Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Tubuh Anda yang Harus Diwaspadai

Redaksi Daerah - Selasa, 09 Juli 2024 16:31 WIB
Waspada! Inilah Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Tubuh Anda (Freepik.com/wavebreakmedia_micro)

JAKARTA - Kolesterol sebetulnya adalah salah satu komponen pada lemak yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber kalori, membentuk dinding sel, bahan dasar pembentukan hormon, vitamin D, getah empedu, dan sebagainya.

Seperti yang Anda ketahui, ada beberapa jenis kolesterol yang terdapat dalam bentuk lipid dan protein, yaitu sebagai berikut.

  • LDL (low density lipoprotein) atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat karena merupakan penyebab utama munculnya plak dalam pembuluh darah.
  • HDL (High density lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol baik dan berfungsi untuk mengangkut kelebihan kolesterol dari jaringan dan membawanya kembali ke hati untuk diproses kembali atau dibuang dari tubuh.
  • VLDL (very low density lipoprotein) digunakan sebagai energi dan pemindahan lemak.
  • Trigliserida adalah sejenis lemak yang dibutuhkan dalam proses pencernaan.
  • Lipoprotein merupakan jenis kolesterol yang berhubungan dengan kondisi aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Meski kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, sebetulnya tubuh hanya memerlukannya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kolesterol dapat dibuat sendiri oleh tubuh di jaringan hati. Sedangkan sebagian kolestrol dapat diperoleh dari konsumsi makanan sehari-hari.

Namun, jika tubuh mendapatkan kelebihan asupan kolesterol, maka kolesterol dapat menumpuk dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan aterosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang berpotensi menimbulkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi, seperti yang dirangkum dari laman resmi Kemenkes berikut ini.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Tubuh

1. Mudah lelah

Rasa cepat lelah dapat menjadi tanda kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh pembentukan plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol yang tinggi, sehingga mengurangi aliran darah ke jaringan tubuh.

2. Sering mengantuk

Mengantuk sering kali menjadi tanda tidak langsung dari munculnya kolesterol tinggi dan adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Kondisi ini berkaitan dengan berkurangnya aliran darah yang membawa oksigen ke otak, sehingga menyebabkan keluhan sering mengantuk dan mudah lelah.

3. Nyeri pada kaki

Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan nyeri pada kaki. Penumpukan plak di pembuluh darah kaki mengakibatkan rasa sakit atau nyeri pada bagian kaki, mirip dengan penyebab rasa lelah karena kolesterol tinggi.

4. Pegal-pegal pada Tengkuk

Meskipun bisa disebabkan oleh berbagai faktor, pegal-pegal pada tengkuk dapat menjadi tanda kolesterol tinggi. Plak yang menumpuk di pembuluh darah di area leher menghalangi aliran darah ke otak, menyebabkan rasa pegal.

5. Nyeri Dada

Penumpukan plak akibat kolesterol tinggi juga dapat terjadi di pembuluh darah jantung, menyebabkan nyeri dada. Ini merupakan gejala awal penyakit jantung atau serangan jantung sebagai komplikasi dari kolesterol tinggi.

6. Penumpukan Kolesterol

Kolesterol tinggi juga ditandai dengan xanthomata, yaitu pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan di jaringan tubuh, terutama kulit dan urat. Xanthelasma, bercak-bercak kuning di bawah kelopak mata, juga merupakan indikasi kolesterol tinggi dalam darah.

Itu tadi beberapa tanda adanya kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda yang harus segera diwaspadai.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 09 Jul 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS