Cara Praktis Memblokir Channel YouTube yang Tidak Anda Suka

Redaksi Daerah - Rabu, 22 Mei 2024 22:46 WIB
Cara Memblokir Channel YouTube yang Tidak Anda Suka (Freepik.com/Ijeab)

JAKARTA - YouTube adalah salah satu platform penyedia konten video yang disukai banyak orang. Bahkan, saat ini YouTube memiliki beberapa bentuk konten, yaitu video dengan durasi panjang, Short Video atau video dengan durasi pendek, dan YouTube Music untuk mendengarkan lagu.

Seperti yang telah Anda ketahui, saat ini memang banyak channel yang menyediakan berbagai konten video di YouTube. Meski YouTube sendiri sudah memiliki fitur untuk menyaring hasil pencarian dengan cukup baik, mungkin akan ada selalu satu channel yang membuat Anda tidak tahan sehingga harus memblokirnya agar tidak muncul lagi di beranda YouTube Anda.

Bagi Anda yang masih kebingungan melakukannya, simak beberapa cara berikut ini.

Cara Memblokir Channel YouTube yang Sering Muncul di Beranda Anda

Upaya memblokir channel YouTube tertentu agar tidak muncul lagi di feeds atau beranda YouTube tidak cukup. Oleh karena itu, Anda tetap perlu melakukan beberapa hal lebih untuk mengatasinya. Untungnya ada metode yang memungkinkan Anda untuk menghentikan channel YouTube yang muncul di hasil pencarian tanpa alat tambahan apapun. Berikut penjelasannya.

  1. Buka YouTube dan cari saluran yang ingin Anda blokir.
  2. Buka halaman channel YouTube tersebut.
  3. Klik Tentang atau About.
  4. Klik tombol Laporkan pengguna atau Report user. Tombol ini biasanya berbentuk ikon bendera di bawah menu statistik saluran.
  5. Pilih Blokir pengguna atau Block user.

Selain itu, Anda juga bisa memblokir channel dari hasil penelusuran YouTube dengan menggunakan ekstensi browser agar lebih efisien. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melacak channel yang diblokir jika Anda berubah pikiran.

Anda bisa mencoba menggunakan ekstensi BlockTube. Dengan ekstensi ini, Anda dapat menyaring atau memfilter hasil penelusuran YouTube menggunakan nama channel atau ID. Setelah Anda memasang ekstensi tersebut, klik kanan ikon BlockTube dan pilih Opsi atau Option. Di sana, Anda dapat mengelola channel, video, dan lainnya yang masuk dalam daftar blacklist Anda.

Itu tadi cara memblokir channel YouTube yang Anda tidak suka agar tidak muncul lagi di beranda YouTube Anda. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 22 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS