9 Tips dari Psikolog untuk Menenangkan Pikiran dan Hati Anda

Redaksi Daerah - Kamis, 04 Juli 2024 17:42 WIB
9 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Menurut Psikolog (Freepik)

JAKARTA – Tidak dapat dipungkiri, stres dan tekanan mungkin kerap kita alami bahkan seolah jadi hal yang wajar dihadapi. Namun, saat tekanan semakin menumpuk, penting untuk mengetahui cara menenangkan hati dan pikiran guna menjaga kesehatan mental dan emosional.

Ada banyak tantangan yang dihadapi, terkadang menyebabkan perasaan tak nyaman bagi hati dan pikiran. Aktivitas yang biasanya berjalan normal, kali ini terasa lebih sulit untuk dijalani. Kita dibuat sedih tak karuan atau kebingungan hingga tak fokus menyelesaikan pekerjaan.

Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, self healing adalah proses penyembuhan luka batin yang dapat mengganggu kondisi emosional seseorang. Proses terjadinya luka batin bisa dipengaruhi berbagai faktor seperti perasaan gagal dalam melakukan sesuatu. Meski demikian, ada beberapa cara untuk menyembuhkan luka batin ini, seperti melakukan yoga, meditasi, dan relaksasi.

Cara Membuat Perasaan Menjadi Tenang Menurut Psikolog

Berikut hal-hal yang perlu diperhaikan:

1. Berpikir Positif

Kecemasan sering kali membawa banyak pikiran negatif, sehingga penting untuk mencoba berpikir positif. Berpikir positif dapat memberikan dampak yang baik dalam mengatasi kecemasan dan membantu menghilangkan ketakutan berlebihan.

2. Berdoa

Berdoa adalah cara paling sederhana untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Ada waktu-waktu tertentu yang dianggap mustajab untuk berdoa, sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

3. Menghabiskan Waktu Sendiri

Terkadang, suasana sekitar dapat memengaruhi perasaan seseorang dan meningkatkan tekanan. Oleh karena itu, jika ingin merasa lebih tenang, cobalah untuk menghabiskan waktu dengan diri sendiri sejenak terlebih dahulu.

Ini dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan saat berada di tengah orang lain. Anda bisa mencari udara segar, menghabiskan waktu di kamar sejenak, atau melakukan kegiatan menenangkan lainnya.

4. Mendengarkan Musik

Secara intuisif, nada lembut dari musik yang menenangkan dapat merilekskan tubuh dan pikiran. Menurut situs Psychology Today, mendengarkan musik yang menenangkan dapat mengurangi hormon kortisol, yang memicu stres. Oleh karena itu, saat merasa stres atau panik, disarankan untuk mencoba mendengarkan musik dengan genre yang menenangkan.

5. Olahraga

Menurut psikolog, salah satu cara untuk menciptakan perasaan tenang adalah dengan berolahraga. Ketika seseorang mengeluarkan banyak energi melalui aktivitas fisik, hal ini dapat menyebabkan perasaan lebih tenang. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan berbagai jenis olahraga seperti mendaki, berlari, bersepeda, atau berjalan kaki.

6. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan adalah salah satu cara untuk membuat perasaan menjadi tenang menurut psikolog. Salah satu teknik yang disarankan adalah teknik pernapasan kotak (box breathing). Teknik ini membantu mengaktifkan saraf parasimpatis untuk pencernaan dan istirahat.

Caranya cukup sederhana. Anda perlu menarik napas selama empat detik, menahannya selama empat detik, dan kemudian membuangnya selama empat detik.

7. Menjaga Kualitas Tidur

Menurut psikolog, salah satu cara untuk menciptakan perasaan tenang adalah dengan memperhatikan kualitas tidur. Tidur memiliki dampak besar terhadap keseimbangan hormon dalam tubuh dan tingkat semangat pada hari berikutnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk memperbaiki kualitas tidur dengan langkah-langkah seperti menjauhkan alat elektronik dari tempat tidur, mematikan lampu atau menggunakan pencahayaan yang redup, serta menggunakan humidifier jika perlu.

8. Yoga

Salah satu cara terakhir yang disarankan oleh psikolog untuk menenangkan diri adalah dengan melakukan yoga. Jenis olahraga ini terbukti dapat mengurangi kadar kortisol dan menginduksi rasa relaksasi dalam tubuh.

Disarankan untuk melakukan yoga setidaknya empat sesi per minggu untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selain itu, yoga juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

9. Pijatan

Salah satu cara yang direkomendasikan oleh psikolog untuk menciptakan perasaan tenang adalah dengan memanjakan diri melalui pijatan yang dilakukan oleh profesional. Pijatan dapat membantu mengurangi ketegangan pada tubuh dan meningkatkan rasa relaksasi. Selain itu, pijatan juga dapat membantu menghilangkan rasa pegal.

Itu dia hal-hal yang harus dilakukan perasaan menjadi tenang menurut psikolog.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 30 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 04 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS