Gelar Seminar, Equityworld Futures Manado Edukasi Pekerja Media Soal Perdagangan Berjangka Komoditi

Joise Bukara - Selasa, 23 April 2024 15:20 WIB

MANADO - Berlokasi di kantornya di kawasan megamas Manado, Equityworld futures (EWF) Cabang Manado, menggelar seminar bagi para pekerja pers serta mahasiswa tentang eksistensi perdagangan berjangka komoditi (PBJ) di Indonesia dan Sulut serta dampaknya di bidang ekonomi, Selasa pagi sampai siang.

Seminar yang dibuka oleh kepala cabang Manado Joko Santoso itu, menghadikrna Direktur Utama Jakarta Future Exchange, Stephanus Paulus Lumintang, sebagai pembicara utama yang menjelaskan tentang perdagangan berjangka komiditi di Indonesia, asal mulanya, dasar hukumnya hingga perputaran rupiah di situ.

Dia mengatakan, PBK sekarang makin menarik, karena transaksi yang dilakukan melibatkan penyelenggara dan pelaku dari seluruh dunia, dan seluruh transaksi dilakukan secara transparan dan berdasarkan mekanisme pasar.

Dia menjelaskan, sebagai sebuah bursa berjangka, perusahaan itu didirikan dengan dasar hukum legalitas, bukan hanya sekadar sebuah institusi. Jika mengikuti bahas hukum, bursa berjangka itu didirikan menggunakan aturan yang lebih khusus, UU 32/1957 diubah 10/2011 kemudian dituangkan dalam PP 9/99 jadi 10 tahun 2011 dan sudah ada UU baru nomor 4 tahun 2023 mengenai pengembangan dan penguatan sistem keuangan.

"Bursa hanya mencatatkan luar transaksi yan terjadi, sebab terjadinya di luar negara, tetapi aluar proses semuanya ada di bursa berjangka, tetapi ada juga pasar fisik, yang saat ada tiga yakni timah, emas yang terpisah dua onexchange dan ofexchange dan CPO," katanya.

Dia menambahkan sini yang ada di bursa berjangka Jakarta, masih didominasi transaksi bilateral, dan yang paling laku adalah mas.

"EWF masih merupakan 10 besar perusahaan di Indonesia dan sudah 16 tahun masih beroperasi di Indonesia dan Manado khususnya, yang menunjukan bahwa dan animo masih ada, dan market yang belum tergarap,"katanya.

Sedangkan Kepala Cabang PT EWF Manado, Joko Santoso mengatakan, setiap investasi yang xselalu menghadirkan dua sisi mata uang, yakni risiko kerugian maupun potensi keuntungan.

Dia mengatakan, investasi di perdagangan berjangka komoditi merupakan bentuk investasi yang memiliki risiko tinggi, sekaligus berpotensi memberikan keuantan yanhg amat tinggi dalam waktu yang relatif singkat. Pengetahuan manajemen risiko yang baik, akan membuat para investor di perdagangan berjangka komoditi meraih keuntungan yang maksimal.

Editor: Joise Bukara
Tags ewfBagikan

RELATED NEWS