Apakah Ponsel Anda Sedang Dilacak? Kenali 7 Tanda Ini

Redaksi Daerah - Senin, 08 Juli 2024 08:07 WIB
7 Pertanda Ponsel Anda Sedang Dilacak Seseorang, Waspada! (Freepik.com/rawpixel.com)

JAKARTA - Apakah Anda sedang mencurigai ada seseorang yang melacak ponsel Anda? Anda harus mewaspadai tanda-tanda seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Tidak dapat dipungkiri, smartphone adalah suatu alat yang luar biasa. Anda bisa dengan mudah terus terhubung dengan berbagai fitur dan aplikasi yang tersedia di dalamnya.

Akan tetapi, dengan semua kemudahan tersebut, akhirnya memunculkan satu pertanyaan: apakah seseorang melacak ponsel Anda untuk mengetahui lokasi Anda, pesan, atau aktivitas aplikasi? Berikut cara mengidentifikasi tanda-tanda ponsel Anda dilacak agar Anda bisa segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan perangkat.

Bisakah Seseorang Melacak Ponsel Anda?

Seperti yang dilansir dari Gizchina, jawabannya adalah iya, tapi dengan peringatan. Software khusus yang sering disebut sebagai spyware dapat diinstal pada ponsel Anda yang memungkinkan orang lain memantau panggilan, teks, riwayat penelusuran, dan bahkan penggunaan aplikasi di ponsel. Namun, pada umumnya upaya tersebut memerlukan beberapa akses ke perangkat Anda atau memicu Anda berbuat kesalahan yang membuat spyware masuk ke ponsel.

Oleh karena itu, tidak mungkin ada orang asing yang melakukan tracking ke ponsel tanpa Anda sadari. Akan tetapi, aplikasi berbahaya, aplikasi atau software yang sudah lama, atau menjadi korban penipuan modus phising akan membuat hacker melacak ponsel Anda.

Tanda-tanda Ada Orang yang Melacak Smartphone Anda

Tanda-tanda Ada Orang yang Melacak Smartphone Anda

Berikut ciri-ciri ponsel Anda dilacak seseorang.

1. Aplikasi Tidak Dikenal Muncul di Ponsel Anda

Pernahkah Anda menggulir daftar aplikasi dan menemukan berbagai aplikasi yang tidak Anda kenal? Hal ini bisa menjadi suatu pertanda ponsel Anda sedang dilacak.

Aplikasi ‘jahat’ dapat diunduh tanpa sadar dan bertindak sebagai ‘gateway’ untuk memata-matai aktivitas Anda di ponsel tersebut. Aplikasi ini bahkan bisa menginstal aplikasi tambahan lainnya untuk menyedot informasi lebih banyak dari perangkat Anda.

2. Penggunaan Internet atau Mobile Data yang Berlebihan

Ponsel yang sedang dilacak seseorang bisa jadi membuat pemakaian mobile data melonjak secara tiba-tiba. Oleh karena itu, jika konsumsi data ponsel Anda tampak sangat tinggi, Anda perlu menyelidikinya.

Cara memeriksanya yaitu menggunakan menu pengaturan atau Settings sehingga Anda dapat memantau penggunaan data di latar belakang atau background data usage. Cari aplikasi apa saja yang mengonsumsi jumlah data yang terasa tidak proporsional apalagi jika Anda tidak sering menggunakan aplikasi tersebut terus menerus.

3. Periksa Riwayat Browser

Pernahkah Anda membuka riwayat browser dan menemukan situs web yang tidak Anda ingat pernah Anda kunjungi? Hal itu memang dapat meresahkan Anda dan kondisi tersebut menjadi tanda bahwa ponsel Anda telah dilacak.

Pelaku kejahatan mungkin mencoba memuat situs web mencurigakan ke ponsel Anda. Situs tersebut dapat berupa upaya phishing yang dirancang untuk mencuri informasi Anda atau mereka bisa jadi menginstal spyware untuk melacak informasi Anda lebih lanjut.

4. Baterai Terkuras dengan Cepat

Anda tentu mengetahui bahwa ponsel yang baterainya cepat habis membuat Anda frustasi. Akan tetapi, jika baterai ponsel tiba-tiba habis terlalu cepat daripada normal, hal itu bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda sedang dilacak.

Spyware dapat menjadi penyebab di balik berbagai tindak pelacakan berbahaya, karena spyware dapat berjalan di background secara diam-diam yang akhirnya mengonsumsi sebagian besar sumber daya dari ponsel Anda. Hal inilah yang menyebabkan penurunan drastis masa pakai baterai ponsel.

5. Perilaku Ponsel yang Aneh

Smartphone adalah suatu mesin yang kompleks. Jika ponsel Anda mulai bertingkah aneh, hal itu bisa menjadi suatu pertanda yang menyeramkan.

Red flag yang terjadi bisa berupa reboot yang tidak terduga. Meski hal itu sebenarnya bisa menjadi masalah hardware, pertanda tersebut bisa jadi juga menyerang software. Jika ponsel Anda sering di-restart bahkan setelah restart dengan tepat, ada baiknya jika Anda mulai berkonsultasi ke profesional untuk mengatasi permasalah tersebut.

Keanehan lainnya yang harus diperhatikan adalah ponsel Anda terus dalam posisi bangun atau freeze tiba-tiba. Hal tersebut dapat berupa gangguan tapi jika tetap ada setelah Anda melakukan restart, pertimbangkan kemungkinan adanya spyware ada di ponsel Anda. Jika Anda mencurigai ada sesuatu yang salah, maka segeralah untuk mengambil tindakan untuk melindungi privasi Anda.

6. Ponsel Terus Menerus Terasa Hangat

Ponsel bisa menjadi hangat apalagi saat digunakan. Namun, jika perangkat Anda terasa seperti terus-menerus panas, hal itu mungkin bisa menjadi pertanda ponsel Anda dilacak.

Spyware sering bekerja diam-diam di latar belakang yang menyebabkan ponsel jadi terlalu panas karena munculnya beban kerja tambahan.

7. Aplikasi Tiba-tiba Minta Akses ke Fitur yang Tidak Relevan

Jika aplikasi tiba-tiba meminta akses ke fitur-fitur yang tidak relevan terhadap fungsi aplikasi tersebut, seperti mikrofon atau kamera, Anda sebaiknya harus curiga dan berhati-hati. Berikanlah izin ke aplikasi yang Anda percayai saja dan pahami mengapa akses tersebut diperlukan untuk diberikan.

Itu tadi ciri-ciri atau pertanda bahwa ponsel Anda sedang dilacak seseorang. Hati-hati dan tetaplah waspada!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 08 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS