Foto Selfie Anda Selalu Buruk? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Redaksi Daerah - Selasa, 25 Juni 2024 14:21 WIB
Ternyata Ini Alasan Foto Selfie Anda Buruk dan Cara Mengatasinya (Freepik.com/wirestock)

JAKARTA - Hampir semua orang kini dapat dengan mudah melakukan selfie atau swafoto. Hal ini karena pada umumnya ponsel memiliki kamera depan yang seringkali memiliki kualitas yang cukup baik.

Namun, terkadang hasil selfie membuat wajah Anda tampak lebih buruk. Hidung Anda mungkin jadi lebih besar, mata tampak tidak rata, atau kulit jadi terlihat bernoda.

Mengapa hal ini bisa terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dilansir dari laman Make Use of.

Penyebab Kualitas Kamera Depan Ponsel Jadi Buruk

  1. Lensa kamera kotor atau bernoda.
  2. Kondisi pencahayaan saat memotret rendah atau menggunakan sumber cahaya buatan.
  3. Pengaturan fokus dan pencahayaan yang salah.
  4. Kurangnya sudut dan posisi kamera yang tepat.

Cara Mengatasi Hasil Foto Selfie yang Buruk

Cara Mengatasi Hasil Foto Selfie yang Buruk

1. Bersihkan Lensa Kamera Dean

Debu, sidik jari, dan noda dapat membuat hasil foto jadi buruk. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan lensa terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan kain atau tisu yang lembut kemudian seka lensa menggunakan kain tersebut. Hindari menggunakan bahan pembersih yang keras, karena dapat merusak lensa kamera yang rapuh.

2. Ambil Foto Menggunakan Cahaya Alami

Pencahayaan alami sangat ideal untuk mengambil foto. Sedangkan pencahayaan buatan justru dapat menciptakan bayangan tajam yang menimbulkan warna aneh pada kulit Anda.

Oleh karena itu, ketika Anda selfie, segera cari tempat di dekat jendela atau keluarlah dari ruangan untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih baik.

3. Nyalakan Fitur Mirror pada Kamera Depan

Anda sering melihat gambar diri Anda yang terbalik di cermin. Hal itulah yang membuat otak Anda beradaptasi dengan perspektif tersebut. Namun, saat Anda menggunakan kamera depan, gambar tersebut tidak dicerminkan yang mungkin otak Anda masih tidak terbiasa terhadap hal tersebut.

Kamera selfie akan membalik gambar secara horizontal untuk mencerminkan bagaimana orang lain melihat Anda. Akan tetapi, hal ini mungkin tidak selaras dengan diri Anda saat Anda melihat Anda di cermin. Perbedaan ini dapat membuat wajah Anda tampak berbeda dan lebih asimetris daripada biasanya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda sebaiknya mengaktifkan fitur Mirror di aplikasi kamera Anda.

4. Sesuaikan Fokus dan Exposure

Kunci lain untuk mendapatkan hasil foto selfie yang bagus adalah dengan menyesuaikan fokus dan pencahayaan. Pengaturan tersebut dapat menghasilkan gambar yang seimbang dan jernih.

Untuk menyesuaikan fokus, Anda bisa mengetuk layar tempat Anda ingin kamera memfokuskan foto. Hal ini juga berlaku untuk objek atau orang di latar belakang saat Anda Selfie. Kotak kuning akan muncul di sekitar titik fokus, dan kamera akan menyesuaikannya.

Sedangkan untuk exposure, mengacu pada kecerahan atau kegelapan sebuah foto. Jika hasil selfie Anda tampak terlalu gelap atau terang, Anda dapat mengubah exposure untuk menyesuaikan tingkat cahaya.

5. Bereksperimen dengan Sudut yang Berbeda

Fotografi adalah tentang eksperimen dan mampu menemukan sudut yang tepat. Hal yang sama juga berlaku saat Anda mengambil foto selfie.

Daripada terpaku pada foto yang menghadap ke depan, cobalah mengambil gambar dari berbagai sudut dan posisi. Tips lainnya adalah jangan memegang ponsel terlalu dekat dengan wajah karena dapat merusak tampilan wajah dan menghasilkan gambar yang tidak menarik.

Itu tadi beberapa alasan mengapa hasil foto selfie Anda buruk dan cara mengatasinya.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 25 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS