Bernilai Sejarah Minahasa, Ronny Sompie Sebut Bendungan Kuwil Destinasi Wisata yang Layak Dikunjungi

Mike - Senin, 27 November 2023 17:37 WIB
Irjen Pol. (Purn) Dr. Ronny Sompie saat berkunjung di Bendungan Kuwil. (Foto:istimewa)

Minut, Potretmanado -- Tokoh Nasional asal Sulawesi Utara, Irjen Pol. (Purn) Dr. Ronny Franky Sompie mengatakan Bendungan Kuwil yang ada di Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara menjadi sebuah destinasi wisata yang baru yang dinikmati banyak orang.

Menurutnya, Bendungan Kuwil tidak sekedar waduk yang fungsinya mengatur debit air agar tidak berdampak banjir khususnya di Kota Manado, tapi juga menghadirkan panorama indah yang dapat dinikmati.

"Bendungan ini jadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara. Sudah jadi destinasi wisata baru yang menawarkan panorama alam yang begitu indah," kata Ronny Sompie.

Lebih lanjut, Ronny Sompie yang diketahui Caleg DPR RI dari Partai Golkar Dapil Sulut ini menyebutkan kalau Bendungan Kuwil juga menonjolkan sejumlah sejarah dan kebudayaan Minahasa. Ada patung seperti burung Manguni, patung Waraney, tarian adat kabasaran Minahasa, dan waruga atau pemakaman kuno.

Keberadaan elemen-elemen budaya ini, menambah nilai historis sejarah Minahasa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, termasuk menikmati keindahan dan sejuknya alam di Bendungan Kuwil.

"Lokasinya hanya sekitar 25 menit dari Kota Manado, dan mudah dijangkau wisatawan yang ingin berpetualangan di Sulut. Datang jo, kong nikmati keindahan Bendungan Kuwil Kawangkoan, torang pe kebanggaan," tandasnya. (Mike)

Editor: Mike

RELATED NEWS