Iduladha di Seluruh Dunia: Perayaan dan Kebiasaan yang Berbeda

Redaksi Daerah - Rabu, 12 Juni 2024 13:13 WIB
Ketahui Berbagai Perayaan Iduladha di Berbagai Negara Seluruh Dunia (Trenasia)

JAKARTA – Iduladha mungkin bisa diidentikkan dengan masyarakat yang mengenakan pakaian yang baru dalam segala gaya dan warna, kehati-hatian wanita dalam melukis desain henna di tangan, jalanan dipadati orang-orang yang membagikan daging dan yang menerimanya, aroma makanan khas yang sedang disiapkan, dan barisan orang yang saling bersujud dalam salat berjamaah.

Iduladha adalah perayaan agama Islam yang dirayakan sebagai hari libur resmi. Di Indonesia, perayaan ini juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, yang merupakan bulan terakhir dalam tahun Hijriah dalam penanggalan Islam.

Perayaan Iduladha di Berbagai Negara

Berikut beberapa perayaan Iduladha di berbagai dunia:

1. UEA

Sebagai negara Muslim, UEA juga merayakan hari libur umum selama Iduladha selama sekitar 3-4 hari. Umat Muslim di UEA berkumpul di tempat salat berjamaah atau ‘Idgah,’ di mana salat dan khotbah diadakan. Setelah salat Iduladha, orang-orang saling berbagi camilan manis dengan tetangga mereka.

Meskipun warga UEA dapat menyembelih hewan di rumah mereka sendiri dengan syarat membersihkan tempat penyembelihan mereka, pemerintah sangat menekankan pentingnya menyembelih hewan dengan benar untuk menghindari penyakit.

Masyarakat didorong untuk mendaftarkan hewan kurban mereka di rumah jagal umum, di mana hewan ternak diperiksa kesehatannya sebelum disembelih, dan pihak berwenang mengatur pengangkutan daging secara tepat.

2. Pakistan

Dilansir dari Zameen, Iduladha dirayakan selama empat hari di Pakistan, yang ditentukan setiap tahun setelah melihat bulan untuk menandai dimulainya bulan Islam Dhul Hijjah.

Pada hari ke-10 bulan tersebut, hari dimulai dengan anggota keluarga laki-laki menuju salat Iduladha, setelah itu, mereka pulang untuk menyembelih sapi, kambing, domba, atau unta yang telah mereka beli sebelumnya dari salah satu pasar sapi dan kambing di Pakistan.

Meskipun penyembelihan berlangsung selama tiga hari, persiapan dimulai jauh sebelumnya, dengan beberapa orang membeli hewan kurban hampir sebulan sebelumnya. Teman dan tetangga kemudian berkumpul untuk merawat hewan-hewan tersebut hingga hari penyembelihan, di mana anak-anak paling menikmati momen ini.

Pemilik rumah seringkali memiliki cukup ruang untuk memelihara hewan di dalam rumah, sementara orang-orang yang tinggal di apartemen di kota padat seperti Karachi tidak memiliki pilihan selain memelihara hewan-hewan tersebut di tenda bersama yang biasanya didirikan di pinggir jalan dekat tempat tinggal mereka.

Perayaan ini adalah hari libur resmi yang dinyatakan oleh pemerintah dan setelah penyembelihan, anak-anak menikmati kunjungan ke kerabat bersama orang tua mereka untuk mendistribusikan daging. Pesta barbeque juga cukup umum selama musim ini dengan banyak orang memiliki panggangan kecil di mana mereka memanggang dan memasak jeroan serta daging dan ayam untuk pesta keluarga.

3. Iran

Perayaan Iduladha di Iran, di mana Iduladha dirayakan dengan gaya yang mirip dengan UEA, yaitu menggunakan rumah jagal umum untuk penyembelihan hewan kurban. Orang-orang pergi salat Iduladha di pagi hari sebelum menuju ke rumah jagal untuk mengambil daging.

Mereka kemudian mengenakan pakaian terbaik mereka dan merayakan dengan pesta daging kambing atau sapi bersama orang-orang terkasih. Iduladha adalah hari libur umum di negara tersebut.

4. Tajikistan

Di masa lalu, Iduladha di Tajikistan dirayakan dengan cara yang hampir sama seperti di Pakistan, di mana orang-orang diizinkan untuk menyembelih hewan di jalan-jalan dekat rumah mereka. Namun, dengan adanya undang-undang baru, semua penyembelihan sekarang harus dilakukan di lokasi yang ditentukan.

Hari dimulai dengan salat Iduladha, setelah itu, anak-anak berkeliling mengunjungi tetangga dan diberi hadiah berupa manisan dan uang karena mengenakan pakaian baru mereka yang terbaik.

Para pria kemudian menuju ke tempat-tempat yang telah ditentukan untuk menyembelih hewan, dan persiapan untuk pesta dimulai segera setelah daging dibawa pulang. Di Tajikistan, anak-anak di rumah yang menyajikan hidangan ini, dimulai dengan makanan pembuka seperti buah-buahan, kue, dan biskuit, kemudian berlanjut ke hidangan utama berupa daging.

Makanan diakhiri dengan kue dan manisan. Di dalam rumah, terdapat area makan terpisah untuk pria dan wanita, dan tetangga bebas datang dan bergabung dalam pesta, karena ada kebijakan pintu terbuka.

5. Turki

Ketika hari Raya Kurban tiba, para pria dalam keluarga umumnya akan pergi untuk salat di pagi hari, lalu pulang untuk menyembelih hewan (biasanya domba) atas nama Allah. Di Turki, ilegal menyembelih hewan di tempat selain rumah jagal resmi, yang sebagian besar dibangun di pinggiran kota besar.

Namun, meskipun masyarakat Turki sangat antusias mengunjungi keluarga dan teman untuk merayakan hari libur bersama mereka, banyak yang memilih untuk tidak menyembelih hewan dan lebih memilih menyumbangkan uang yang sama ke badan amal, yang merupakan opsi yang diizinkan di negara tersebut.

6. Negara Afrika

Di sebagian besar negara Muslim di Afrika, seperti Tunisia, Maroko, dan Mesir, perayaan Iduladha dimulai dengan salat Iduladha yang dilakukan oleh para pria, menyembelih hewan seperti domba, kambing, atau domba jantan, dan menikmati pesta bersama keluarga mereka.

Ini adalah hari libur umum dan saatnya untuk tidak hanya berbagi makanan meriah dengan orang-orang terkasih tetapi juga mengingat mereka yang kurang beruntung dan memastikan bahwa mereka juga dapat menikmati hidangan daging bersama keluarga mereka.

7. Wilayah Minoritas Muslim

Sebagian Eropa, Inggris, AS, Kanada, dan Australia merayakan Iduladha dengan cara yang mirip satu sama lain, yang sedikit berbeda dari perayaan Iduladha di negara-negara Muslim lainnya. Hari dimulai dengan salat yang diadakan untuk pria dan wanita di masjid setempat atau di tempat yang ditentukan, setelah itu, komunitas saling menyapa dan pulang untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Meskipun banyak orang memiliki opsi untuk memesan kurban mereka di tukang daging Halal setempat, banyak yang lebih memilih untuk menyembelih hewan di tanah air mereka, baik itu di Pakistan atau di tempat lain.

Namun, meskipun penyembelihan tidak dilakukan, tradisi tetap dijalankan dengan menyiapkan hidangan daging untuk dinikmati seluruh keluarga. Banyak orang mengadakan pesta barbeque di rumah mereka untuk tetangga dan teman-teman Muslim, sementara yang lain menghadiri pameran, festival, dan acara yang diselenggarakan oleh Islamic center setempat.

Penting untuk dicatat, Iduladha bukan hari libur umum di bagian dunia ini dan meskipun beberapa orang mungkin memilih untuk mengambil cuti dari pekerjaan/sekolah, yang lain hanya menghadiri salat dan melanjutkan rutinitas mingguan mereka. Inilah sebabnya mengapa perayaan dan barbeque sering ditunda hingga akhir pekan setelah Iduladha, sehingga memudahkan orang untuk bergabung dalam perayaan.

8. Indonesia

Perayaan Iduladha di Indonesia mungkin akan mengingatkan Anda pada Pakistan jika Anda memilih untuk mengunjunginya selama musim ini karena seperti negara kita sendiri, orang-orang membeli hewan kurban dan hewan-hewan itu disembelih tepat di jalanan setelah salat Iduladha selesai.

Seperti di Pakistan, penyembelihan ini merupakan acara komunal di mana tetangga, keluarga, dan teman-teman berkumpul untuk menyaksikan proses tersebut dan membantu sesuai kebutuhan.

9. Bangladesh

Perayaan Iduladha di Bangladesh, di mana pemerintah menetapkan area pengorbanan setiap tahun tetapi gagal menegakkan aturan tersebut, sehingga orang-orang melakukan penyembelihan di jalan-jalan, garasi, dan halaman belakang mereka. Sapi, kambing, unta, bahkan kerbau disembelih di negara itu selama perayaan tersebut.

10. India

Salat Iduladha dilakukan di area yang ditunjuk di sini, dan karena sapi dianggap suci di negara tersebut, umat Islam India umumnya menyembelih kambing atau domba di rumah mereka atau di pusat-pusat Islam setempat untuk merayakan festival ini.

Setelah daging siap, sebuah pesta disiapkan untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Pihak berwenang memperingatkan untuk tidak menyembelih hewan di jalan-jalan untuk menghindari gangguan bagi masyarakat umum.

11. Australia

Menurut data pemerintah tahun 2021, lebih dari 800.000 orang di Australia adalah Muslim, banyak di antaranya merupakan bagian dari komunitas imigran. Dilansir dari Al Jazeera, toko-toko yang menjual pakaian dan dekorasi bermunculan di Sydney, sementara tamu dan penganut baru disambut untuk berpartisipasi oleh kelompok-kelompok Muslim lokal.

Inilah berbagai jenis perayaan Iduladha dari umat muslim dari berbagai negara di seluruh dunia.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 09 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS