Desainer Interior Ungkap 4 Jenis Cat Kamar Mandi yang Sebaiknya Tidak Digunakan

Redaksi Daerah - Jumat, 14 Juni 2024 21:32 WIB
​​4 Jenis Cat Kamar Mandi yang Dibenci oleh Desainer Interior (Freepik.com)

JAKARTA - Anda mungkin ingin merenovasi kamar mandi atau ingin mengecat dindingnya agar suasananya jadi tampak baru. Bagaimanapun, kamar mandi tentu harus terasa seperti spa dan menenangkan.

Namun, mengecat kamar mandi dengan warna yang salah ternyata justru dapat memberikan efek sebaliknya. Bahkan, hal itu bisa membuat kamar mandi jadi terasa seperti tempat yang kurang menyenangkan untuk memanjakan diri dan merawat diri sendiri.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari 4 warna cat berikut untuk kamar mandi serta yang tidak disarankan oleh para desainer.

Warna Cat yang Tidak Cocok untuk Kamar Mandi

Warna Cat yang Tidak Cocok untuk Kamar Mandi

1. Cokelat

Cat cokelat adalah warna yang berisiko karena dapat membuat kamar mandi terkesan kusam atau terlalu jenuh. Warna ini cocok untuk kantor di rumah, dan Anda bahkan bisa menggunakan warna ini untuk ruang makan.

Namun, sebagian besar desainer interior setuju bahwa warna cokelat sebaiknya tidak digunakan di kamar mandi. Seperti yang dilansir dari Real Simple, menurut desainer interior Kate Dawson, warna ini agak terlalu mencolok. Warna cokelat juga agak gelap untuk sebagian besar kamar mandi dan dapat membuat kamar mandi terasa sempit.

Akan tetapi, jika Anda tetap ingin memberikan sentuhan warna cokelat di kamar mandi, Anda bisa menggunakan warna cokelat untuk aksesorinya seperti handuk, stoples peralatan, dan gagang lemari di kamar mandi.

2. Abu-abu

Selain warna cokelat, desainer interior Amy Switzer menyarankan untuk mencoret warna-warna bumi seperti abu-abu dari daftar pilihan warna cat kamar mandi Anda. Warna-warna yang terlalu kalem atau kusam atau abu-abu kusam dapat menyebabkan kamar mandi terasa suram dan tidak menarik.

Jika Anda menginginkan warna netral tapi butuh sesuatu yang lebih berwarna daripada warna putih, Anda bisa memilih warna seperti warna krim mentega.

3. Warna Pastel

Cat pastel seperti warna merah muda atau lavender bisa terlihat cantik di kamar tidur atau bahkan ruang tamu. Namun, cat warna pastel tidak boleh digunakan di kamar mandi.

Hal ini karena warna pastel akan membuat warna kamar mandi terkesan pudar atau suram dan tidak membuat kesan menyegarkan. Palet pastel juga terkadang berbenturan dengan perlengkapan putih cerah dan dapat menciptakan tampilan yang tidak serasi.

4. Warna yang Terlalu Vibrant

Amy Wasserman, salah seorang pendiri The Unoriginal Bathroom Company tidak menyukai warna cat yang mencolok di kamar mandi, seperti warna neon terutama dari lantai hingga langit-langit. Warna-warna tersebut dapat terlihat berlebihan secara visual dan kurang menarik secara kreatif dalam ukuran yang sangat kecil.

Itu tadi beberapa warna cat yang sebaiknya tidak Anda gunakan untuk mewarnai kamar mandi, menurut desainer interior.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 14 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS