibeli sama, setiap toko mungkin memiliki harga yang berbeda.

Meski selisih harganya seringkali tidak terlalu jauh, jika membeli dalam jumlah besar, perbedaannya bisa cukup membebani keuangan, lho! Oleh karena itu, penting untuk selalu membandingkan harga sebelum melakukan pembelian.

7. Membeli Makanan Siap Saji

Saat ini, banyak toko menyediakan makanan siap saji. Anda hanya perlu memanaskan makanan tersebut sebelum dihidangkan, bahkan ada yang langsung tinggal di makan. Namun, dengan memasak sendiri di rumah, Anda bisa menghemat uang. Dengan cara ini, Anda dapat menambah tabungan di rekening pribadi.

8. Kopi

Membeli kopi di kedai-kedai tertentu bisa membuat Anda mengeluarkan uang secara percuma, terutama jika dilakukan setiap hari. Lebih baik membuat dan membawa kopi dari rumah untuk menghemat uang Anda.

Itu dia beberapa hal yang membuat uang Anda cepat terkuras habis. Jadi, sekecil apapun perhatikan kantong Anda! Jika kebiasaan ini terus dilakuakn, sikap boros tersebut dapat menguras uang dan merugikan Anda dalam jumlah besar.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 07 Jul 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 08 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS