Cara Praktis Memblokir Situs Web di iPhone yang Harus Diketahui Orang Tua

Redaksi Daerah - Selasa, 11 Juni 2024 19:38 WIB
Cara Mudah Memblokir Situs Web di iPhone, Orang Tua Wajib Tahu! (Pexels.com)

JAKARTA - Aktivitas berselancar di internet memang menyenangkan untuk dilakukan, apalagi bagi para remaja atau anak-anak. Namun, seringkali orang tua mengeluhkan hal tersebut karena dapat membuat anak-anak kecanduan dan melewati batas screen time yang ditetapkan.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda dapat mengatur waktu pemakaian perangkat atau menetapkan batasan pada perangkat anak Anda dengan memblokir situs web tertentu di iPhone. Meski kontrol dari Anda tetap menyediakan pengawasan yang lebih baik, ada metode langsung untuk memfilter situs web di Safari. Berikut penjelasannya.

Mengatur Screen Time

  1. Buka menu Settings, mulailah dengan membuka aplikasi Settings di iPhone Anda.
  2. Ketuk opsi Screen Time, lalu scroll ke bawah dan pilih ‘Screen Time’.
  3. Ketuk opsi ‘Content & Privacy Restrictions’. Anda mungkin tetap perlu memasukkan password untuk Screen Time jika Anda pernah mengaturnya sebelumnya.
  4. Aktifkan opsi ‘Content & Privacy Restrictions’.
  5. Ketuk opsi ‘Content Restrictions’, selanjutnya pilih ke bagian ‘Content Restrictions”.
  6. Pilih ‘Web Content’. Di pilihan ini, Anda memiliki tiga opsi untuk dipilih, yaitu akses tidak terbatas, hanya situs web yang diizinkan, dan batasi situs web dewasa.

Saat Anda memilih opsi ‘Limit Adult Websites’, pilihan tersebut akan secara otomatis membatasi akses ke situs web dewasa, dengan opsi untuk selalu mengizinkan atau tidak pernah mengizinkan situs tertentu sama sekali.

Sedangkan ketika Anda memilih opsi ‘Allowed Websites’, pilihan tersebut akan mengizinkan pengguna iPhone untuk mengakses ke situs web yang telah disetujui sebelumnya dengan kemampuan untuk menambahkan situs tambahan sesuai dengan kebutuhan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membatasi atau memblokir situs tertentu di iPhone. Dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda akan dapat mengelola dan mengontrol akses ke konten sehingga menawarkan solusi yang lebih baik untuk memastikan apa yang diakses anak Anda tetaplah aman.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 11 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS