Art Therapy: Definisi dan Manfaat untuk Kesehatan

Redaksi Daerah - Rabu, 10 Juli 2024 16:15 WIB
Mengenal Art Therapy Hingga Manfaatnya (Freepik)

JAKARTA – Art therapy (terapi seni) adalah suatu metode psikoterapi yang memanfaatkan seni sebagai media utama untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan perasaan seseorang. Terapi ini juga melibatkan penggunaan teknik kreatif seperti menggambar, mewarnai, menulis, dan bahkan menari, yang membantu individu dalam mengungkapkan dan memahami perasaannya.

Menurut American Art Therapy Association, Art Therapy adalah sebuah intervensi untuk mendukung kesehatan mental yang menggunakan media seni, proses kreatif, dan hasil karya seni untuk mengeksplorasi perasaan.

Art therapy juga dapat meredakan konflik emosional, meningkatkan kesadaran diri, mengelola perilaku dan kecanduan, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan orientasi realitas, mengurangi kecemasan, serta meningkatkan harga diri dalam konteks kelompok.

Art Therapy pertama kali diusulkan oleh Adrian Hill di Inggris, kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Margaret Naumburg dan Edith Kramer di Amerika Serikat. Untuk melakukan Art Therapy, penting untuk memperhatikan 10 langkah sebelum mengimplementasikan terapi tersebut karena tanpa mengetahui ilmu dan tahapan-tahapannya maka akan dapat menyebabkan kesalahan dalam melakukan interpretasi.

Metode ini dapat digunakan oleh siapa pun tanpa memandang usia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lanjut usia. Art therapy bisa menjadi sarana yang sangat bermanfaat bagi mereka dalam menjaga kesehatan mental, karena seni tidak mengenal batasan usia, sama halnya dengan kesehatan mental.

Tujuan Art Therapy

1. Membantu individu mengungkapkan perasaan.

2. Sebagai sarana katarsis, atau pelepasan diri dari ketegangan.

3. Meningkatkan self-esteem atau pertahanan diri.

4. Membangkitkan emosi positif dalam diri.

5. Meningkatkan kemampuan memori individu.

Bentuk-Bentuk Art Therapy

Menurut March (2016), art therapy terdiri dari terapi menari, drama, bermain musik, dan seni visual.

Beberapa bentuk Art Therapy antara lain:

1. Menggambar atau Mewarnai

2. Menyanyi atau Bermain Musik

3. Merajut atau Menyulam

4. Membuat kerajinan atau Prakarya

5. Menari atau Aerobik.

Manfaat Art Therapy

Ilustrasi sedang melakukan art therapy dengan cara menggambar. (Freepik)

Berikut beberapa manfaat dari art therapy:

Sarana Meluapkan Emosi

Terapi seni dapat menjadi cara untuk mengungkapkan dan mengalirkan berbagai emosi serta kecemasan yang dirasakan seseorang. Emosi seperti sedih, marah, atau bahkan bahagia seringkali sulit untuk diungkapkan hanya dengan kata-kata.

Melalui seni, seseorang dapat mencoba mengekspresikan perasaannya dengan membuat karya-karya yang mencerminkan atau memvisualisasikan apa yang mereka rasakan.

Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis

Banyak studi telah menunjukkan, art therapy dapat membantu pada peningkatan kesejahteraan psikologis seseorang. Sebagai contoh, penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Psychology (2018), terapi seni dapat membantu mengurangi gejala trauma dan depresi pada orang dewasa.

Namun, terapi seni tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang mengalami gangguan psikologis. Bahkan bagi individu tanpa gangguan tersebut, terapi seni juga dapat berperan dalam menjaga kesejahteraan mental mereka.

Mampu Berpikir Inovatif

Melalui partisipasi dalam menciptakan karya seni, seseorang dapat meningkatkan kemampuan berpikir inovatifnya. Aktivitas seni merangsang kreativitas dan imajinasi, membantu individu untuk mengembangkan ide-ide yang inovatif.

Membantu Menemukan Jati Diri

Terapi seni melibatkan proses menciptakan karya seni, yang dapat membantu seseorang menggali dan mengenali perasaan-perasaan yang mungkin tersembunyi dalam alam bawah sadarnya.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Terapi seni dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang dengan menyediakan ruang aman untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan emosinya. Hal ini dapat membantu individu menerima diri mereka sendiri dan merasa dihargai.

Membantu dalam proses self-discovery

Art therapy tidak hanya membantu meningkatkan kepercayaan diri, tetapi juga dapat memfasilitasi proses self-discovery atau penemuan jati diri. Melalui proses kreatif menciptakan seni, terapi ini dapat membantu individu menggali kedalaman diri mereka, termasuk mengenali perasaan-perasaan yang mungkin tersembunyi dan tidak disadari sebelumnya.

Mengatasi Gangguan Mental

Gangguan mental seperti depresi, anxiety, dan trauma emosional dapat mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup seseorang secara negatif. Art therapy, dengan cara menciptakan karya seni, dapat membantu meredakan gangguan-gangguan ini.

Mengasah Problem Solving Skill

Melalui terapi ini, seseorang dapat mengembangkan kemampuan untuk mencari solusi positif terhadap masalah-masalah yang dihadapinya. Melalui terapi seni juga dapat bermanfaat bagi anak muda yang mengalami kesulitan dalam menghadapi perubahan hidup.

Itu dia hal-hal yang perlu Anda ketahui terkait art therapy.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 06 Jul 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 10 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS