Ingin Beli Rumah Tanpa KPR? Ini Cara dan Tips Suksesnya

Redaksi Daerah - Rabu, 05 Juni 2024 12:45 WIB
7 Tips Efektif Membeli Rumah Tanpa KPR (Freepik)

JAKARTA – Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah satu dari sekian cara untuk membeli hunian impian Anda. Akan tetapi, ada juga sebagian orang yang enggan untuk mengambil KPR dengan berbagai alasan, entah itu tidak mau menanggung utang dalam jangka waktu yang panjang, profesi yang belum bisa dipastikan keberlanjutannya, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa cara dan tips untuk membeli rumah tanpa harus mengandalkan KPR:

7 Cara Beli Rumah Tanpa Menggunakan KPR

1. Beli Secara Cash Bertahap

Cara pertama untuk membeli rumah tanpa KPR adalah dengan pembayaran tunai secara bertahap. Metode ini sangat cocok bagi kamu yang berpenghasilan tidak tetap, seperti para wiraswasta.

Prosesnya melibatkan pembayaran awal sebesar 20% hingga 30% dari harga rumah, kemudian sisanya dicicil dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, jika rumah yang ingin kamu beli seharga Rp800 juta, berikut skemanya:

2. Beli Secara Tunai

Pembelian rumah secara tunai juga bisa dilakukan tanpa KPR. Cara ini membutuhkan disiplin finansial dan perencanaan yang matang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Menabung dengan target bulanan yang disesuaikan dengan kemampuan.
  • Mulai berinvestasi dan menabung sejak dini.
  • Hidup hemat dan mengalokasikan dana liburan atau pengeluaran lain yang tidak mendesak untuk tabungan rumah.
  • Kerja keras dan mencari sumber penghasilan tambahan.
  • Tentukan target rumah sesuai kemampuan finansialmu.
  • Membeli rumah saat peluncuran pertama kali karena harganya cenderung lebih murah.

3. Lakukan Pembangunan Secara Bertahap

Cara lain untuk memiliki rumah tanpa KPR adalah dengan membangun rumah secara bertahap. Langkah-langkahnya adalah:

  • Beli lahan kosong terlebih dahulu untuk mengamankan harga tanah sebelum naik.
  • Bangun rumah secara bertahap, mulai dari pondasi hingga tembok.
  • Beli material bangunan secara bertahap sesuai tambahan penghasilan yang diperoleh.
  • Gunakan jasa tukang bangunan ketika material yang dibutuhkan sudah cukup.

4. Beli Rumah yang Harganya Murah

Salah satu strategi membeli rumah tanpa KPR adalah dengan memilih rumah yang harganya terjangkau di atas lahan yang luas. Dengan begitu, kamu bisa menambah ruangan atau bagian lain ketika memiliki kelebihan penghasilan. Rumah-rumah di daerah pedesaan atau pinggiran kota biasanya lebih murah, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: BP Tapera Janjikan KPR Suku Bunga Rendah untuk Peserta Tabungan Perumahan Rakyat

5. Membeli Rumah yang Dilelang Bank

Kamu juga bisa mendapatkan rumah tanpa KPR dengan membeli rumah lelang dari bank. Harga rumah hasil lelang biasanya lebih murah hingga 10% dibandingkan harga pasar. Kamu dapat mendaftarkan diri di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), bank langsung, atau Balai Lelang Swasta (BLS) untuk mengikuti lelang.

6. Tukar Tambah Rumah

Metode tukar tambah rumah bisa menjadi solusi mudah dan murah untuk membeli rumah tanpa KPR. Kamu dapat menukar rumah yang sudah dimiliki dengan rumah yang lebih besar. Metode ini sangat efektif jika kamu sudah memiliki rumah yang nilainya bisa diakumulasikan dengan pembelian rumah baru.

7. Kredit In-House

Cara terakhir untuk membeli rumah tanpa KPR adalah melalui kredit in-house. Dengan metode ini, kamu mencicil rumah langsung kepada pengembang tanpa melalui bank.

Karena tidak ada bunga, harga rumah menjadi lebih terjangkau. Namun, risiko gagal bayar cukup tinggi karena tenor pembayarannya relatif singkat, biasanya hanya sekitar 5 tahun.

Kredit in-house lebih cocok bagi mereka yang memiliki penghasilan di atas rata-rata, mengingat pembayaran bulanan bisa mencapai lebih dari 30% dari pendapatan.

5 Tips Membeli Rumah Tanpa KPR

Menerapkan cara-cara membeli rumah tanpa KPR memerlukan strategi yang tepat agar arus kas tetap lancar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Menabung dan Berinvestasi Sedini Mungkin

Mulailah menabung dan berinvestasi sejak dini. Sisihkan sekitar 20% dari pendapatan bulananmu untuk tabungan.

Selain itu, alokasikan 10% dari pendapatanmu untuk investasi pada sumber-sumber yang terpercaya dan bersertifikat. Gunakan fitur autodebet untuk secara otomatis memotong penghasilanmu, sehingga kamu lebih disiplin dalam menabung dan berinvestasi.

2. Membeli Tanah dengan Harga Terjangkau

Salah satu solusi untuk membeli rumah tanpa KPR adalah dengan membeli tanah terlebih dahulu. Kenaikan harga hunian seringkali dipicu oleh naiknya harga lahan.

Cari lahan kosong atau tanah dengan harga terjangkau di daerah pedesaan atau pinggiran kota. Setelah memiliki dana tambahan, kamu bisa membangun rumah secara bertahap di lokasi tersebut.

3. Menyusun Rencana Keuangan

Buatlah rencana keuangan yang sesuai dengan penghasilanmu dan tetapkan target untuk membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan.

Analisis semua kebutuhanmu dan sesuaikan dengan anggaran yang ada. Hal ini akan membantu kamu menentukan jenis rumah dan lokasi yang paling cocok untukmu.

4. Membeli Rumah Non-Landed House

Jika rumah tapak atau landed house masih terlalu mahal, pertimbangkan untuk membeli rumah susun atau apartemen kecil.

Selain lebih mudah dalam perawatan, harga hunian jenis ini juga lebih terjangkau. Dengan demikian, kamu bisa memiliki hunian yang modern tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

5. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Untuk mencapai tujuan membeli rumah tanpa KPR, pastikan kamu memiliki penghasilan yang stabil atau bahkan di atas rata-rata.

Caranya adalah dengan mencari sumber penghasilan tambahan, seperti lembur, freelance, atau melakukan pekerjaan lain sesuai hobimu di waktu senggang. Penghasilan tambahan ini bisa membantu mempercepat proses pengumpulan dana untuk membeli rumah.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 04 Jun 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 05 Jun 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS