Cara Download Video YouTube dengan Mudah, Simpan Paket Internet Anda

Redaksi Daerah - Selasa, 21 Mei 2024 10:20 WIB
Cara Mudah Download Video dari YouTube, Bikin Hemat Paket Internet! (Unsplash)

JAKARTA - Ada banyak momen yang mungkin membuat Anda merasa perlu mengunduh video dari suatu situs web, salah satunya seperti YouTube. Misalnya, Anda mungkin ingin melihat konten video tersebut lagi, apalagi saat sedang offline atau hanya memiliki paket internet yang terbatas.

Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir. Pasalnya, sebagian besar aplikasi streaming menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk menonton video secara offline. Namun, ada pula aplikasi streaming video yang justru menyembunyikan fitur ini di balik paket langganan.

Lalu, bagaimana cara mengunduh video dari situs web manapun secara gratis?

Seperti yang sering terjadi, Anda hanya perlu menyalin tautan atau url link, lalu menempelkan atau paste url link tersebut ke situs web tertentu. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Berikut penjelasan cara mengunduh video secara gratis, dari layanan streaming YouTube.

Cara Download Video dari YouTube

Bagi Anda yang ingin mengunduh video dari YouTube, Y2Mate adalah salah satu layanan terbaik serta ramah pengguna yang bisa Anda gunakan. Berikut petunjuk singkat tentang cara download video YouTube favorit Anda dengan Y2Mate.

  1. Copy URL video dari YouTube.
  2. Kunjungi situs web Y2Mate di y2mate.com.
  3. Tempelkan atau paste link URL tersebut ke bilah yang telah ditentukan.
  4. Tekan Enter.
  5. Pilih resolusi pilihan Anda (misalnya 480p, 720p, atau 1080p) dan format (MP4 atau WebM).
  6. Klik “Unduh” atau “Download” di sebelah opsi yang Anda pilih, dan video tersebut akan bisa Anda akses secara offline!

Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh video di berbagai situs web. Salah satu layanan yang bisa Anda akses adalah Freemake Video Downloader.

Aplikasi desktop ini tersedia untuk Windows dan Mac, yang akan memudahkan Anda untuk mengunduh video dari lebih dari 10.000 situs web, termasuk platform populer seperti YouTube, Facebook, Vimeo, dan Dailymotion.

Freemake tidak hanya menawarkan layanan pengunduhan video dasar, tapi Anda juga dapat download seluruh playlist dan isi dari suatu channel. Layanan ini bahkan menyediakan berbagai format yang dapat diunduh termasuk MP4, MP3, AVI, WMV, MPEG, 3GP, dan FLV, memastikan kompatibilitas dengan sebagian besar perangkat.

Berikut cara menggunakan Freemake Video Downloader.

  1. Luncurkan aplikasi Freemake Video Downloader dari situs resminya yaitu freemake.com.
  2. Salin URL video yang ingin Anda unduh dari browser web Anda.
  3. Tempelkan atau paste link URL yang disalin ke bilah yang ditentukan dalam Freemake.
  4. Pilih format unduhan pilihan Anda.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Freemake menangani sisanya, memberi Anda kebebasan mengunduh video dari sejumlah besar situs web untuk dinikmati secara offline.

Meski Freemake memang menawarkan kemampuan yang memudahkan Anda untuk mengakses berbagai konten secara offline, tapi penting untuk diingat bahwa video yang dilindungi hak cipta, seperti yang ditemukan di YouTube Music, dilarang untuk diunduh.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk download video dari YouTube sehingga memudahkan Anda untuk akses video secara offline dan jadi makin hemat paket internet. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 21 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS