Cegah Penyakit dengan Menanam 7 Tanaman Pengusir Nyamuk di Halaman Rumah Anda

Redaksi Daerah - Jumat, 14 Juni 2024 17:31 WIB
7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Harus Anda Tanam, Bantu Cegah Penyakit! (Freepik.com/wirestock)

JAKARTA - Akhir-akhir ini mungkin banyak orang yang terkena penyakit DBD akibat gigitan nyamuk. Hal itu tentu membuat banyak orang jadi khawatir.

Namun, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan, salah satunya dengan mengendalikan jumlah nyamuk dengan cara menanam tanaman yang dapat mengusir serangga di rumah. Berikut beberapa tanaman yang bisa Anda tanam di sekitar rumah agar terbebas dari serangan nyamuk.

Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Sekitar Rumah

1. Rumput Serai (Citronella)

Serai sejauh ini menjadi tanaman paling populer yang dapat mengusir nyamuk dan memiliki bau yang sangat menyengat. Anda dapat menggunakan potongan tanaman serai yang dicampur dengan rangkaian bunga atau menggunakan tanaman tersebut sendiri sebagai hiasan di tengah meja.

2. Kemangi

Anda tentu kerap memasak hidangan yang menggunakan daun kemangi. Daun kemangi memang memiliki aroma yang wangi dan membuat masakan jadi semakin lezat.

Ternyata tidak hanya membuat masakan semakin nikmat, daun kemangi juga dapat mengusir lalat dan nyamuk. Anda hanya perlu memastikan tanaman kemangi mendapatkan sinar matahari penuh selama enam hingga delapan jam setiap hari, serta tanahnya harus lembap serta memiliki drainase yang baik.

Anda dapat menggunakan beberapa helai daun kemangi di antara kedua tangan Anda untuk mengeluarkan minyak alaminya, lalu oleskan ke bekas gigitan nyamuk untuk meredakan pembengkakan.

3. Sereh (Lemongrass)

Sereh berkerabat dekat dengan citronella dan berfungsi untuk mengusir nyamuk. Tidak seperti citronella, sereh dapat dimakan dan umum digunakan dalam masakan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

4. Tanaman Mint

Tanaman mint ternyata juga dapat berfungsi untuk pengusir nyamuk. Tanaman mint mudah ditanam, tapi begitu ditanam di kebun akan sulit untuk dihilangkan. Tanaman ini tumbuh di tempat teduh penuh hingga sebagian, dan memerlukan tanah yang lembap tapi tidak terlalu basah agar akar tidak busuk.

5. Catnip

Catnip adalah tanaman anggota keluarga mint. Catnip sebetulnya tidak beracun untuk hewan peliharan, tapi dapat membuat beberapa kucing bertingkah aneh atau yang lainnya dapat menjadi tenang. Namun, yang lebih penting adalah catnip mampu mengusir nyamuk dan serangga terbang lainnya.

6. Bunga Lavender

Lavender memiliki aroma harum yang mengusir nyamuk. Anda bisa menanamnya dalam kelompok di pintu masuk tanam. Selain itu, tanaman ini menyukai daerah yang panas dan kering, jadi cocok untuk musim kemarau.

7. Bunga Lantana

Tanaman bunga lantana atau bunga tahi ayam, ini memiliki warna cerah yang menarik dan sering dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini juga sering menarik perhatian burung dan leah, tapi menghalangi nyamuk lebih baik daripada kebanyakan tanaman.

Saat digosok atau dihancurkan, daun dan bunga lantana mampu mengeluarkan aroma mirip serai yang kuat. Anda bisa mengeringkan daun lantana, menghancurkannya, lalu membuangnya ke dalam api untuk mengusir nyamuk. Hindari menggosokkan daun lantana yang dihancurkan pada kulit Anda karena minyaknya dapat menimbulkan iritasi.

Itu tadi beberapa rekomendasi tanaman yang bisa Anda tanam di sekitar rumah untuk mengusir nyamuk.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 14 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS