Cari Tempat Baca Nyaman? Ini 9 Perpustakaan Cozy di Jogja

Redaksi Daerah - Jumat, 17 Mei 2024 11:04 WIB
9 Rekomendasi Perpustakaan Cozy di Jogja (Jogja Keren)

JAKARTA - Tanggal 17 Mei adalah peringatan Hari Buku Nasional. Di Hari Buku Nasional, Anda bisa merayakannya dengan mengunjungi perpustakaan yang ada di kota Anda.

Di era digital saat ini mungkin banyak orang lebih memilih membaca buku secara daring. Meski begitu, perpustakaan masih menjadi tempat favorit bagi banyak orang untuk membaca atau bekerja.

Nah, bagi Anda yang berdomisili di Jogja atau sekitar Jogja, berikut rekomendasi 9 perpustakan yang layak untuk dikunjungi.

Rekomendasi Perpustakaan di Yogyakarta

1. Perpustakaan Kota Yogyakarta

Perpustakaan Kota Yogyakarta menjadi salah satu tempat favorit para pecinta buku karena lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau. Banyak pengunjung merasa puas karena fasilitasnya lengkap, mulai dari internet gratis, area baca indoor dan outdoor yang nyaman, hingga mushola, kafe, loker, dan minuman gratis.

Pengunjung dapat membaca di tempat tanpa harus menjadi anggota, namun untuk meminjam buku diperlukan kartu anggota yang dapat dibuat secara online maupun offline.

Perpustakaan ini berada di Jalan Suroto No.9, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, dekat dengan dua toko buku terkenal, Gramedia dan Togamas Kotabaru.

Jam buka perpustakaan ini adalah pukul 08.00 – 17.00 WIB (Senin-Kamis), 09.00 – 14.00 WIB (Jumat), dan 08.30 – 12.00 WIB (Sabtu dan Minggu). Terdapat juga layanan drive-thru dari pukul 08.00 – 15.00 WIB.

2. Jogja Library Center (JLC)

Terletak di Jalan Malioboro, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Jogja Library Center menawarkan suasana klasik yang membawa pengunjung bernostalgia. Perpustakaan ini sering dikunjungi mahasiswa untuk belajar atau mengerjakan tugas berkat fasilitas internet gratis dan koleksi buku yang lengkap. Tersedia juga ruang diskusi untuk kerja kelompok.

JLC buka dari pukul 08.00 – 15.30 WIB (Senin-Kamis) dan 09.00 – 15.30 WIB (Jumat). Perpustakaan ini tutup pada Sabtu dan Minggu.

Di sini, koleksi majalah dan surat kabar yang terbit sejak 1945 sudah dialihkan menjadi digital untuk memudahkan pencarian dan melindungi arsip yang sudah tua.

Baca Juga: Surganya Pecinta Buku, 8 Rekomendasi Perpustakaan di Solo

3.PEVITA

Berada di dekat Alun-alun Kidul, PEVITA menawarkan koleksi buku yang lengkap dan layanan pengantaran buku bagi warga Jogja yang tidak sempat datang ke lokasi.

Pengunjung hanya perlu menyiapkan identitas seperti KTP, KTM, atau kartu pelajar untuk meminjam buku. Perpustakaan ini buka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB (Senin-Kamis), 09.00 – 14.00 WIB (Jumat), dan 09.00 – 12.00 WIB (Sabtu dan Minggu).

4. Grhatama Pustaka

Grhatama Pustaka, salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia, memiliki koleksi buku hingga 180.000 judul. Terletak di Jalan Raya Janti, Banguntapan, Bantul, perpustakaan ini menyediakan berbagai fasilitas seperti ruang diskusi, internet gratis, ruang audio visual, koleksi buku braille, playground, loker, dan mushola. Untuk menjadi anggota, pengunjung hanya perlu mendaftarkan diri dengan syarat berdomisili di Jogja.

Grhatama Pustaka buka dari pukul 08.00 – 15.30 WIB (Senin-Kamis) dan 09.00 – 14.00 WIB (Jumat). Sayangnya, perpustakaan ini tutup pada Sabtu dan Minggu.

5. Perpustakaan Kolsani

Perpustakaan Kolsani, yang terletak di Jalan Abu Bakar Ali, Kotabaru, Kota Yogyakarta, sangat cocok bagi pengunjung yang tertarik mempelajari sejarah atau teologi. Meski bangunannya terkesan jadul, perpustakaan ini menawarkan suasana yang tenang dan nyaman. Perpustakaan ini buka pukul 08.00 – 13.00 WIB (Senin-Sabtu) dan tutup pada Minggu.

6. Rumah Belajar Modern

Berlokasi di Jalan Imogiri Barat km 6, Semail, Kelurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, Rumah Belajar Modern menyediakan fasilitas yang cocok untuk anak dan dewasa. Selain buku, terdapat juga permainan, playground, bilik internet, dan wifi gratis. Perpustakaan ini buka dari pukul 08.00 – 16.00 WIB (Senin-Sabtu).

7. Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII)

Perpustakaan UII memiliki arsitektur menarik dengan bangunan berbentuk setengah lingkaran dan dinding kaca. Selain membaca, pengunjung dapat menikmati pemandangan segar di luar. Perpustakaan ini juga memiliki candi di bagian tengah yang ditemukan selama proses pembangunan gedung. Lokasinya berada di Gedung Moh Hatta, Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang km 14,5 Sleman. Perpustakaan ini buka dari pukul 08.00 – 21.00 WIB (Senin-Jumat) dan 08.00 – 16.00 WIB (Sabtu).

8. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Terletak di Bulaksumur, Jogja, Perpustakaan UGM memiliki koleksi buku teks, referensi, terbitan berkala, karya akhir, skripsi, tesis, dan disertasi. Pengunjung non-civitas UGM dapat mengakses koleksi ini dengan surat izin masuk atau kartu baca. Perpustakaan UGM buka dari pukul 08.00 – 18.00 WIB (Senin-Jumat) dan 08.00 – 12.00 WIB (Sabtu).

9. Perpustakaan Gelaran Indonesia Buku

Terletak di Indonesia Buku @radiobuku, perpustakaan ini menawarkan berbagai koleksi dari sejarah, etnografi, antropologi, hingga sastra. Di sini juga terdapat koleksi khusus Prof. George Junus Aditjondro.

Jogja dengan beragam perpustakaannya menawarkan pengalaman membaca dan belajar yang unik. Dari perpustakaan modern hingga yang klasik, setiap tempat memberikan suasana nyaman dan koleksi lengkap yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Jadi, jika Anda berada di Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi perpustakaan-perpustakaan tersebut!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 17 May 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 17 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS