Cara Aman untuk Mengirim Pesan Rahasia di Telegram

Redaksi Daerah - Jumat, 21 Juni 2024 19:39 WIB
Cara Mengirim Pesan Rahasia di Telegram, Dijamin Aman! (Freepik.com/rawpixel)

JAKARTA - Telegram adalah salah satu platform perpesanan instan alternatif WhatsApp dan memiliki banyak fitur yang sangat mengagumkan. Aplikasi Telegram juga dapat digunakan untuk mengirim pesan, panggilan, video call, mengirim file, bahkan screen sharing.

Telegram juga menawarkan beberapa fitur seperti fitur obrolan rahasia yang memberikan keamanan tambahan bagi pengguna. Menurut Telegram, obrolan rahasia ditujukan bagi orang-orang yang menginginkan kerahasiaan lebih dari orang kebanyakan.

Semua pesan dalam obrolan rahasia atau Secret Chat ini juga menggunakan enkripsi end-to-end yang berarti hanya Anda dan penerima yang dapat membaca pesan tersebut.

Tidak hanya itu, pesan dari Secret Chat tersebut juga tidak dapat di-forward ke siapapun oleh penerima dari obrolan rahasia, dan ketika Anda menghapus pesan di sisi percakapan Anda, pesan tersebut juga akan terhapus di ponsel penerima pesan.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur waktu self destruct untuk berkas media di aplikasi. Anda juga dapat membuat pesan-pesan, foto, video, dan berkas untuk self destruct sendiri dalam jangka waktu tertentu setelah dibaca atau dibuka oleh penerima. pesan tersebut kemudian akan hilang dari perangkat Anda dan teman Anda.

Cara Mengatur Self Destruct pada Pesan di Secret Chat Telegram

Fitur Self-Destruct Timer tersedia untuk semua pesan dalam Secret Chat dan untuk media dalam obrolan private cloud. Untuk mengatur self destruct timer, Anda cukup mengetuk ikon berbentuk jam, lalu pilih batas waktu yang diinginkan.

Jam tersebut akan mulai berdetak saat pesan ditampilkan di layar penerima. Begitu waktu habis, pesan tersebut akan menghilang dari kedua perangkat. Selain itu, pengatur waktu di Secret Chat hanya berlaku untuk pesan yang dikirim setelah pengatur waktu ditetapkan. Pengatur waktu juga tidak memengaruhi pada pesan sebelumnya.

Cara Memulai Secret Chat di telegram

Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi Telegram di smartphone. Anda bisa mendapatkannya lewat Google Play Store atau Apple App Store.

  1. Buka aplikasi tersebut dan buat akun Anda.
  2. Buka profil pengguna yang ingin Anda hubungi lalu ketuk ikon berbentuk tiga titik.
  3. Sekarang pilih ‘Start Secret Chat’.
  4. Perlu dicatat bahwa Secret Chat di telegram ini bersifat khusus untuk setiap perangkat. Jika Anda memulai obrolan rahasia dengan seorang teman di salah satu perangkat Anda, obrolan ini hanya akan tersedia di perangkat tersebut.

    Jika Anda mengaksesnya di perangkat lain, maka Anda akan kehilangan semua obrolan rahasia Anda. Anda dapat membuat obrolan rahasia sebanyak mungkin dengan kontak yang sama sesuai keinginan Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai melakukan obrolan rahasia atau Secret Chat di Telegram. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 21 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS