Iduladha 2024: 12 Ide Bisnis Musiman yang Patut Dicoba

Redaksi Daerah - Selasa, 18 Juni 2024 15:02 WIB
12 Ide Bisnis Musiman Jelang Iduladha 2024 (zameen)

JAKARTA – Di Hari Raya Iduladha pada umumnya akan ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Sebagai salah satu hari raya umat Islam, Iduladha dirayakan dengan penuh suka cita melalui tradisi berkurban. Oleh karena itu, menjelang Hari Raya Iduladha para pelaku bisnis hewan kurban memanfaatkan momen ini.

Jika Anda ingin mencari sumber penghasilan tambahan, terutama menjelang hari raya, ada banyak ide bisnis musiman yang dapat menjadi peluang untuk meraup keuntungan hingga jutaan rupiah di Hari Raya Iduladha ini.

Jika Anda masih bingung ingin mencari ide usaha yang menjanjikan, berikut ini ide bisnis yang bisa Anda coba.

Ide Bisnis Musiman Jelang Iduladha 2024

Berikut beberapa ide bisnis yang dapat Anda jalankan untuk menambah keuntungan:

1. Jual Hewan Kurban

Bisnis yang memiliki banyak peluang dan dapat menghasilkan keuntungan besar pada hari raya Iduladha adalah layanan pemesanan hewan kurban.

Hewan kurban memegang peranan penting dalam perayaan ini, yang juga dikenal sebagai hari raya kurban. Anda dapat menjalankan bisnis ini baik secara online maupun offline. Jika memilih online, ciptakan platform yang memfasilitasi transaksi seperti marketplace, website, atau media sosial.

Jika lebih memilih penjualan langsung, maka menentukan target pasar yang tepat sangatlah penting. Misalnya, menjual kepada tetangga, kelompok tertentu, atau rekan-rekan yang aktif dalam ibadah kurban.

2. Jasa Penitipan Hewan

Ide bisnis Iduladha ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang belum memiliki modal besar untuk menjual hewan kurban, tetapi memiliki lahan yang tidak terpakai.

Manfaatkan lahan tersebut sebagai tempat penitipan hewan kurban. Jasa ini akan diminati oleh masyarakat yang telah membeli hewan kurban.

Namun, perlu diingat Anda tidak hanya akan dititipkan hewan kurban, tetapi juga bertanggung jawab untuk merawat dan memberi makan secara rutin kepada hewan-hewan tersebut.

3. Jasa Pengolahan Daging

Banyak orang mendapatkan daging kurban tetapi tidak memiliki waktu untuk mengolahnya sendiri. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuka jasa pengolahan daging kurban, di mana pelanggan memberikan daging mentah dan kamu mengembalikannya dalam bentuk masakan siap saji.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini tidak terlalu besar, karena Anda hanya perlu menyiapkan bumbu-bumbu untuk memasak.

4. Jual Peralatan Memasak

Menjual peralatan memasak juga merupakan bisnis Iduladha yang patut dipertimbangkan. Beberapa perlengkapan masak, contohnya bumbu dapur, tusuk sate, panggangan, arang, kompor, panci, dan lain sebagainya.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal Rp5 juta, jika hanya menjual alat memasak sederhana dalam jumlah yang terbatas.

Langkah awal untuk memulai bisnis ini adalah dengan membeli peralatan dari tempat yang sudah terpercaya, terutama lebih murah jika membeli dari grosir yang sering dikunjungi oleh para penjual alat masak.

Setelah membeli, Anda bisa menjualnya kembali baik secara online maupun offline. Pastikan mengetahui target pasar untuk bisnis ini, seperti menjual ke tetangga atau melalui marketplace dengan harapan dapat menarik perhatian ibu muda.

5. Jual Bumbu Masakan

Saat Iduladha, banyak yang ingin mengolah daging kurban, tetapi tidak semua memiliki waktu untuk menyiapkan bumbu masakan. Oleh karena itu, menjual bumbu masakan siap pakai dapat menjadi langkah bisnis yang tepat untuk Iduladha.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda dapat membeli bumbu masakan siap pakai dan menjualnya kembali. Mulai dari modal sekitar Rp1 juta, Anda sudah bisa membeli berbagai jenis bumbu siap saji untuk dijual kembali.

Cara kedua adalah dengan memasak sendiri bumbu tersebut dan menjadikannya sebagai produk khas buatan sendiri. Namun, hal ini membutuhkan waktu dan keterampilan dalam memasak.

Secara modal, jika Anda sudah memiliki peralatan memasak yang cukup lengkap, kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal sekitar Rp500 ribu untuk memasak bumbu dalam skala kecil.

6. Dekorasi dan Aksesoris Hari Raya

Menjual peralatan dekorasi dan aksesoris rumah bisa menjadi ide bisnis yang jarang terpikirkan untuk Iduladha. Namun, banyak orang yang ingin mendekorasi rumah mereka saat hari raya, seperti menambahkan lampu hias, bantal, karpet, dan lain-lain.

Modal awal untuk memulai bisnis ini dapat bervariasi tergantung pada jenis aksesoris yang ingin dijual. Jika fokus pada lampu hias dan aksesoris dinding sederhana, Anda bisa memulai dengan modal sekitar Rp3 juta.

Jika ingin menawarkan berbagai aksesoris untuk dekorasi rumah secara lengkap, Anda membutuhkan modal awal minimal Rp10 juta.

7. Persewaan Mobil Pick-Up

Persewaan mobil pick-up juga merupakan peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Mobil pick-up sering kali digunakan untuk mengangkut berbagai keperluan terkait penyembelihan dan distribusi daging hewan kurban.

8. Jualan Makanan Berat dan Snack

Berjualan makanan berat dan snack tentu bisa menjadi ide bisnis yang menarik menjelang Iduladha. Sebagai salah satu hari besar dalam agama Islam, Iduladha sering kali menjadi momen di mana banyak kelompok masyarakat saling mengunjungi dan menjalin silaturahmi dengan saudara dan tetangga setelah melaksanakan salat Ied.

Selain itu, ada sejumlah tempat yang melakukan penyembelihan hewan kurban dengan partisipasi orang-orang yang bekerja secara sukarela. Oleh karena itu, mereka juga membutuhkan logistik makanan berat dan snack untuk mendukung kelancaran kegiatan penyembelihan dan distribusi daging hewan kurban.

9. Fotografi dan Videografi

Saat ini, semakin banyak orang yang ingin mendokumentasikan momen penting dalam hidup mereka secara optimal. Entah itu untuk mengabadikan acara-acara seperti penyembelihan hewan kurban, serta pengajian dan syukuran bagi mereka yang akan berangkat dan pulang dari haji.

Oleh karena itu, jasa fotografi dan videografi pada hari raya bisa menjadi peluang bisnis yang besar. Tentu saja, untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu memiliki keterampilan yang cukup dalam bidang ini.

Jika Anda sudah memiliki kamera dan peralatan editing, atau berencana menggunakan kamera smartphone yang sudah ada, modal awal yang diperlukan akan lebih terjangkau. Anda bisa mempersiapkan modal awal sekitar Rp2 juta untuk biaya transportasi, perawatan peralatan, dan pembelian perlengkapan tambahan.

Namun, jika kamu perlu membeli semua peralatan dari awal, setidaknya kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp7 juta. Kamu akan membutuhkan kamera, tripod, perlengkapan pencahayaan dasar, mikrofon, dan perlengkapan lainnya.

10. Admin, Copywriter, dan Designer Media Sosial

Dibutuhkan oleh individu atau bisnis yang ingin memiliki konten yang menarik di media sosial mereka, terutama terkait dengan aktivitas penyembelihan hewan kurban, pengajian, syukuran berangkat haji, atau toko-toko online yang ingin memanfaatkan momen Iduladha. Nah, Anda bisa menawarkan jasa freelance Anda di bidang tersebut.

11. Jual Peralatan Ibadah

Anda juga dapat menjual peralatan ibadah seperti peci, sajadah, mukena, dan berbagai peralatan lainnya yang mendukung ibadah pada hari raya. Bisnis ini bisa Anda mulai dengan modal sekitar Rp2 juta.

12. Kemasan Daging Ramah Lingkungan

Panitia penyelenggara kurban Iduladha memerlukan kemasan daging dalam jumlah yang besar. Penggunaan plastik dianggap tidak ramah lingkungan dan telah mulai dikurangi di beberapa wilayah.

Menjual kemasan daging kurban yang ramah lingkungan dapat menjadi ide bisnis yang berkontribusi dalam upaya mengurangi sampah plastik.

Itu dia ide bisnis musiman saat Iduladha yang dapat kalian jalankan dan tentu saja meraup cuan. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 15 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 18 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah
Bagikan

RELATED NEWS