Bikin Rumah Adem, Ini 5 Warna Cat Tembok yang Direkomendasikan

Redaksi Daerah - Kamis, 30 Mei 2024 13:52 WIB
5 Rekomendasi Warna Cat Tembok yang Dapat Membuat Rumah Jadi Terasa Sejuk (Freepik.com/wuttichai1983)

JAKARTA - Pada bulan Mei 2024 seperti sekarang, di berbagai daerah di Indonesia mulai mengalami cuaca yang panas. Mengingat rumah adalah tempat yang setiap hari kita tuju, tentu lebih baik jika membuatnya jadi tempat yang nyaman, salah satunya dengan memberikan sentuhan kesejukan dengan berbagai pilihan warna cat tembok.

Pasalnya, beberapa warna cat tembok ada yang dapat membuat suasana jadi gerah dan panas, seperti cokelat, merah, dan oranye. Oleh karena itu, alangkah bijak jika kita warga Indonesia yang daerahnya tropis memilih untuk menggunakan cat yang memberikan kesan kesejukan seperti berikut ini.

Rekomendasi Warna Cat Tembok yang Akan Membuat Rumah Terkesan Sejuk

Rekomendasi Warna Cat Tembok yang Akan Membuat Rumah Terkesan Sejuk

1. Thrace

Seperti yang dilansir dari Real Simple, seorang pakar warna, James Greenwood menyukai warna Thrace untuk mendinginkan rumah. Menurutnya, sangat penting mendekorasi rumah agar sesuai dengan iklim. Daerah yang beriklim hangat, penting untuk mempertimbangkan warna-warna yang secara psikologis akan mendinginkan rumah. Anda juga bisa menggunakan color wheel dan lihat bagian spektrum warna biru untuk mendesain ruangan yang lebih sejuk.

2. Cool Britannia

Greenwood juga merekomendasikan warna abu-abu dengan rona dasar biru seperti Cool Britannia. Warna seperti teal dan hijau juga dapat menjadi pilihan yang tepat, karena dapat memantulkan panas sekaligus menciptakan kesan yang lebih sejuk daripada warna-warna lainnya.

Jika Anda menyukai warna yang netral, Greenwood menyebutkan bahwa Anda sebaiknya menghindari warna netral yang kaya dan pilih warna kelabu tua dengan warna dasar abu-abu atau biru.

3. Rain

Suhu udara yang lebih panas tentu membuat kita tergoda untuk mencari tempat yang sejuk dan menyegarkan untuk menenangkan diri, seperti pantai atau kolam renang. Perubahan musim tampaknya menarik minat manusia untuk tetap terhubung dengan air yang menyegarkan dan langit biru yang cerah.

Selain itu, cat warna Rain dengan shade biru ini memiliki kesan tenang dan terang. Sebaiknya, Anda juga memadukan warna cat ini dengan warna netral yang sejuk dan material berbahan alami.

4. Burrow

Burrow dapat menjadi warna cat yang tepat untuk membuat ruangan jadi terasa sejuk. Burrow memiliki warna abu-abu muda netral yang sempurna untuk menciptakan ruangan sejuk, dan dapat dikombinasikan dengan aksesori seperti lukisan atau perabot bernuansa merah jambu dan ungu.

5. Cap Ferret

Cap ferret adalah cat warna hijau keperakan dengan nuansa halus dan menenangkan karena memiliki warna dasar sage yang lebih terang. Selain itu, warna ini juga mampu memantulkan panas sehingga menciptakan efek sejuk di dalam ruangan.

Itu tadi beberapa rekomendasi warna cat tembok yang dapat menyejukkan rumah Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 30 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS