8 Strategi Mendapat Passive Income Meski Masih Kuliah

Redaksi Daerah - Selasa, 28 Mei 2024 10:18 WIB
8 Cara Mudah Mendapat Passive Income Meski Masih Mahasiswa (Foto: Pexels.com/Vlada Karpovich)

JAKARTA - Mencari uang memang bisa menjadi tantangan bagi mahasiswa. Hal ini karena jadwal kerja bisa mengganggu perkuliahan mereka. Hal inilah yang akhirnya memicu para mahasiswa untuk sebisa mungkin memperoleh pendapatan pasif atau passive income yang tidak memerlukan komitmen waktu yang banyak.

Jika Anda masih menjadi mahasiswa dan mengalami hal-hal tersebut, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang sambil tetap fokus pada studi. Oleh karena itu, simak deretan tips berikut ini.

Tips Mendapatkan Passive Income Meski Sedang Berkuliah

Tips Mendapatkan Passive Income Meski Masih Berkuliah

1. Streaming Video Game Online

Saat ini menonton orang bermain video game sudah menjadi hal yang lumrah bahkan jadi suatu bentuk hiburan tersendiri bagi orang-orang di seluruh dunia.

Bahkan, beberapa streamer video game mampu menghasilkan cukup uang yang membuat mereka yakin untuk berhenti dari pekerjaan utama mereka dan melakukan streaming penuh waktu.

Kabar baiknya, Anda tidak memerlukan banyak pengikut untuk menghasilkan uang tambahan dengan melakukan streaming video game ini. Jumlah pengikut yang sedikit untuk streaming video game reguler tetap dapat memberikan pendapatan pasif meski kecil tetap bermanfaat.

2. Jual Stok Foto

Jika Anda tertarik atau memiliki passion dengan fotografi, menjual foto koleksi Anda sebagai stok foto dapat menjadi sumber penghasilan pasif yang tepat. Anda dapat menjual foto ke perusahaan dengan harga satu kali.

Selain itu, ada juga situs web yang memudahkan Anda memposting foto dan menerima persentase uang setiap kali ada seseorang yang membeli hak untuk menggunakannya.

3. Menjadi Key Opinion Leader atau Influencer

Menjadi seorang influencer di media sosial ternyata dapat memudahkan Anda untuk memperoleh passive income. Seperti yang Anda ketahui, berbagai platform media sosial menawarkan opsi untuk memonetisasi postingan dan memberi Anda sejumlah uang berdasarkan engagement yang terjadi di akun Anda.

Selain itu, jika engagement di media sosial Anda cukup tinggi, sponsor akan membayar Anda untuk mempromosikan suatu brand secara online sehingga akan menguntungkan Anda.

4. Beriklan dengan Mobil Anda

Beberapa perusahaan dapat mempekerjakan Anda untuk memasang iklan mereka di mobil Anda. Jumlah yang yang peroleh tentu tergantung di mana Anda tinggal, perusahaan yang tertarik dengan jasa Anda, dan seberapa jauh Anda berkendara.

Selain itu, Anda juga dapat memasang beberapa iklan di mobil secara bersamaan untuk meningkatkan penghasilan tambahan Anda.

5. Jual Barang Secara Online

Ada banyak situs web termasuk platform media sosial yang memudahkan Anda untuk menjual barang. Anda bisa menjual barang bekas seperti pakaian, barang elektronik, dan buku. Jika Anda menyukai kerajinan tangan, Anda juga bisa menjual barang-barang tersebut.

6. Jual Buku Pelajaran Anda

Di akhir semester perkuliahan atau pelajaran, pertimbangkan untuk menjual buku pelajaran lama Anda. Toko buku perkuliahan seringkali mau membayar buku pelajaran atau kuliah lama Anda dengan harga murah.

Jika Anda ingin mendapatkan uang lebih banyak, Anda bisa mencoba menjualnya ke mahasiswa lain dengan harga yang lebih rendah daripada harga yang mungkin mereka bayarkan di toko buku.

7. Buat Kursus Online

Hal ini sangat tepat bagi Anda yang memiliki keahlian tertentu. Anda bisa membuat kursus online tentang skill yang Anda kuasai.

Kursus online tersebut bisa jadi les memainkan alat musik, membuat kerajinan tangan, melukis, atau menggunakan perangkat lunak tertentu. Selain memasarkan keahlian Anda di media sosial, Anda juga bisa memposting kursus online tersebut melalui video yang dapat Anda monetisasi.

Ada juga situs web yang memang didedikasikan untuk kursus online yang memudahkan Anda untuk mempostingnya dan memberikan biaya akses kepada penggunanya.

8. Mencetak Desain Anda pada Merchandise

Jika Anda memiliki passion tentang desain dan sudah memiliki ciri khusus pada desain Anda, Anda bisa mencetak desain tersebut di barang dagangan Anda seperti stiker, kaus oblong, poster, mug, dan topi. Ada beberapa situs web yang memungkinkan Anda untuk membuat profil toko dan mengunggah desain yang dijual, dicetak, dan dikirimkan oleh situs web tersebut untuk Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pendapatan pasif atau passive income meski sedang berkuliah. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 28 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS