Kadis Kominfo Novi Politon: Evaluasi Smart City Capai 2,7 Poin, Tomohon Masuk Kategori Baik

Redaksi - Jumat, 07 Juni 2024 09:14 WIB
Kadis Kominfo Daerah Kota Tomohon Novi Politon saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Rapat Evaluasi Implementasi Smart City Kota Tomohon Tahun 2024. (Foto: Istimewa)

Tomohon, Potretmanado -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) Daerah Kota Tomohon menggelar kegiatan Rapat Evaluasi Implementasi Smart City Kota Tomohon Tahun 2024, yang dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tomohon Dra. Lily Solang, bertempat di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Tomohon, Kamis (06/06/2024).

Kadis Kominfo Novi Politon yang juga sebagai Ketua Tim Pelaksana Smart City Kota Tomohon mengatakan, berdasarkan hasil penilaian evaluasi smart city tahun 2023, Kota Tomohon berhasil mencapai poin 2,7 (kategori baik). Dimana evaluasi smart city rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh tim asesor yang terdiri dari para akademisi dan para ahli smart city nasional, yang dibagi dalam 2 tahap.

Politon menyebutkan, sejak tahun 2018 telah dilakukan proses evaluasi terhadap implementasi master plan Kota Cerdas (smart city) yang telah disusun Pemerintah Kota Tomohon.

"Evaluasi dilakukan tidak hanya mengukur tingkat keberhasilan dan mengidentifikasi adanya masalah dalam pelaksanaanya, namun dapat memberikan masukan serta saran kepada pemerintah tentang bagimana sepatutnya proses pembangunan Kota Cerdas dilaksanakan," beber Kadis Kominfo itu.

"Dengan demikian secara umum, evaluasi mencakup penilaian kemajuan pembangunan Kota Cerdas (smart city) berdasarkan 6 dimensi, pengenalan kekuatan dan kelemahan dalam pelaksanaan master plan Kota Cerdas (smart city) dan saran untuk perbaikan pemerintah daerah," sambungnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Tim Pelaksana Smart City perwakilan setiap Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. (Jor/Fjt)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS