Hemat Baterai Xiaomi Anda dengan Menggunakan Fitur Terbaik Ini!

Redaksi Daerah - Jumat, 14 Juni 2024 16:03 WIB
Baterai Ponsel Xiaomi Anda Sering Cepat Habis? Coba Aktifkan Fitur Ini! (Xiaomi)

JAKARTA - Daya tahan baterai sekarang menjadi perhatian utama bagi para pengguna smartphone. Meski perpanjangan masa pakai baterai melalui penyesuaian penggunaan sangatlah penting untuk dilakukan, memprioritaskan battery health juga sama pentingnya untuk menjaga kinerja baterai dalam jangka panjang.

Saat ini ada fitur dari HyperOS baru Xiaomi yang akan membantu pengguna mengatur kecepatan pengisian daya sehingga mampu menjaga battery health ponsel Anda.

Cara Mengoptimalkan Battery Health di Ponsel Xiaomi

Seperti yang dilansir dari Gizchina, salah satu pendekatan utama untuk menjaga battery health adalah dengan mengatur kebiasaan saat mengisi daya ponsel. Menguras baterai ponsel sepenuhnya sebelum mengisi ulang kini tak lagi direkomendasikan untuk baterai jenis lithium-ion modern.

Menyadari hal tersebut, kini Xiaomi memperkenalkan fungsi baru dalam menu pengaturan HyperOS, yang dapat mengatur kecepatan pengisian daya yang dikendalikan pengguna.

Inovasi tersebut akan memberi pengguna kemudahan kontrol yang lebih besar atas proses pengisian daya ponsel. Meski teknologi pengisian daya cepat atau fast charging ini masih berlum dikaitkan secara pasti dengan penurunan daya tersebut dapat mempercepat keausan.

Fitur fast charging yang sering kali menggunakan pengisi daya sebesar 120W ternyata dapat menghasilkan suhu yang lebih tinggi. Hal itu dikhawatirkan berpotensi menyebabkan penurunan kapasitas baterai yang lebih cepat.

Para ahli juga turut menyarankan untuk melakukan fast charging hanya untuk situasi yang membutuhkan peningkatan daya secara cepat saja. Seperti situasi saat Anda memerlukan fast charging sebelum berangkat atau memiliki waktu pengisian yang terbatas. Sedangkan untuk situasi saat waktu tidak menjadi kendala Anda, sebaiknya gunakan pengisian daya standar seperti biasanya.

Fitur HyperOS Baru

memahami prevalensi kemampuan fast charging di banyak model Xiaomi, fitur baru dari HyperOS secara langsung menjawab kebutuhan tersebut. Fitur ‘Wired Charging Mode’ menawarkan dua opsi, yaitu pengisian daya standar dan pengisian cepat atau fast charging.

Meski mode terakhir mampu memanfaatkan potensi ponsel secara penuh untuk fast charging dan pengisian daya, mode standar menawarkan batas kecepatan pengisian daya tanpa memerlukan pengisian daya lain.

Meski begitu, fitur Wired Charging Mode ini masih dalam tahap peluncuran, dan dapat diakses setelah memperbarui aplikasi Security ke versi V9.1.4-240511.1.1. Meski fitur ini belum tersedia secara universal, produk ini sebetulnya sudah mulai menjangkau pengguna Xiaomi, POCO, dan Redmi yang telah dilengkapi sistem operasi HyperOS. Untuk memverifikasi ketersediaan sistem tersebut di perangkat Anda, navigasikan ke System Settings lalu pilih opsi System Application Updater, dan periksa pembaruan apapun yang masih tertunda.

Dengan menerapkan fitur tersebut, Anda memperoleh kemampuan untuk memprioritaskan battery health dengan membatasi kecepatan pengisian daya setiap kali pengisian cepat tidak diperlukan. Langkah tersebut diyakini mampu memperpanjang masa pakai baterai dan memastikan kinerja optimal untuk jangka waktu yang lama.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur baru di Xiaomi HyperOS yang memudahkan Anda untuk mengatasi baterai ponsel yang cepat habis sekaligus menjaga battery health Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 14 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS