Jasa Marga Targetkan Tol Manado-Bitung Seksi IIB Selesai Akhir November

Joise Bukara - Senin, 08 November 2021 19:14 WIB

MANADO - Seksi IIB, Tol Manado Bitung, ditargetkan selesai pada akhir November 2021.

Demikian pernyataan Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) Charles Lendra, di kawasan tol Manado - Bitung.

"Jadi untuk seksi IIB Danowodu-Bitung progres pekerjaannya sudah mencapai 97,3 persen di akhir Oktober kemarin," sebut Charles di Manado.

Cahrles menyebutkan, ada beberapa pekerjaan di ruas itu yang sementara dikerjakan seperti di jembatan Ranowulu, beberapa overpass hingga bahu jalan.

"Kita juga secara simultan mengerjakan rest area yang diperkirakan sampai bulan Desember masih pada tahap konstruksi," katanya.

Ada sejumlah manfaat yang bisa dinikmati manakala tol terpanjang di Sulawesi ini dibangun, di antaranya akan memangkas waktu tempuh yang menghubungkan Kota Manado dan Kota Bitung.

Selain itu, akan mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di jalan arteri karena kendaraan dengan berbagai varian tumpah di ruas itu.

Masyarakat, lanjut dia, juga dapat memanfaatkan ruang yang ada di luar ruas tol seperti Manado, Airmadidi, Kauditan dan Danowudu dan Bitung untuk berbagai aktivitas.

"Ada Kawasan Ekonomi Khusus Bitung, ada destinasi-destinasi wisata bahkan hub port international, tol dibangun untuk mendukung pengembangan sektor-sektor itu," ujarnya.

Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara itu dibangun sepanjang 39,9 kilometer dengan empat seksi yaitu IA, IB, IIA dan IIB, seksi IIB ini yang sementara dipacu pembangunannya.

Tiga seksi dengan total panjang sekitar 26 kilometer saat ini telah difungsikan dengan beberapa pintu tol, Manado, Airmadidi, Kauditan dan Danowudu.*

Editor: Joise Bukara
Tags Tol Manado Bitung Bagikan

RELATED NEWS