9 Serial Drakor Kedokteran yang Wajib Ditonton

Redaksi Daerah - Kamis, 27 Juni 2024 11:52 WIB
9 Drakor Bertema Kedokteran yang Harus Masuk Daftar Tonton (imdb)

JAKARTA – Korea Selatan tampaknya tak pernah kehabisan ide untuk membuat tema drama Korea. Tak hanya mengisahkan tema romantis, slice of life, horror maupun komedi, drakor juga memiliki tema lain seperti kedokteran atau medis.

Drama Korea bertema kedokteran ini tidak hanya mengisahkan kisah percintaan tetapi juga menyajikan pengetahuan baru yang menarik. Saat ini, banyak orang yang menikmati cerita tentang dunia kedokteran.

Apalagi cerita di dunia medis akhir-akhir ini begitu menarik untuk diikuti. Untuk kalian yang tertarik dengan drakor berlatar belakang kedokteran, berikut rekomendasi drakor dengan tema medis yang wajib kalian tonton.

Rekomendasi Drakor Bertema Medis

Berikut ini rekomendasi drakor bertema medis, antara lain:

1. Hospital Playlist

Hospital Playlist (asianwiki)

Drama ini mengisahkan lima sahabat yang telah menjalin persahabatan sejak kuliah hingga menjadi dokter rumah sakit yang sama namun dengan spesialisasi yang berbeda. Mereka adalah Joo Hwan (Jung Kyungho), Ik Joon (Jo Jung Seok), Seok Myung (Kim Dae Myung), Jung Won (Yoo Yeon Seok), dan Song Hwa (Jeon Mi Do).

Serial ber-genre slice of life ini menggambarkan kehidupan sehari-hari para dokter di Yulje Medical Center. Meskipun sibuk dan memiliki berbagai masalah pribadi, mereka tetap menyempatkan diri untuk bersama-sama menjalankan hobi mereka seperti bermain band.

Drama ini juga menampilkan tantangan hidup yang dihadapi para tokoh, seperti membesarkan anak, pernikahan yang gagal, keputusan untuk mengubah karier, hingga masalah keluarga lainnya. Alur ceritanya yang ringan dan fokus pada kehidupan para dokter membuat drama ini sangat diminati masyarakat.

Untuk kalian yang menyukai drakor dengan cerita ringan, Hospital Playlist menjadi rekomendasi yang cocok ditonton. Kalian bisa menonton drama ini di Netflix.

2. Dr. Romantic

Drama ini mengisahkan seorang dokter bedah legendaris yang dikenal sebagai Teacher Kim. Teacher Kim adalah ahli bedah ternama di sebuah rumah sakit besar. Namun karena tragedi yang disebabkan oleh kekuasaan dan keserakahan temannya, maka ia harus dibuang. Ia kemudian memilih untuk mengabdikan diri di sebuah rumah sakit kecil di pedalaman.

Di rumah sakit kecil ini, ia bertemu dengan dokter-dokter muda dan mulai melatih mereka hingga menjadi yang terbaik di bidangnya. Drama ini sangat populer dan mendapat banyak perhatian, sehingga dibuat menjadi dua musim.

Pada musim pertama, drama ini diperankan oleh Han Suk Kyu (sebagai Teacher Kim), Yoon Yeon Seok, dan Seo Hyun Jin. Sedangkan pada musim kedua, pemeran utamanya adalah Lee Sung Kyung, Kim Min Jae, dan Ahn Hyo Seop.

Drakor ini menyuguhkan berbagai konflik kompleks mengenai bagaimana menjadi dokter yang berprinsip, tangguh, dan selalu mengutamakan pasien. Drama ini juga menyajikan nuansa kekeluargaan yang kuat, disertai dengan sedikit kisah cinta di dalamnya.

Hospital Ship

Drama ini berkisah tentang para dokter yang bertugas di sebuah rumah sakit di atas kapal. Drama ini diperankan Ha Ji Won, ia berperan sebagai dokter bedah dari rumah sakit besar di Seoul, yang diakui sebagai dokter bedah termuda dengan kemampuan luar biasa.

Namun, ia harus menghadapi banyak tantangan karena dipindahkan ke rumah sakit kapal ini, yang didirikan untuk mengobati warga Korea Selatan yang tinggal di pulau-pulau terpencil. Para dokter di sini harus merawat pasien dengan berbagai kasus kecelakaan, meski dengan fasilitas yang terbatas.

3. Good Doctor

Drama ini mengisahkan tentang seorang dokter muda jenius yang memiliki autism bernama Park Shi On (Joo Won). Berkat kemampuannya, ia diberi kesempatan untuk menjalani pelatihan sebagai ahli bedah anak selama enam bulan di sebuah rumah sakit.

Namun, keterbatasan Shi On membuatnya sering diremehkan oleh rekan-rekan dan atasannya. Hal ini juga menyebabkan kondisi mental dan emosionalnya sering tidak stabil saat ia berjuang untuk mewujudkan mimpinya. Meskipun begitu, ia berhasil membuktikan dirinya sebagai dokter yang kompeten dalam waktu yang cukup singkat, yaitu hanya enam bulan.

4. Doctor Stranger

Dibintangi aktor papan atas Lee Jong Suk yang berperan sebagai Park Hoon, drakor ini berkisah tentang anak dan ayah yang ditipu untuk pergi ke Korea Utara namun ditolak aksesnya untuk pergi. Hal itu membuat mereka dipaksa untuk tinggal. Hoon dilatih oleh ayahnya menjadi seorang ahli bedah hingga menjadi yang terbaik di bidangnya (ahli bedah kardiotoraks).

Setelah ayahnya meninggal, Hoon berhasil kembali ke Korea Selatan bersama kekasihnya. Namun, dia kehilangan kontak dengan kekasihnya dan memulai karir sebagai dokter di rumah sakit ternama di negaranya.

Park Hoon kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kerjanya yang baru. Suatu hari, dia bertemu dengan Dokter Han Seung Hee, yang sangat mirip dengan kekasihnya di masa lalu.

5. Doctor John

Drama ini merupakan adaptasi dari novel Jepang berjudul On Hand of God atau Kami no Te yang diterbitkan pada tahun 2010.

Drama ini berfokus pada Cha Yo Han (diperankan oleh Jisung), seorang profesor anestesiologi yang sangat jenius namun memiliki sifat arogan. Di sisi lain, Kang Shi Young (diperankan Lee Se Young) dokter residen di bidang anestesiologi yang bekerja bersama dengan Yo Han.

Ia pernah menjalani hukuman penjara karena menidurkan pasien sekarat yang tidak dapat lagi ia bantu. Selain itu, ada juga dokter lain yang bekerja sama untuk mendiagnosis pasien dan mencari akar penyebab dari rasa sakit mereka.

Suatu hari, banyak orang datang dengan penyakit kronis yang sangat misterius. Kedua dokter ini kemudian harus bekerja sama untuk mencari penyebab dari penyakit yang sedang menjangkiti pasien-pasien tersebut.

6. Medical Top Team

Drama ini mengisahkan tentang tim medis yang terdiri dari para dokter terbaik di bidangnya masing-masing. Selain menampilkan upaya mereka dalam mengobati pasien, Medical Top Team juga menggambarkan kisah cinta dan persahabatan yang terjalin di antara anggotanya.

7. Life

Life (asianwiki)

Drama Korea ini menggambarkan kehidupan di dunia kesehatan dengan perebutan kekuasaan. Drama ini fokus pada persaingan kekuasaan di sebuah rumah sakit antara dokter yang memiliki idealisme tinggi dan CEO yang baru diangkat. Dikisahkan Ye Jin Woo, seorang dokter yang bekerja di pusat medis darurat Rumah Sakit Universitas Sangkook.

Dia memiliki kepribadian yang hangat dan karisma. Ia juga mengagumi direktur rumah sakit Lee Bo Hoon. Namun, rumor menyebar bahwa direktur rumah sakit telah memasukkan uang subsidi pemerintah ke rekening bank pribadinya. Pada malam rumor menyebar, direktur rumah sakit meninggal dunia setelah jatuh dari atap gedung apartemen tempat tinggal wakil direktur Kim Tae Sang.

8. Doctor Lawyer

Drama ini unik karena tidak hanya menampilkan profesi dokter tetapi juga pengacara. Doctor Lawyer mengisahkan seorang dokter bedah yang tersandung kasus dugaan malpraktik.

Karena kasus itu, karirnya sebagai dokter hancur dan bahkan ia sempat dipenjara. Setelah bebas, mantan dokter tersebut memutuskan untuk beralih profesi menjadi pengacara. Ia memiliki motivasi kuat untuk membela dokter-dokter yang menghadapi situasi serupa dengannya, yaitu karir mereka terancam akibat dugaan malpraktik.

Itu dia beberapa rekomendasi drakor bertema medis yang wajib kalian tonton, entah itu untuk mengisi waktu luang kalian.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 22 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 27 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS