Amankan Pengajuan Kredit! Begini Cara Cek Status Blacklist Bank lewat SLIK OJK

Redaksi Daerah - Rabu, 12 Juni 2024 12:31 WIB
Cara Cek Status Blacklist Bank dengan SLIK OJK: Langkah Amankan Pengajuan Kredit (Pexels. )

JAKARTA - Ada berbagai syarat yang harus Anda memenuhi untuk mengajukan kredit ke bank. Salah satu hal yang mungkin paling menantang adalah memastikan bahwa nama Anda tidak masuk dalam daftar blacklist bank.

Untungnya, seiring dengan perkembangan teknologi, Anda kini dapat melakukan pengecekan status blacklist secara cepat dan efisien melalui aplikasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Memahami Daftar Blacklist OJK

Daftar blacklist OJK adalah daftar yang berisi nama individu atau entitas yang tidak memenuhi kewajiban keuangan mereka atau terlibat dalam pelanggaran terkait sektor keuangan.

OJK, sebagai lembaga yang mengawasi dan mengatur sektor jasa keuangan di Indonesia, memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan integritas sektor ini.

Daftar ini membantu OJK mengidentifikasi pihak-pihak dengan catatan buruk dalam kewajiban keuangan mereka, seperti gagal membayar utang atau terlibat dalam kegiatan ilegal seperti penipuan atau pencucian uang.

Dengan adanya daftar ini, OJK dapat memberi peringatan kepada lembaga keuangan seperti bank, perusahaan pembiayaan, dan lembaga keuangan lainnya untuk berhati-hati dalam memberikan layanan atau bertransaksi dengan pihak-pihak yang terdaftar.

Daftar blacklist OJK juga berfungsi sebagai alat perlindungan bagi masyarakat. Dengan memeriksa status SLIK melalui aplikasi OJK, calon peminjam dapat mengetahui apakah nama mereka terdaftar.

Jika nama mereka tercantum, mereka mungkin akan menghadapi kesulitan dalam mengajukan kredit atau mendapatkan layanan keuangan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi individu yang berencana mengajukan kredit untuk memeriksa status SLIK mereka sebelumnya.

Baca Juga: Mau Ambil Kredit? Pahami Dulu Jenis-jenis Suku Bunga di Bank

Mengapa Seseorang Bisa Masuk Daftar Blacklist?

Beberapa alasan utama seseorang bisa masuk daftar blacklist OJK termasuk gagal membayar utang, baik karena keterlambatan pembayaran, ketidakmampuan melunasi cicilan, atau tidak membayar utang secara keseluruhan.

Selain itu, terlibat dalam kegiatan ilegal seperti penipuan atau pencucian uang juga dapat menyebabkan seseorang di-blacklist. Pelanggaran terhadap peraturan keuangan yang ditetapkan oleh OJK, seperti aturan pelaporan keuangan dan transparansi, juga dapat menjadi penyebab.

Ketidakpatuhan terhadap putusan pengadilan terkait kewajiban keuangan juga dapat membuat seseorang masuk dalam daftar blacklist OJK.

Dengan daftar ini, OJK bertujuan untuk melindungi masyarakat dan menjaga integritas sektor keuangan dengan memberikan peringatan kepada lembaga keuangan dan individu terkait risiko yang mungkin timbul dari pihak-pihak yang terdaftar.

Cara Cek Status Blacklist Bank Secara Online

Berikut langkah-langkah untuk mengecek apakah nama Anda masuk dalam daftar blacklist bank dengan mengakses SLIK Online melalui OJK:

  1. Daftar di Situs Resmi OJK: Kunjungi situs resmi OJK di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/registrasi untuk mendaftar.
  2. Isi Formulir Pendaftaran: Lengkapi formulir pendaftaran dan pilih nomor antrean yang tersedia.
  3. Unggah Dokumen Identitas: Unggah salinan dokumen identitas yang diperlukan, seperti KTP untuk WNI atau paspor untuk WNA. Jika Anda mewakili badan usaha, sertakan juga identitas pengurus, NPWP, dan akta pendirian perusahaan.
  4. Kirim Formulir: Setelah mengisi formulir, masukkan kode captcha dan klik "Kirim". Tunggu email konfirmasi dari OJK yang berisi nomor antrean SLIK Online.
  5. Verifikasi Data: OJK akan memverifikasi data Anda paling lambat dua hari sebelum tanggal antrean. Jika data valid, Anda akan menerima formulir pendaftaran melalui email yang perlu ditandatangani sebanyak tiga kali.
  6. Kirimkan Salinan Formulir: Kirimkan salinan hasil scan formulir yang telah ditandatangani dan foto selfie Anda ke nomor WhatsApp resmi yang tercantum dalam email.
  7. Verifikasi Lanjutan: OJK akan melakukan verifikasi lanjutan melalui WhatsApp. Jika diperlukan, OJK juga dapat melakukan panggilan video.
  8. Hasil iDeb SLIK: Jika lolos verifikasi, OJK akan mengirimkan hasil iDeb SLIK melalui email yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Tips Menghindari Daftar Blacklist Bank

Untuk menghindari masuk dalam daftar blacklist bank, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti. Pertama, kelola keuangan dengan baik dan buat anggaran yang disiplin. Pastikan untuk membayar utang dan tagihan tepat waktu agar tidak menimbulkan masalah keuangan.

Hindari utang yang tidak perlu dan pertimbangkan dengan bijak sebelum mengajukan kredit atau meminjam uang. Selalu bayar tagihan dan cicilan kredit sesuai jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, periksa laporan kredit Anda secara berkala dan laporkan jika terdapat kesalahan atau informasi yang tidak akurat.

Jaga komunikasi yang baik dengan bank dan segera hubungi mereka jika mengalami kesulitan keuangan atau ada perubahan dalam situasi finansial Anda. Mengajukan kredit ke bank membutuhkan pemenuhan berbagai persyaratan, salah satunya adalah memastikan nama Anda tidak terdaftar dalam blacklist bank.

Dengan kemudahan akses untuk cek status SLIK melalui aplikasi OJK, Anda dapat dengan mudah mengelola dan memantau status kredit Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 11 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS